Seleb Pansos: Rosa Meldianti hingga Kasus Atta Halilintar

Fenomena seleb pansos sudah terjadi sejak lama, meski istilah pansos baru menjadi populer akhir-akhir ini.

JEDA.ID – Pansos atau panjat sosial belakangan ini menjadi istilah yang sangat populer. Di tengah berkembangnya pengguna jejaring sosial Internet, istilah pansos menjadi lebih sering dibicarakan terutama di kalangan seleb.

Pansos atau juga dikenal sebagai “social climbing” biasa dipakai untuk menggambarkan orang yang menggunakan pertemanan sebagai alat menaikkan status sosial.

Dengan kata lain, orang tersebut dituduh memanfaatkan pihak lain yang derajat sosialnya lebih tinggi dengan harapan bisa terkenal, diterima di lingkungan kelas atas atau paling tidak terlihat lebih berkelas.

Social climber atau orang yang pansos bisa melakukan berbagai cara demi mendapatkan penerimaan sosial. Salah satu ciri orang pansos adalah suka memaksakan pertemanan dan bermuka dua untuk mendapat perhatian dari pihak-pihak yang diinginkan. Bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan atau mengacuhkan teman lain yang tidak menguntungkan.

Pansos Seleb

Salah satu kasus pansos yang cukup populer satu tahun terakhir adalah Bebby Fey dan Atta Halilintar.

Bebby Fewat lewat akun Instagramnya mengumumkan telah dilecehkan seorang Youtuber terkenal. Belakangan Bebby mengungkap sosok itu adalah Atta Halilintar.

Pengakuan Bebby Fey langung diunggah ulang akun gosip Lambe Turah dan menjadi viral. Ribut-ribut ini berlanjut hingga ke meja hijau.

Tak berselang lama Atta Halilintar menuding Bebby mengarang cerita agar bisa mendapat pamor demi kepentingan kariernya.

Kesal dianggap pansos, Bebby Fey akhirnya mengunggah barang bukti berupa foto beserta hasil chat antara dirinya dengan Youtuber tersebut.

Bahkan terlihat dalam isi chat tersebut tertulis beberapa permintaan foto hingga rekaman suara, serta tulisan yang mengarah untuk keduanya melakukan chat seks.

Perseteruan ini membuat netizen geram lantaran beberapa pekan setelahnya kedua sosok ini kedapatan sedang berada di tempat yang sama dan terlihat baik-baik saja.

Kasus pansos lain yang berujung meja hijau terjadi pada Rosa Meldianti dan Dewi Persik. Bahkan kasus ini menjadi yang terpopuler di tahun ini.

Perseteruan antara Dewi Persik dan Rosa Meldianti memuncak di media sosial. Perseteruan ini dimulai dari dugaan Meldi terhadap Dewi Persik yang dinilai pilih kasih.

Seperti diketahui, Dewi Persik memiliki keponakan lain yang disebut Meldi lebih banyak dibantu oleh sang penyanyi dangdut, Lebby Wijayanti.

Buntut dari perseteruan ini, Dewi merasa nama baiknya dicermakan oleh Meldi. Ia pun melaporkan keponakannya sendiri ke pihak berwajib.

Tudingan pansos muncul dari netizen. Saling sindir Rosa dan Dewi Persik di media sosial dianggap tidak jelas duduk perkaranya. Oleh sebab itu banyak netizen yang yang menuding Rosa Meldianti melakukan hal tersebut untuk memperlancar aksi panjat sosialnya.

Bella Shofie & Millendaru

Jauh sebelum kasus-kasus pansos itu, sosok Bella Shofie sudah mendapat tudingan miring. Bella mencuri perhatian lewat drama pertengkaran dan hubungan kekasih settingan dengan Adjie Pangestu.

Namanya makin dibicarakan lantaran menikah dengan pria yang dianggap biasa saja, Suryono. Tak berhenti sampai di situ, pernikahannya bersama Daniel Rigan dianggap settingan meski sudah dikaruniai seorang anak.

Sosok lain yang cukup fenomenal adalah Milendaru. Keponakan Ashanty ini mulai terkenal di publik semenjak ia membeberkan sifat asli Ashanty. Dia menggambarkan tantenya itu seperti singa yang sangat galak.

Pada akhirnya Millen merasa bersalah dan meminta maaf kepada Ashanty. Banyak netizen yang menyatakan bahwa kelakuan Millen semata-mata adalah untuk panjat sosial dengan membawa nama Ashanty yang memang sudah terkenal.

Belakangan perseteruan keduanya berubah lantaran perilaku Millen sendiri. Millen yang sejatinya seorang laki-laki berpenampilan seperti perempuan dan bahkan disebut-sebut telah memiliki kekasih laki-laki. Hal ini membuat keluarga, termasuk Ashanty, geram sekaligus malu.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.