• Mon, 29 November 2021

Breaking News :

10 Fakta Puting Payudara yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Puting payudara merupakan bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan.

JEDA.ID-Puting payudara memiliki sejumlah fakta unik yang jarang diketahui.  Namun tahukah Anda kalau puting payudara bisa menjelaskan kondisi kesehatan wanita?

Tips kesehatan kali ini bakal membahas fakta-fakta seputar puting payudara yang masih banyak belum diketahui. Setiap orang memiliki puting payudara yang berbeda-beda. Puting payudara merupakan bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan. Untuk mengetahui kondisi kesehatan wanita, hal ini dapat dilihat dari warna dan bentuk puting payudara.

Bener-bener Awet Muda! Ini Potret Nenek Puspa Dewi Dulu dan Sekarang

Berikut fakta menarik tentang puting payudara yang perlu diketahui seperti dikutip dari Healthline dan dari detikcom, Kamis (17/12/2020).

1. Ada 4 hingga 8 bentuk puting payudara

Ada berbagai bentuk puting payudara yang bisa diamati. Bentuk puting payudara bisa rata, menonjol, terbalik, atau tidak bisa diklasifikasikan.

Namun ada juga yang memiliki bentuk puting yang berbeda pada setiap payudara. Misalnya satu payudara memiliki bentuk puting menonjol dan satunya terbalik.

2. Puting payudara bukan areola

Puting payudara berada di bagian paling tengah payudara, dan terhubung ke kelenjar susu, tempat ASI diproduksi. Areola adalah area berwarna lebih gelap di sekitar puting.

3. Bentuk puting ke dalam adalah normal

Bentuk puting payudara yang masuk ke dalam memiliki fungsi sama seperti puting “biasa” yang menonjol. Puting yang membengkok cenderung hilang setelah menyusui tidak akan mengganggu proses menyusui. Stimulasi atau suhu dingin juga dapat menyebabkan puting menonjol untuk sementara.

4. Anda bisa memiliki dua puting pada satu areola

Kondisi ini disebut puting ganda dan bercabang dua. Bergantung pada sistem duktus, kedua puting susu mungkin dapat menghasilkan susu untuk bayi. Namun, saat menyusui, bayi mungkin merasa sulit untuk memasukkan keduanya ke dalam mulutnya.

5. Rambut sekitar puting memang ada

Apakah Anda pernah merasa bingung dengan benjolan kecil di sekitar puting? Itu adalah folikel rambut, yang dimiliki pria dan wanita. Tentunya, hal ini membuat tumbuh rambut di sekitar puting.

Begini Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Di Windows 10

Rambut tersebut mungkin terlihat lebih gelap dan lebih keriting daripada rambut lain di tubuh. Jika Anda merasa terganggu, rambut tersebut dapat dicabut, wax, atau dicukur dengan cara yang sama seperti rambut lain.

6. Rata-rata tinggi puting seukuran dengan kepik

Dalam satu studi tahun 2009, dari 300 puting dan areola wanita, hasil menunjukkan diameter rata-rata areola 4 cm (yang sedikit lebih kecil dari bola golf), diameter puting rata-rata 1,3 cm (mirip dengan lebar, dari baterai AA), dan tinggi puting rata-rata 0,9 cm (seukuran kepik).

7. Nyeri puting sering terjadi pada wanita

Nyeri pada puting bukanlah hal yang aneh bagi ibu menyusui yang bisa disebabkan berbagai alasan, termasuk masalah posisi saat menyusui. Akan tetapi, menyusui seharusnya tidak menyakitkan.

Mengalami rasa sakit atau nyeri pada puting juga bisa menjadi gejala PMS atau perubahan hormonal lainnya, seperti: iritasi kulit, alergi, dan gesekan dari bra.

8. Ukuran puting bisa berubah

Kondisi ini sering terjadi selama kehamilan. Satu studi 2013, dari 56 wanita hamil menunjukkan bahwa puting mereka tumbuh panjang dan lebar selama studi dan kehamilan mereka. Lebar areola mereka juga meningkat secara signifikan.

9. Stimulasi puting dapat meningkatkan gairah seksual

Bagi kebanyakan pria dan wanita, stimulasi puting adalah pemanasan atau foreplay yang bermanfaat. Sebuah studi dan kuesioner dari 301 pria dan wanita (usia 17 hingga 29) menemukan bahwa rangsangan pada puting meningkatkan gairah seksual pada 82 persen wanita dan 52 persen pria.

10. Cairan yang keluar dari puting menjelaskan kondisi kesehatan

Keluarnya cairan dari salah satu atau kedua payudara dapat menjadi indikator masalah kesehatan seperti hipotiroidisme dan kista, serta hal-hal seperti perubahan obat. Tetapi jika Anda melihat keluarnya darah, pastikan untuk segera dievaluasi oleh dokter karena itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.