Misterius, Inilah 6 Kota Terlantar Di Dunia yang Menjadi Legenda

Ada yang disebut sebagai kota hantu, ada juga yang memiliki kisah menyedihkan di masa lalu.

JEDA.ID—Tidak hanya di film-film fiksi, ternyata kota-kota terlantar juga ada di dunia nyata. Kota-kota ini ditinggalkan dengan segala kisah misterius di baliknya. Sempat jaya pada masanya, sekarang kota-kota besar ini menjadi legenda.

Ada yang disebut sebagai kota hantu, ada juga yang memiliki kisah menyedihkan di masa lalu. Tapi meskipun begitu, banyak wisatawan yang mencari tempat antimainstream termasuk tempat-tempat yang terlantar untuk berpetualang.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (23/11/2020) berikut ini adalah 6 kota terlantar di dunia yang menjadi legenda.

1. Kolmanscop, Namibia

Kota terlantar yang pertama yakni kota Kolmanscop yang terletak di Namibia. Namibia merupakan sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan.

Ingat! Protokol Kesehatan Saat Vaksin Covid-19 Sudah Harus Tetap Jalan

Namibia merdeka dari Afrika Selatan tahun 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kotanya ialah Windhoek. Terdapat sebuah kota yang disebut kota hantu di Namibia, yakni Kota Kolmanscop. Pada awal 1900-an, Kota Kolmanscop adalah salah satu tambang berlian terbesar di dunia.

Namun ‘kerajaan berlian’ ini sudah runtuh dan menyisakan rumah dan fasilitas-fasilitas yang sudah rusak dan tidak layak pakai. Kota ini pun terlihat seperti kota terlantar dan tidak berpenghuni.

2. Craco, Italia

Kota terlantar di dunia berikutnya yakni adalah Kota Craco, Italia. Italia sendiri merupakan negara besar yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Negara Italia juga menyimpan beberapa keajaiban dunia seperti Menara Pisa dan Coloseum Roma.

Tak heran jika negara ini kerap dijadikan pilihan untuk habiskan waktu liburan bersama keluarga. Rupanya di Italia terdapat sebuah kota yang disebut menjadi salah satu kota terlantar di dunia. Kota kecil di Italia selatan yang bernama Kota Craco ini didirikan pada abad ke-8. Pada masa kejayaannya, kota ini dihuni sekitar 1.500 orang, tetapi sejak awal 1960-an, mereka secara bertahap meninggalkan rumah mereka.

8 Bulan Terjebak Pandemi, Ini Tips Kurangi Level Stres

Pada 1963, warga dievakuasi akibat longsor. Sepuluh tahun kemudian, terjadi banjir, lalu serangkaian gempa bumi. Tidak ada yang tinggal di Craco sejak 1980-an, tetapi para turis mengunjungi kota itu sepanjang waktu hanya untuk melihat patung Bunda Maria yang masih utuh belum terkena bencana. Padahal sudah terjadi beberapa kali bencana alam di kota ini seperti longsor, gempa bumi hingga banjir.

3. Terlingua, Texas

Kota selanjutnya yang menjadi salah satu kota terbengkalai dan sudah tidak diperhatikan adalah Kota Terlingua, Texas. Texas sendiri merupakan negara bagian terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Alaska berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah, dan negara bagian terbesar di wilayah daratan utama Amerika Serikat.

Pada 1903, populasi penduduk di Kota Terlingua yakni 3000 jiwa. Pada tahun 2010, jumlah penduduk turun menjadi 58 jiwa. Penurunan jumlah penduduk yang signifikan ini tentunya membuat Kota Terlingua menjadi kota terlantar dan sudah tidak diperhatikan. Hanya terdapat beberapa orang saja yang masih tinggal di kota tersebut.

Kota ini dimulai sebagai koloni pertambangan cinnabar Namun, saat ini seseorang yang berkunjung ke kota tersebut hanya akan menemukan rumah-rumah jompo yang kosong dan beberapa keluarga yang menawarkan tur sederhana mengunjungi gereja dan pertanian yang berdebu.

4. Pripyat, Ukraina

Kota yang ‘ditelantarkan’ selanjutnya adalah kota Pripyat, Ukraina. Ukraina adalah sebuah negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia di timur dan timur-laut; Belarus di barat-laut; Polandia dan Slowakia di barat; Hongaria, Rumania, dan Moldova di barat-daya; Laut Hitam di selatan; dan Laut Azov di tenggara.

Demi Jaga Kesehatan Jantung, Hindari Makan Berlebihan Makanan Ini

Terdapat salah satu kota di Ukraina yakni Kota Pripyat. Kota Pripyat terletak hanya 94 kilometer dari Kyiv. Kota tersebut kerap disebut sebagai salah satu kota hantu di dunia. Sebelum terjadi ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir Chornobyl, yang terjadi lebih dari 30 tahun yang lalu, kota dihuni oleh sekitar 50.000 orang. Saat ini, Kota Pripyat dikenal sebagai kota kosong yangs sudah tidak aktif sejak tahun 1986.

5. Pulau Hashima, Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Budaya hingga makanan khas Jepang selalu berhasil menghipnotis para wisatawan yang datang berkunjung. Namun rupanya terdapat sebuah pulau tua di Jepang yakni Pulau Hashima yang sudah tidak diperhatikan. Pulau Hashima ini terletak 15 kilometer dari Nagasaki.

Pada  1881, terdapat 5.000 penduduk yang tinggal di Pulau tersebut dan bekerja di tambang batu bara bawah air. Menurut sebuah penelitian, penduduk meninggalkan pulau tersebut karena sudah tidak ada yang bisa diambil untuk menghasilkan uang.

6. Thurmond, Virginia Barat

Kota Thurmond di West Virginia didirikan pada tahun 1800 oleh para penambang. Dua ratus tahun kemudian, pada tahun 2000, kota tersebut ditinggalkan dan hanya menyisakan rel kereta api tua, yang dikelilingi oleh hutan lebat. Walaupun sudah tua dan mungkin tidak digunakan lagi, rel kereta api ini masih berdiri kokoh sebagai daya tarik wisata utama kota.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.