10 Pilihan Nama Khas Indonesia untuk Planet Gas Raksasa

Terdapat 10 pilihan nama khas Indonesia yang bisa dipilih untuk menamai bintang dan planet itu. Beberapa nama sangat khas daerah atau keunikan Indonesia.

JEDA.ID–Masyarakat Indonesia punya kesempatan untuk menamai bintang dan planet dengan nama khas Indonesia. Ini terjadi setelah International Astronomical Union (IAU) mengamanati Indonesia untuk memberi nama bintang HD 117618 dan planet yang mengitarinya, yaitu HD 117618 b.

Sebagaimana dikutip dari laman Himpunan Astronomi Indonesia (HAI), Rabu (6/11/2019), masyarakat Indonesia diajak untuk berpartisipasi dalam sayembara Name ExoWorlds.

Sayembara ini bertujuan untuk memberi nama sistem planet yang berada di bintang lain. Name ExoWorlds merupakan sayembara yang diselenggarakan IAU untuk merayakan pencapaian astronomi dalam 100 tahun terakhir.

Sebelumnya, IAU telah mengadakan ajang serupa pada 2015 dan telah menamai 19 sistem eksoplanet. Sampai saat ini telah ditemukan ribuan planet yang mengitari bintang lain.

Planet-planet itu beraneka rupa. Ada yang batuan sekelas Bumi, ada pula planet gas raksasa seperti Jupiter. Sebagian eksoplanet ditemukan sendirian mengelilingi bintang induknya, sebagian yang lain bersama-sama dengan beberapa planet lain.

Lewat Name Exoworlds Indonesia menantang masyarakat Indonesia untuk menamai eksoplanet HD 117618 b dan bintang induknya dengan nama populer.

Katalog Bintang

HD atau Henry Draper Catalogue merupakan katalog bintang yang diambil dari nama Henry Draper, seorang dokter dan astronom amatir yang berkontribusi banyak pada pengamatan astronomi di akhir 1800-an.

Katalog ini telah memuat ratusan ribu bintang. Angka yang dituliskan di belakang HD menunjukkan nomor urutan bintang dalam katalog tersebut. Bintang HD 117618 dan planetnya terletak di rasi bintang Centaurus.

nama planet

Planet HD 117618 b

Rasi ini terletak di belahan langit selatan sehingga kita yang tinggal di Indonesia dapat terus menyaksikannya di langit malam. Bintang HD 117618 merupakan bintang yang mirip dengan Matahari dan berjarak 124 tahun cahaya dari Bumi.

Artinya, cahaya dari bintang tersebut membutuhkan waktu 124 tahun untuk sampai ke Bumi. Saat ini baru ditemukan satu planet yang mengelilingi bintang HD 117618. Eksoplanet yang kemudian disebut HD 117618 b. Satu tahun di planet tersebut sama dengan 25,8 hari di Bumi.

Eksoplanet HD 117618 b tergolong planet gas raksasa seperti Jupiter. Eksoplanet HD 117618 b ditemukan pertama kali pada 2004.

Pilihan Nama Planet

Terdapat 10 pilihan untuk nama bintang dan planet itu. Beberapa nama menggunakan khas daerah atau keunikan asli Indonesia. Berikut 10 pilihannya seperti yang dimuat di laman HAI.

1.Nama bintang Dofida dan nama Exoplanet Noifasui. Dofida (bahasa Nias) artinya bintang kita. Planet Noifasui (bahasa Nias) artinya planet yang telah mengelilingi bintang Dofida.

2. Nama bintang So’a dan nama exoplanet Matamenge. So’a merupakan nama salah satu Kecamatan di Kabupaten Ngada, NTT. Nama ini juga dijadikan sebagai nama cekungan ditemukan fosil manusia purba kerdil/ hobbit tertua di Flores. Lokasi temuannya berada di Situs Paleontologi Matamenge.

3. Nama bintang Mutis dan nama exoplanet Oenam. Mutis adalah nama gunung tertinggi di Timor Barat (sekitar 2500 mdpl). Oenam merupakan nama salah satu kerajaan tertua di Timor Barat dan memiliki keterikatan sejarah yang kuat dengan Gunung Mutis.

4. Nama bintang Bahenda dan nama exoplanet Pahawan. Bahenda adalah warna kuning dalam bahasa Dayak Ngaju. Pahawan berarti anak perempuan. Dan dalam sistem HD 117618, planet HD 117618 b merupakan anak dari bintang.

5. Nama bintang rasat dan nama exoplanet Mobud. Rasat dari bahasa Dayak Lundayeh yang bermakna mengkilap.Mobud diistilahkan untuk orang/mereka yang pergi masuk kedalam hutan untuk mencari sesuatu untuk mendapatkan buruan atau makanan.

6. Nama bintang Minahasa dan nama exoplanet Toulour. Minahasa adalah nama salah satu suku bangsa di Sulawesi Utara.Toulour (Tondano) adalah nama salah satu sub-etnik Minahasa yang memiliki arti ‘orang air’.

7. Nama bintang Komodo dan nama exoplanet Tengkawang. Komodo adalah salah satu hewan yang dilindungi di indonesia dan sudah hampir punah. Tengkawang adalah tanaman khas dari Kalimantan.

8. Nama bintang Cenderawasih dan nama exoplanet Cendana. Arti dari Cenderawasih adalah utusan dewa-dewi bulan.

9. Nama bintang Simore dan nama exoplanet Lobetufa. Dalam bahasa Ternate, Simore berarti bergembira dan Lobetufa terdiri dari dua suku kata yakni lobe yang memiliki arti menerangi/pantulan/cahaya sedangkan tufa artinya langit.

10. Nama bintang Sarunai dan nama exoplanet Amuntai. Sarunai merupakan nama kerajaan purba yang berada di Kalimantan (Nan Sarunai), sedangkan Amuntai adalah candi di tempat tersebut.

Bila ingin mengikuti sayembara memberi nama bintang dan planet dengan bahasa khas Indonesia bisa langsung mengakses laman HAI.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.