Mengungkap Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

Sudah rajin mandi dan pakai parfum, tapi badan masih saja mengeluarkan bau yang tidak sedap? Bau badan bisa diatasi dengan berbagai cara baik alami maupun medis.

JEDA.ID-– Sudah rajin mandi dan mengatasi dengan pakai parfum, tapi badan masih saja mengeluarkan bau yang tidak sedap? Sebagian orang bahkan tetap mengeluarkan bau tidak sedap walaupun menghabiskan waktu seharian di dalam ruangan dengan pendingin atau AC. Mengapa bisa begitu ya?

Seperti dilansir halodoc, dalam dunia medis, bau badan (BB) dikenal juga dengan istilah bromhidrosis. Meski bau badan sering muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tapi penyebab bau badan yang sesungguhnya adalah bakteri.

Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam. Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik.

Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya. Nah, bau badan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit .

Selain karena bakteri, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang lebih berisiko memiliki bau badan seperti dilansir halodoc, Selasa (26/5/2020):

Belajar dari Kisah Adik Via Vallen Positif Covid-19, Kapan Kita Harus Periksa?

1. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas biasanya cenderung memiliki bau badan. Hal ini karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya.

Area tersebut biasanya hangat, beruap, dan gelap, sehingga bakteri penyebab bau badan bisa berkembang dengan pesat di sana. Akibatnya, bau tidak sedap pun muncul.

2. Infeksi

Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat di kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap muncul.

Jadi, bila ada bagian kulit Anda yang mengalami infeksi sebaiknya segera diatasi agar bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang.

3. Makanan yang Dikonsumsi

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi aroma tubuhmu, lho. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa makanan tertentu juga mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan bau badan.

Bawang merah, bawang putih, dan kari adalah penyebab bau badan yang paling populer karena rempah-rempah tersebut mengandung zat alisin.

Brokoli, kubis, brussels dan sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga cruciferous, ternyata juga bisa membuat keringat yang dihasilkan tubuh berbau tidak sedap. Hal itu akibat kandungan sulfur dan sulfida yang terdapat di dalamnya.

4. Penyakit

Terkadang, munculnya keringat berlebih juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, salah satunya seperti diabetes. Pengidap diabetes tingkat tinggi biasanya sudah kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah.

Jadi untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Nah, proses ini akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak. Selain diabetes, penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan BB, antara lain gagal ginjal, kadar gula darah rendah, liver, dan disfungsi metabolisme.

5. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping, yaitu membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih bila dikonsumsi. Obat-obatan penyebab, bau badan antara lain obat antipsikotik dan antidepresan. Mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam dosis berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.

6. Gangguan Metabolisme

Selain karena penyakit, masalah bau badan yang kamu alami bisa juga disebabkan karena trimethylaminuria. Kondisi trimethylaminuria adalah gangguan metabolisme di mana tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang ditemukan dalam makanan tertentu.

Hormon yang tidak terpecah ini kemudian akan dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas, sehingga pengidapnya akan memiliki bau amis yang kuat.

Cara Mengatasi Bau Badan

Memiliki masalah bau badan memang sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa berdampak kurang baik pada kesehatan jika dibiarkan.

Selalu ada cara untuk menghilangkan bau badan. Tak perlu bersusah-susah, beberapa bahan alami yang mudah ditemui sehari-hari ternyata juga bisa membantumu mengatasi masalah bau badan.  Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan tak sedap dilansir dari berbagi sumber.

1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami untuk mengatasi bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dimulai dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Pakai air rebusan tersebut untuk mandi dua kali sehari.

2. Cuka Sari Apel

Sudah menjadi rahasia umum jika cuka sari apel dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, cuka sari apel dapat menghilangkan bau badan secara cepat.

Oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum Kamu mandi dengan sabun. Cara ini bisa Kamu lakukan setiap sebelum mandi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

3. Baking Soda

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai baking soda. Bahan satu ini memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat.

4. Kopi

Kopi bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak karena kandungan kafein yang dimilikinya. Kafein dipercaya ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada bagian kulit. Kopi juga memiliki kandungan putrescine yang dapat memberikan aroma wangi dan segar.

Cara menggunakan kopi dapat dicampur dengan teh. Siapkan rebusan teh dan campurkan kopi setelahnya. Sebelum mengoleskannya pada ketiak, oleskan minyak zaitun dan balurkan ramuan tersebut beserta ampasnya. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

5. Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami yang dimilikinya. Kamu dapat membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada ketiak.

6. Daun Kemangi

Cara mengatasi bau badan dapat pula menggunakan daun kemangi karena minyak astiri yang dimilikinya. Selain itu, daun kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Kamu cukup memakan daun kemangi sebagai lalapan setiap pagi dan sore. Selain itu, daun kemangi juga bisa kamu seduh menjadi teh.

7. Tomat

Tomat mengandung antisepstik yang dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan. Kamu dapat mengonsumsi tomat langsung atau membalurkannya ke ketiak.

8. Cengkih

Cengkeh juga mengandung minyak astiri yang bisa kamu gunakan sebagai bahan alami selanjutnya. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam cengkeh ke dalam air panas selama 15 menit. Campurkan madu dan minum 2 kali sehari secara rutin.

Cara Mengatasi Bau Badan dengan Langkah Medis

Apabila Kamu merasa cara-cara alami di atas terlalu merepotkan, masih ada beberapa cara lain yang lebih simpel dan mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa medical treatment yang bisa dilakukan

1. Pangkas Bulu Ketiak Secara Teratur

Memangkas bulu ketiak diklaim dapat mengatasi bau badan secara cepat. Pasalnya, rambut yang tumbuh di ketiak dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa melakukan medical treatment seperti waxing rambut ketiak untuk mengurangi bau badan berlebih.

2. Botulinum Toxin

Botoks atau botulinum toxin juga dapat menjadi cara mengurangi bau badan tak sedap. Pada umumnya, botoks disuntikkan ke bagian tubuh tertentu yang banyak mengeluarkan keringat. Untuk melakukan sekali treatment botoks, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 40 menit dan hasilnya bisa bertahan hingga 8 bulan.

3. Pengangkatan Kelenjar Keringat

Karena keringat merupakan salah satu tempat perkembang biakan bakteri, Kamu juga bisa menghilangkau bau badan dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiak.

Dengan begitu, produksi keringat berkurang dan Kamu bisa terhindar dari risiko bau badan. Meski begitu, Kamu harus berdiskusi dulu dengan dokters sebelum melakukannya.

4. Endoscopic Thoracic Sympathectomy

Hiperhidrosis adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya berkeringat lebih banyak dari orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan bau badan tidak sedap.

Medical treatment yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah operasi Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS) yang merupakan prosedur melumpuhkan saraf pengontrol produksi keringat.

5. Alma Sweatx

Medical treatment yang berikut ini dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin yang dapat menghasilkan panas untuk mencapai area kelenjar apokrin. Suhu panas yang tinggi menyebabkan kontraksi pada kelenjar apokrin dan dapat mengendalikan proses sekresi atau pengeluaran keringat yang terjadi.

6. Gunakan Deodoran dan Antiperspirant

Apabila beberapa langkah medis di atas dirasa ribet atau menghabiskan banyak biaya, ada satu lagi langkah mudah yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan.

Cara praktis dan sederhana tersebut adalah dengan menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant. Tak hanya ampuh melawan bau badan, deodoran dengan antiperspirant juga efektif melawan keringat berlebih penyebab bau badan.

Ditulis oleh :

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.