• Tue, 27 September 2022

Breaking News :

Cara Mengusir Tungau dengan Bahan Alami, Mau Coba?

Tak jarang kita kebingungan untuk mengusir tungau lantaran ukurannya sangat kecil. Padahal sebetulnya ada cara mudah dan bahan alami untuk mengusir tungau.

JEDA.ID-Tak jarang kita kebingungan untuk mengusir tungau lantaran ukurannya sangat kecil. Padahal sebetulnya ada cara mudah dan bahan alami untuk mengusir tungau.

Ya, tungau kasur sangat mengganggu kita. Pernahkah kamu merasa gatal-gatal ketika berbaring di kasur atau sofa? jangan-jangan itu tanda adanya tungau pada kasur atau sofamu. Tungau atau kutu merupakan hewan kecil tak kasat mata yang dapat hidup di kasur. Makanan mereka berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik lainnya.

Hewan dengan nama Latin Cimex lectularius ini ternyata dapat sebabkan gatal-gatal pada kulit, asma dan alergi lainnya jika tidak segera dibasmi. Cara mudah membasmi tungau dapat menggunakan insektisida, tetapi penggunaan insektisida dapat mengganggu kesehatan manusia. Namun tidak usah khawatir, sebab tungau dapat dibasmi dengan bahan-bahan alami yang aman bagi manusia.

Kehancuran Matahari Bisa Picu Kiamat? Ini Sejumlah Teorinya

Berikut ini cara mengusir tungau dengan bahan alami, seperti melansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber, Rabu (30/9/2020).

Daun Sirsak

Daun sirsak terbukti dapat mengusir tungau, sebab aroma daun sirsak tidak disukai tungau. Cara penggunaannya pun tergolong sangat mudah. Siapkan beberapa lembar daun sirsak, lalu letakkan pada kasur atau tempat yang berpotensi adanya tungau. Tungau akan pergi dengan sendirinya.

Garam

Selain sebagai penambah rasa pada masakan, ternyata garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan tungau. Caranya cukup mudah, larutkan garam dengan air ke dalam botol dan semprotkan pada kasur. Diamkan selama beberapa jam, tungau akan keluar dari sarangnya dan mati.

Cuka

Cara selanjutnya dengan cuka. Tidak perlu dengan campuran air, cukup semprotkan langsung pada kasur atau tempat-tempat yang memungkinkan adanya tungau. Setelah itu, tunggu beberapa menit. Tungau beserta telurnya akan dengan cepat mati. Sebaiknya kamu tidak menggunakan kasur setelah menyeprotkan cuka untuk sementara waktu.

Tidur dengan Kipas Angin Menyala Berbahaya Bagi Kesehatan

Lavender

Tungau dapat dibasmi dengan dua cara penggunaan lavender. Pertama dengan minyak lavender, lalu semprotkan ke titik yang menjadi tempat bersarangnya tungau. Untuk mencegah tungau datang kembali, dapat dilakukan dengan membungkus lavender kering dengan kain dan letakkan pada kasur. Aroma dari lavender ini tidak disukai oleh tungau.

Bawang

Cara selanjutnya dengan bawang. Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan blender, lalu saring dan ambil sarinya. Setelah itu oleskan jus bawang tadi pada kasur atau tempat lain yang bisa menjadi sarang tungau, seperti sudut kasur dan sela-sela kasur. Tunggu beberapa jam, maka tungau akan keluar dan berjatuhan satu-persatu akibat bau menyengat dari bawang.

Kulit Durian

Bukan hanya sebagian manusia saja yang tidak menyukai aroma menyengat durian, tungau pun juga tidak menyuka nya. Cara mengusir tungau menggunakan kulit durian pun terbilang mudah yaitu dengan meletakkan kulit durian di kasur atau tempat lainnya.

Minyak Pohon Teh

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, mungkin dengan minyak pohon teh akan berhasil. Minyak pohon teh dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti gatal, mengatasi jerawat dan dapat digunakan sebagai pelembab alami. Namun tidak hanya itu, minyak pohon teh dapat digunakan sebagai pengusir tungau. Cukup semprotkan minyak pohon teh pada kasur, bantal, sprei atau sofa. Aroma kuat dan tajam dari pohon teh ini sangat tidak disukai tungau.

Bunga Pandan

Cara terakhir mengusir tungau adalah dengan bunga pandan. Siapkan bunga pandan dan letakkan pada kasur, sofa atau tempat yang mungkin terdapat tungau. Aroma menyengat pandan akan membuat tungau pergi dengan sendirinya.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.