Tutorial Gendong Bayi Baru Lahir, Perhatikan Bagian Ini

Anda harus selalu menopang lehernya saat mengangkatnya dari tempat tidur, atau saat menggendongnya.

JEDA.ID – Selebgram Rachel Venya lagi-lagi dibuat repot oleh netizen yang mempertanyakan tentang caranya gendong bayi. Netizen menganggap cara menggedong bayi Rachel kurang pas.

Rachel lewat Insta Story membalas protes seorang netizen @mintulgemintul2 29 November 2019. Di unggahan itu, Rachel membagikan foto dirinya sedang menggendong bayi.

Di foto itu tampak, Rachel Venya menggunakan gendongan bayi jenis ring sling berwarna abu-abu. Posisi bayinya dihadapkan di dada Rachel dengan posisi meringkuk.

Tak cuma itu, Rachel juga memaparkan panjang lebar tentang bagaimana aturan posisi menggendong bayi. Terlihat bahwa bayi dengan usia 0 sampai 3 bulan harus digendong dengan posisi punggung c-shape dan kaki m-shape.

Salah satu brand produsen sling ring Mooimom.id memberikan posisi paling tepat untuk menggendong bayi. Jika merujuk pada Mooimom maka gendongan sebagaimana diperlihatkan Rachel Venya sudah benar.

“Posisikan dudukan anak pada kain bagian bawah dan nanti dengan gendongan baby sling atau ring sling ini anak akan berposisi m shape dan c shape otomatis,” tulis Mooimom,id.

Bayi Baru Lahir

Meski begitu, penggunaan sling ring juga harus memperhatikan usia bayi. Hal ini lantaran bayi usia tertentu yakni sebelum 1-2 bulan belum bisa mengangkat kepala dengan sempurna. Karena itu ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Berikut rangkumannya dari lama theAsianParent.com;

Sebelum menggendong bayi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, sebagaimana dilansir dari laman Mom Junction. Antara lain perhatikan kulit bayi yang masih sangat sensitif dan sistem imunnya belum sempurna. Anda harus selalu ingat untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum memegangnya

Buat diri Anda senyaman mungkin. Ketakutan atau kecemasan berlebih bisa membuat Anda melakukan kesalahan fatal karena terlalu gugup.

Selain itu, Anda harus selalu menopang lehernya saat mengangkatnya dari tempat tidur, atau saat menggendongnya. Hindari menekan bagian lunak di kepala bayi.

Saat mengangkatnya dari tempat tidur, letakkan satu tangan di belakang kepala bayi, dan tangan satu lagi di pantatnya. Lalu angkat tubuh bayi secara perlahan, dan letakkan di dada Anda

Berikut posisi gendong bayi yang benar;

Menimang

Menimang merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk menggendong bayi baru lahir. Pertama ambil bayi yang sedang berbaring, kemudian tempatkan salah satu tangan di bawah leher dan kepala. Setelah itu, tempatkan tangan lainnya di bagian bokong. Kemudian angkat bayi dan sesuaikan posisi bayi hingga ia merasa nyaman.

Sambil Memeluk

Pada umumnya gendong sambil memeluk dilakukan setelah bayi selesai menyusui. Anda dapat menggunakan salah satu tangan untuk mengangkat kepala dan leher bayi, kemudian gunakan tangan yang lain untuk menyangga bokongnya sehingga bayi berada di posisi yang vertical sejajar dengan arah tubuh Anda.

Pada posisi ini, Anda juga bisa menempatkan bayi di bagian dada. Bayi dapat merasa nyaman mendengarkan detak jantung orang tuanya. Namun, Anda jangan lupa untuk tetap memperhatikan kepala dan juga leher, serta pastikan juga hidungnya tidak tertutup.

Posisi Tengkurap

Cara gendong bayi seperti ini biasanya tepat dilakukan ketika bayi rewel. Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, sementara bagian kepala dan juga leher berada di salah satu lengan bagian dalam dan ujung telapak tangan menopang tubuh bayi di bagian bawah.

Menggendong untuk Menyusu

Menggendong untuk menyusui dapat dilakukan saat duduk ataupun berdiri. Pertama, Anda dapat meletakkan tangan di bagian leher dan kepala bayi, kemudian tempatkan lengan bagian dalam. Anda juga bisa menggunakan bantuan bantal atau penyangga lain. Sementara itu, tangan lain dapat menahan bagian bokongnya dan Anda dapat juga mendekatkan bayi kearah payudara untuk menyusu.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.