• Fri, 22 October 2021

Breaking News :

Perjalanan Cinta UAS dan Sang Mantan Istri Hingga Berujung Cerai

Pertemuan UAS dan Mellya pun terjadi oleh Imam Masjid yang menjadi makcomblang mereka.

JEDA.ID – Kabar mengejutkan datang dari dai kondang Tanah Air, Ustaz Abdul Somad. UAS, Ulama asal Riau ini menceraikan sang istri, Mellya Juniarti, pada 12 Juli 2019. Saat ini UAS, sapaan akrabnya, telah resmi menduda.

Perkara perceraian Ustaz Abdul Somad teregistrasi dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn. Permohonan perceraian Ustaz Abdul Somad telah dilakukan dan dikabulkan oleh Pengadilan Agama pada Senin (2/12/2019) di ruang sidang Umar Bin Khatab.

Pihak Pengadilan memberikan waktu kepada Ustaz Abdul Somad selama 14 hari untuk mengucapkan ikrar talak.

Saat coba dikonfirmasi, kuasa hukum Ustaz Abdul Somad (UAS), Hasan Basri SH membenarkan kabar perceraian itu. “Iya, benar bercerai. Sudah banyak kan di berita,” ujar Hasan Basri, dilansir Liputan6.com, Kamis (5/12/2019).

Perceraian ini disayangkan oleh netizen. Banyak yang menganggap rumah tangga ustaz yang populer berkat ceramah-ceramahnya yang viral di Youtube itu tampak adem ayem.

(Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini Syarat Poligami dalam Islam)

Sosok Melly

Sosok Melly tak banyak dikenal oleh netizen. Namanya cukup sulit ditemukan meskipun dicari dalam mesin pencarian di Internet.

Salah satu foto viral beredar di jejaring sosial, Foto itu memperlihatkan portet kemesraan dan keharmonisan UAS dengan Melly Juniarti dengan sang anak.

Foto viral Mellya Juniari, UAS dan sang anak. (Istimewa)

Foto viral Mellya Juniari, UAS dan sang anak. (Istimewa)

Dalam foto itu, Melly tampak tersenyum ke arah kamera. Sedangkan UAS hanya menatap ke kamera tanpa senyum mengembang. Sang putra layaknya anak kecil tak fokus ke mata kamera kala gambar ini diambil.

Dalam foto lainnya, ada foto seperti potret pernikahan. Melly terlihat mencium tangan sang suami, Abdul Somad.

UAS sempat mengungkap sosok istrinya itu dalam salah satu ceramah yang diunggah beberapa akun Youtube. UAS meladeni pertanyaan jemaah mengaku jika menikah pada 2008 lalu. Ia menyebut jika sosok istrinya adalah wanita yang taat.

“Pak ustaz ini asal usulnya dari mana?” demikian bunyi pertanyaan salah satu jamaah pengajian itu.

“Saya campuran antara Melayu Deli dan Melayu Palalawan. Saya ini asli melayu,” jawab ustaz.

“Nama istri ustaz siapa?” baca UAS sambil sedikit terkejut.

“Ooh, kenapa pula saya ditanya nama bini,” kata UAS.

Bahkan UAS memiliki panggilan manis untuk sang mantan istri yaitu Adinda. Sebelumnya UAS dan Mellya tidak saling kenal. UAS sendiri mengaku tak pernah dekat dengan perempuan apalagi berpacaran.

“[Lagi pula] Waktu sekolah di mesir jarak antara asrama pria dan wanita 15 kilometer,” katanya.

Pertemuan UAS dan Mellya pun terjadi oleh Imam Masjid yang menjadi makcomblang mereka. UAS menuturkan jika ada beberapa syarat untuk bisa menjadi istrinya.

Hal itu adalah wanita tersebut harus mau menjadi wanita kedua lantaran yang pertama adalah sosok sang ibunda. Selain itu calon istrinya juga harus bisa menerima kondisi pekerjaan UAS yang tak akan selalu bisa berada di sampingnya.

Setuju dengan hal itu semua, Mellya Juniarti pun akhirnya bersedia untuk menikah dengan UAS. Dari hasil pernikahannya, UAS dan Mellya dikaruniai seorang anak laki-laki.

(Baca Juga: Beda Gaya Dakwah, 5 Kiai Muda Ini Viral di Kalangan Milenial)

Kata Mellya

Mantan istri UAS, Mellya Juniarti menjawab pertanyaan wartawan usai persidangan di Pengadilan Agama Bangkinang, Jalan Sudirman Bangkinang, Selasa (3/12/2019). Dia membenarkan pengadilan telah memutuskan perkara yang diajukan oleh Ustaz Abdul Somad.

“Ya pengadilan sudah membacakan amar putusannya dan kami tadi terlambat sehingga tidak hadir saat majelis membacakan putusan,” ujar Mellya Juniarti dilansir Antara.

Mellya mengaku kaget dengan putusan tersebut, karena tanpa kehadirannya sebagai tergugat dalam persidangan, pengadilan langsung memutuskan perkara.

Terkait isu yang beredar kurangnya kebutuhan zohir yang diberikan Ustaz Abdul Somad atau UAS kepadanya, dirinya tidak mau berkomentar. “Kalau itu saya no coment, untuk lebih jelas tanyalah sama ustaz, karena saya termohon,” terangnya.

Alasan perceraian ustaz memang menjadi salah satu pembicaraan yang cukup banyak disinggung netizen. Netizen tampak penasaran dengan apa yang menjadi alasan UAS menceraikan istrinya.

(Baca Juga: Gus Baha, Idola Baru Jemaah Madrasah al-Youtubiyah)

Berbeda dengan kebanyakan netizen, seleb hijrah Arie Untung tak ingin tahu lebih banyak soal perceraian UAS. Arie Untung merasa tak berhak mencampuri kehidupan pribadi ustaz Abdul Somad. Termasuk soal perceraian, suami Fenita Arie ini menilai hal tersebut sebagai urusan pribadi seseorang.

“Yang namanya orang nikah pasti ada cerai. Mau nikah cerai itu urusan masing-masing,” kata Arie Untung, dilansir Liputan6.com.

Arie Untung menegaskan, urusan pribadi seseorang, termasuk seorang penceramah sekalipun, merupakan hak pribadi mereka.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.