Cara Sederhana Agar Tetap Sehat Hadapi New Normal

Cobalah manfaatkan pinjaman uang online dari Kredivo yang bisa Anda gunakan untuk membeli alat olahraga di e-commerce pilihan Anda.

JEDA.ID–Selamat datang new normal. Walaupun sekarang masih dalam transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju ke new normal atau normal baru, tetapi sebagian besar masyarakat akan beraktivitas seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan pada era ini. Berbagai peraturan baru dan imbauan untuk bisa hidup berdampingan dengan virus corona pun semakin gencar disosialisasikan.

Namun, mengingat perkembangan virus Covid-19 masih bisa dibilang tinggi di dalam negeri, mengandalkan protokol kesehatan juga belum cukup untuk melindungi diri dari paparan saat berkegiatan di luar rumah. Ada beberapa cara sederhana agar pikiran Anda tetap positif, tetap produktif dan terhindar dari bahaya virus Covid-19. Mari simak ulasan berikut:

Tips Mencari Kerja hingga Wawancara Virtual pada Masa Normal Baru

1. Terpapar sinar matahari

Cobalah untuk selalu berjemur untuk meningkatkan imunitas tubuh (ilustrasi/istimewa)

Cobalah untuk selalu berjemur untuk meningkatkan imunitas tubuh (ilustrasi/istimewa)

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak sekali masyarakat Indonesia ketika terkena sinar matahari, pasti akan berteduh atau menutupi permukaan kulit yang terkena sinar. Alasannya tidak jauh dari takut kulit menghitam, terbakar hingga terkena kanker kulit.

Namun, semenjak pandemi melanda, banyak orang yang baru tersadar kalau sinar matahari ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan, diantaranya meningkatkan kekuatan tulang, kekuatan otot, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga bisa menjaga kesehatan mental dan membuat tidur lebih lelap.

Namun, jangan asal berjemur saja. Berjemur yang aman dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu pada pukul sekitar 09.00 hingga 11.00 selama 5–15 menit agar mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur sangat dianjurkan saat new normal (ilustrasi/istimewa)

Olahraga teratur sangat dianjurkan saat new normal (ilustrasi/istimewa)

Mau sebanyak dan seteratur apapun Anda mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, semua tidak akan bermanfaat secara maksimal dalam tubuh Anda apabila tidak dibarengi dengan olahraga. Bila Anda tidak memiliki kebiasaan olahraga, jangan dulu langsung berpikir untuk melakukan olahraga yang berat.

Bila sudah teratur berolahraga, upgrade cara olahraga Anda agar badan lebih bugar lagi, seperti membeli peralatan olahraga contohnya treadmill atau sepeda statis. Namun, bisa dibilang membeli alat olahraga seperti ini memerlukan dana yang cukup tinggi. Jangan sampai Anda ingin sehat tetapi dompet jadi sakit.

Cobalah manfaatkan pinjaman uang online dari Kredivo yang bisa Anda gunakan untuk membeli alat olahraga di e-commerce pilihan Anda. Dengan bunga yang sangat kompetitif, yaitu hanya 2,95% per bulan dan limit hingga Rp30 juta. Anda bisa menikmati pinjaman dana tunai hingga kredit online di 350+ e-commerce di Indonesia. Jadi, layanan kredit yang diberikan membuat Anda tidak perlu merogoh kocek yang tinggi ketika membeli barang.

Selain itu cara pendaftaran Kredivo yang mudah, hanya dalam genggaman tangan saja, membuat Anda tidak perlu ke toko sepeda. Dengan Kredivo, Anda bisa membeli sepeda dengan berbagai macam layanan cukup dari rumah aja.

3. Meningkatkan sistem imun

Mengonsumsi Vitamin C bagus untuk tubuh (ilustrasi/Freepik)

Mengonsumsi Vitamin C bagus untuk tubuh (ilustrasi/Freepik)

Agar tetap sehat di era new normal, dimana Anda harus hidup berdampingan oleh virus Covid-19, tentunya Anda harus memiliki sistem imun yang baik. Agar sistem imunitas benar-benar bekerja secara maksimal, perlu diterapkan pola hidup sehat dan seimbang.

Mulai hindari makanan yang tidak punya manfaat baik untuk tubuh, dan mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 2 liter setiap harinya Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin c dan suplemen makanan hingga kebutuhan nutrisi lainnya. Dan yang paling penting, jadikan pola hidup sehat ini menjadi sebuah kebiasaan baru yang wajib dilakukan.

10 Kriteria Wanita Idaman Pria sebagai Pendamping Hidup

4. Tidur yang cukup

Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehwa/Freepik)atan (istime

Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehwa/Freepik)

Menurut pakar kesehatan tidur dr Andreas Prasadja, RSPGT, menjaga daya tahan tubuh secara optimal bisa dicapai dengan tidur yang cukup. Karena tidur sangat penting bagi kualitas manusia, salah satunya daya tahan tubuh yang hanya bekerja pada saat tidur.

Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, lebih baik tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari. Oleh karena itu, tidur yang cukup sangat penting demi menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti sekarang.

5. Kendalikan stres

Jangan biarkan stres merasuki Anda, dengan berpikiran positif (ilustrasi/istimewa)

Jangan biarkan stres merasuki Anda, dengan berpikiran positif (ilustrasi/istimewa)

Kembali lagi ke sistem imun, banyak orang yang tidak tahu bahwa bahwa stres sebenarnya sangat berkaitan dengan sistem imun. Misalnya, stres jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun, serta memancing peradangan.

Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, mengkonsumsi berita yang positif dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah. Jangan lupa untuk senantiasa terhubung dengan keluarga dan teman-teman Anda secara virtual, khususnya jika Anda hidup sendiri di tengah pandemi ini.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.