Adakah Hukum yang Mengatur Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha?

Di bawah ini terdapat hukum yang mengulas hukum mengatakan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha, lengkap dengan penjelasannya.

JEDA.ID — Kira-kira ada tidak hukum yang mengatur ucapan selamat Hari Raya Idul Adha?

Seperti diketahui, ucapan selamat hari raya, baik tertulis maupun langsung lebih banyak ditemui saat Hari Raya Idulfitri dan jarang dikatakan saat Hari Raya Iduladha.

Apakah memang ucapan selamat Hari Raya Idul Adha menurut hukum Islam tak perlu disebutkan?

Baca Juga: Punya 13 Anak Angkat, Ini Dia Profil Nunung Srimulat

Menurut ulama dan juga alumni Pondok Pesantren Al-Shigor Al-Islamy Al Dauly Cirebon, Jawa Barat, Ustaz Ro’fat Hamzie, menyebutkan ada empat mazhab yang mengatur mengenai hukum mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha.

Keempat mazhab tersebut berbeda pendapat ada yang menyebut mubah (dikerjakan atau tidak dikerjakan, tidak dipermasalahkan) dan ada pula yanng menyebutnya tidak bid’ah.

Baca Juga: Gaya Gibran Sebelum Positif Corona Ini Jadi Sorotan, Pakai Celana Retro Inggris

“Jika ditanya hukum mengucapkan hari raya, ada yang bilang mubah, tapi tidak bid’ah. Ada yang bilang sunah, tapi tidak bid’ah. Sedangkan Imam Syafi’i berpendapat sunah,” jelas dia kepada Okezone.com.

Ia juga menjelaskan salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Panduan Lengkap Isolasi Mandiri Covid-19, Catat Baik-baik ya!

“Melalui Sanad Hasan dari Jabir bin Nafir dia berkata bahwa sahabat Rasul ketika mereka bertemu pada Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha saling berkata, ”Taqabbalallahu minaa wa minka [semoga Allah menerima amal ibadah kami dan Engkau], ujar Ro’fat.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha

Setelah mengetahui hukum mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha disunahkan menurut Mazhab Imam Syafi’i, di bawah ini ini kumpulan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Benar Menurut Islam, Jangan Asal!

Berikut 10 ucapan selamat Hari Raya Iduladha, yang Solopos.com kutip dari Detik.com. 

  1.  Semoga Allah selalu menganugerahkan kita rezeki dan kesehatan untuk berada di momen ini. Mohon maaf lahir batin. Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H.
  2. Selamat Idul Adha! Tetap jaga prokes dan semoga dilimpahkan Allah SWT kesehatan.
  3. Pengorbanan yang kita berikan di tahun ini semoga menjadi amalan ibadah ikhlas hanya kepada Allah SWT. Sebagai makhluknya, saya memohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan. Semoga kita selalu dilapangkan rezeki dan keberkahan.
  4. Semoga Allah membanjiri hidupmu dengan kesehatan, hatimu dengan cinta, jiwamu dengan keimanan, dan pikiranmu dengan kebahagiaan. Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha.
  5. Nabi Ibrahim menjadi inspirasi kita dalam momen Idul Adha ini. Keikhlasannya diganti oleh Allah SWT dengan begitu banyak berkah. Semoga kita semua bisa melakukan hal yang sama di tahun ini. Selama menyambut Idul Adha 1442 H.
  6. Semoga iman dan cinta Anda kepada Allah dibalas dengan kesehatan, kedamaian, kebahagiaan, dan kesuksesan untuk hari ini dan selamanya. Selamat Idul Adha!
  7. Semoga hari suci ini menghilangkan kotoran jiwa kita dan membimbing kita ke jalan Allah. Selamat Idul Adha 1442H!
  8. Cinta sejati adalah sebuah keikhlasan, layaknya pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Semoga Allah selalu mengampuni dosa kita. Selamat Idul Adha.
  9. Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga semangat pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menjadi pengingat ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
  10. Semoga Allah SWT menerima amalku dan amalmu serta mengampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat. Selamat hari raya Idul Adha 1442 H.

Baca Juga: Cara Membuat Waffle Nasi Goreng Ala Kai EXO yang Dibikin Chef Arnold

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.