5 Wisata Kuliner Paling Hits di Kemuning

Kawasan Kemuning dipenuhi dengan wisata kuliner yang memanjakan lidah sekaligus menawarkan pemandangan indah lereng Gunung Lawu.

JEDA.ID–Libur panjang kerap digunakan warga untuk melancong. Kawasan kebun teh di Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah bisa menjadi salah satu pilihan berwisata. Hamparan kebun teh dan suasana sejuk lereng gunung bisa menjadi obat melepas penat.

Pilihan utama berwisata di Kemuning tentu menikmati hamparan kebun teh. Kemudian ada Candi Sukuh dan Cetho. Tak kalah menarik ada Taman Hutan Rakyat (Tahura) K.G.P.A.A. Mangkunagoro I dan Telaga Madirda. Bagi penyuka tantangan, ada river tubing di Kali Pucung.

Kawasan Kemuning dipenuhi dengan wisata kuliner yang memanjakan lidah sekaligus menawarkan pemandangan indah lereng Gunung Lawu. Berikut lima tempat kuliner hits di kawasan Kemuning.

Rumah Teh Ndoro Donker

wisata kuliner kemuning 1

Instagram

Wisata kuliner Kemuning yang beralamat di Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar ini punya menu andalan yaitu teh. Varian teh yang ditawarkan di tempat ini sangat beragam. Ada Lavender Tea, Osmanthus Tea, Blueberry Tea, dan menu andalannya Raja Teh. Kamu bisa memesan teh per cangkir atau teko yang bisa dinikmati untuk empat orang.

Ndoro Donker menawarkan tempat yang nyaman untuk kongko-kongko. Kamu bisa memilih di dalam ruangan atau di luar ruangan dengan suguhan pemandangan kebun teh. Lokasinya yang menyatu dengan kebun teh menjadikan pengunjung bisa berfoto-foto ria di tengah kebun teh. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB-18.00 WIB.

Untuk urusan selfie, tempat ini punya banyak spot yang instagramable buat pengunjung. Di dalam ruangan, bangunan model lawas menjadikan tiap sudut menarik mata. Begitu pula di luar ruangan, ada bangku-bangku hingga ayunan yang sedap dipandang mata. Harga minuman dan makanan di resto ini mulai Rp10.000.

Omah Kodok Teh & Resto

wisata kuliner kemuning 2

Instagram

Wisata kuliner ini menawarkan suasana yang natural dan pilihan furnitur menyatu dengan alam. Di tempat ini, kamu juga bisa memiliki banyak pilihan menu teh. Aneka teh yang tersedia sebut-sebut dibuat dari pucuk teh terbaik di kebun teh Kemuning. Racikan teh diseduh dengan air dari sumber mata air pegunungan.

Aneka camilan bisa menjadi pendamping teh hangat yang disajikan seperti timus, timus telur kodok, tempe mendoan, singkong, tahu dan pisang goreng. Untuk menu utama, kamu bisa mencicipi menu tradisional sego pecel dan sego bancakan. Harganya pun relatif murah mulai Rp4.000.

Omah Kodok yang berada di Jl. Candi Cetho, Kemuning, Karanganyar ini memiliki view yang sedap dipandang. Kamu bisa menikmati suasana alam sambil menyeruput teh di gazebo. Suara gemericik air dari sungai kecil di Omah Kodok bakal membuat suasan kian nyaman. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB.

Bale Branti

wisata kuliner kemuning 3

Instagram

Bale Branti terletak persis di sisi kanan Kebun Teh Kemuning. Suasana kebun teh di sekitaran Bale Branti menjadi daya tarik wisata kuliner Kemuning. Begitu memarkirkan kendaraan, kamu akan langsung disuguhi hijaunya Kebun Teh Kemuning dan sejuknya alam Karanganyar.

Tempat ini menyediakan dua pilihan tempat, yaitu di dalam dan di luar ruangan. Di bagian luar, meja serta kursi kayu dilengkapi payung. Sedangkan di bagian dalam, kursi dan mejanya tertata rapi di dalam sebuah bangunan bernuansa Joglo khas Jawa.

Terdapat berbagai varian teh yang dapat dinikmati, mulai dari black tea hingga teh putih. Sedangkan untuk kudapannya, pengunjung juga bisa memesan camilan seperti pisang goreng dan makanan berat seperti nasi dengan harga mulai Rp15.000. Resto ini buka pukul 09.00 WIB-19.00 WIB setiap harinya.

Dono Resto

wisata kuliner kemuning 4

Instagram

Tempat kuliner ini memang belum sepopuler Ndoro Donker atau Bale Brati. Lokasinya juga sedikit “terpisah” dari deretan tempat kuliner di sepanjang kawasan Kemuning. Resto ini berada di Jl. Ngargoyoso-Kemuning di Ngablak, Ngargoyoso. Dari arah Pasar Kemuning, kamu ambil kiri ke arah Ngargoyoso. Kurang lebih dua kilometer, sebelah kanan jalan kamu bisa menemukan Dono Resto.

Tempat kuliner ini sedikit berbeda karena tidak menawarkan hamparan kebun teh. Namun, kamu jangan khawatir. Suasana asri dan tenang pegunungan bisa kamu nikmati di resto kini. Pengunjung bisa memilih gazebo atau joglo. Aneka kuliner spesial yang ditawarkan seperti lidah cabai hijau, iga bakar, dan sup iga dengan harga Rp3.000-Rp25.000. Tempat kuliner ini buka pukul 08.00 WIB-17.00 WIB setiap harinya.

Bali Ndeso Resto

wisata kuliner kemuning 5

Instagram

Boleh dibilang tempat kuliner ini lokasinya paling dekat dari arah Solo. Resto ini hanya berjarak sekitar empat kilometer dari Pasar Karangpandan, Karanganyar atau Jl. Lawu yang mengarah ke Tawangmangu.

Meski lokasinya belum berada di kawasan kebun teh, namun view yang ditawarkan Bali Ndeso tidak kalah dengan resto-resto lainnya. Ada tempat khusus untuk berfoto-foto di ketinggian agar pengunjung bisa puas selfie dengan pemandangan alam lereng Lawu.

Bali Ndeso mengusung konsep arsitektur Bali, namun ada juga joglo yang akrab dengan arsitektur Jawa. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil menyantap kuliner di gazebo atau memanjakan mata menikmati lanskap pegunungan di dalam tenda setengah lingkaran.

Resto ini menyediakan menu yang cukup komplet mulai dari menu lokal seperti nasi pecel hingga gudeg. Ada pula menu western seperti steak. Urusan harga juga tergolong terjangkau yaitu kisaran Rp7.000-Rp35.000. Resto ini buka setiap hari pukul 09.00 WIB-21.00 WIB.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.