• Thu, 21 October 2021

Breaking News :

Angkutan Umum Gratis, Berikut Fakta-Fakta Menarik Luksemburg

Luksemburg adalah negara kecil yang terletak di antara Prancis, Belgia dan Jerman. Hijaunya pegunungan semakin menambah keindahan suasana Luksemburg.

JEDA.ID – Luksemburg adalah negara kecil yang terletak di antara Prancis, Belgia dan Jerman. Hijaunya bukit-bukit dan pegunungan semakin menambah keindahan suasana Luksemburg.

Negara yang memiliki luas 2.568 kilometer persegi ini juga dialiri sungai-sungai nan bersih. Mayoritas penduduknya yang berjumlah sekitar 602.005 jiwa (pada 2018) bertempat tinggal di Ibu kotanya, yakni Kota Luksemburg. Hampir setengah penduduk yang ada di Luksemburg berasal dari negara lain seperti Belgia, Jerman, atau Prancis.

Meski tergolong kecil, negara ini masuk ke dalam daftar negara terkaya. Berikut beberapa fakta menarik tentang Luksemburg seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

1. Pendiri Uni Eropa

Luksemburg merupakan salah satu anggota pendiri Uni Eropa. Zona Schengen —kebijakan perbatasan-terbuka di antara beberapa negara Eropa— dinamai menurut Desa Schengen di Luksemburg, tempat perjanjian ditandatangani. Luksemburg menggunakan mata uang euro dan sejak 1999, ketika zona Uni Eropa didirikan.

Luksemburg mendirikan Uni Eropa untuk mendirikan kekuatan di Eropa yang secara politis lebih kuat. Pengadilan tertinggi di Uni Eropa dalam masalah hukum serikat dengan 28 hakim (satu untuk setiap negara anggota) terletak di negara ini.

2. Sejarah

Negara ini didirikan pada abad ke- 10 dengan ditandai pembangunan sebuah kastil. Beberapa waktu kemudian, kastil tersebut dibangun kembali dan diperluas menjadi benteng. Hampir setengah dari penduduk tetap di negara ini adalah orang asing. Kebanyakan dari mereka berasal dari Portugal atau keturunan Portugis dan sisanya adalah orang Prancis, Jerman, dan lainnya.

Deretan Konglomerat yang Tak Mewariskan Harta kepada Anaknya

3. Sistem Pemerintahan

Berbeda dengan Indonesia yang negaranya dipimpin oleh Presiden, Luksemburg dipimpin oleh Grand Duchy atau Adipati Agung. Para penduduk di Luksemburg diperintah oleh Grand Duke dan sistem pemerintahan demokratis yang mirip dengan Amerika Serikat atau Inggris.

4. Trilingual

Karena terletak dekat dengan beberapa negara, maka penduduknya menggunakan tiga bahasa yakni bahasa Inggris, Prancis atau Jerman. Namun, beberapa orang bahkan dapat berbahasa Flemish, bahasa tetangga Belgia. Di sekolah dasar untuk kali pertama diajarkan bahasa Luksemburg, kemudian bahasa Jerman, dan di SMP diajari bahasa Perancis.

5. Banyak Tempat Bersejarah

Anda bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang indah di negara ini serta melihat koleksi seni dan melihat penemuan arkeologi. Salah satunya kota Vianden yang terletak di timur laut Luksemburg, terdapat kastil yang mengesankan dari abad ke-11 dan ke-14. Kini Kastil tersebut sudah dipugar dan menjadi museum yang melacak keluarga kerajaan Eropa dan hubungan mereka dengan Vianden.

Di kawasan lama Luksemburg City, Anda dapat berjalan melewati beberapa benteng lama yang dulunya menampung tentara, kuda, dapur, dan gudang senjata. Di dekatnya, ada Taman Kota dan Benteng Thungen juga memiliki beberapa reruntuhan bekas kota.

6. Makanan Khas

Makanan khas Luksemburg banyak dipengaruhi oleh makanan Perancis, yang berbau keju, seperti Kachkeis. Beberapa makanan favorit di Luksemburg yakni Judd matt Gaardebou ‘nen, Thuringer, daging babi Luksemburg, friture de la Moselle, Gromper Keeschelce, Pate, dan Quetsche tort.  Sedangkan minuman khasnya adalah anggur putih dan juga bir seperti Bofferding, Mousel, dan Diekirch.

7. Pusat Ekonomi Eropa

Negara ini menjadi rumah untuk lebih dari 150 bank termasuk Bank Investasi Eropa. Bank-bank ini menarik banyak investasi dari perusahaan-perusahaan besar di negara lain, termasuk Amerika Serikat. Beberapa perusahaan terkenal ada di sini, mulai dari Skype, Paypal, Amazon, Rovie Corporation, dan Rakuten.

Mengungkap Jurus Rahasia Vietnam Mengusir Virus Corona

8. Angkutan Umum Gratis

Luksemburg memiliki tingkat kepemilikan mobil tertinggi di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Ada sekitar 647 mobil yang dibeli per 1.000 orang. Volkswagen merupakan merek mobil yang paling laris di Luksemburg. Maka, untuk meningkatkan kesadaran warga, pemerintah setempat menggratiskan biaya transportasi umum bagi semua penduduknya.

9. Destinasi Wisata yang Menarik

Banyak orang singgah ke negara ini hanya untuk berjalan di sepanjang jalan setapak. Hal ini dikarenakan jalanan yang ada di negara itu memang indah untuk ditapaki.

Negara ini juga memiliki wisata air terjun Schiessentümpel yang berada di wilayah Mullerthall, sebelah selatan Echternach. Daerah ini didominasi oleh hutan-hutan serta bukit dengan jalur yang bagus untuk hiking. Air terjun ini menjadi daya tarik karena terkenal dengan adanya jembatan batu yang indah.

10. Wilayah Anggur Utama Dunia

Sungai Moselle membentuk perbatasan antara Luksemburg dengan Jerman. Di kawasan inilah terdapat salah satu wilayah penghasil minuman anggur (wine) utama di dunia. Anggur yang terkenal di wilayah ini adalah anggur jenis Riesling atau anggur putih. Banyak pengunjung yang bisa mencicipi anggur di Grevenmacher serta mengunjungi gua gudang anggur di Bernard-Massard. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.