Mengenang Kembali Kisah Cinta dan Karier Musik Glenn Fredly

Banyak kenangan yang tersisa tentang penyanyi Glenn Fredly  yang meninggal pada Rabu, terutama mengenai perjalanan cinta dan karier musiknya,

JEDA.ID—Banyak kenangan yang tersisa tentang penyanyi Glenn Fredly  terutama mengenai perjalanan cinta dan karier musiknya

Jagat musik Tanah Air memang baru saja kehilangan musikus bersuara merdu  itu yang meninggal dunia karena sakit, Rabu (8/4/2020) sore.

Tak hanya kalangan musikus dan penggemar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengucapkan rasa bela sungkawa dan kehilangan sosok bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo pada akun resmi Instagramnya.

 

Di akhir hidupnya, Glenn Fredly telah memiliki istri cantik Mutia Ayu dan anak perempuan yang masih bayi.

Sebelumnya, hubungan asmara Glenn dengan Mutia bisa dibilang jauh dari sorotan publik. Keduanya menikah pada Agustus 2019 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Tak banyak yang diketahui dari hubungan asmara Glenn dan Mutia. Namun Glenn Fredly pernah merilis lagu romantis yang teramat manis tiga bulan setelah menikah. Lagu tersebut berjudul Romansa ke Masa Depan yang dibungkus dalam album berjudul sama.

“Pada album Romansa Ke Masa Depan kali ini membagikan inspirasi kepada kita, bahwa hidup sekedar tidak terjadi pada cerita di hari ini dan di sekeliling yang terlihat mata,” kata Glenn dalam keterangan video musik di Youtube seperti dilansir Bisnis.com.

Lagu yang digarap di bawah label Musik Bagus Records itu menceritakan tentang optimisme hubungan cinta dua manusia.

“Engkau dan aku, akan selalu menyatu. Takkan pernah tergantikan. Kisah kita kan tetap abadi Selama-lamanya..” demikian penggalan lirik lagu tersebut.

Siapkan Mental, Begini Cepat Move On dari PHK

Lika-Liku Kisah Cinta

Glenn pernah berulang kali menjalin asmara. Sebelum menikah dengan Mutia Ayu, Glenn pernah menikah dengan Dewi Sandra pada 2006. Namun, hubungan itu berakhir dengan perceraian tiga tahun kemudian. Seusai dengan Dewi Sandra, Glenn sempat dikabarkan dekat dengan Aura Kasih pada 2014.

Namun, Glenn jatuh ke pelukan sosok Mutia Ayu yang tidak banyak dikenal orang. Meski demikian, penyanyi berusia 25 tahun tersebut menelurkan satu album Best of Dangdut 2019.

Beberapa lagu yang dinyanyikan dia adalah Dada atau Paha, Juragan Empang, Konco Turu, serta Cinta Supir. Setelah menikah, keduanya dikaruniai seorang putri bernama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo pada 28 Februari 2020.

Di unggahan Instagram terakhir Glenn Fredly, dia mengucapkan selamat ulang tahun kepada sang istri tepat pada 4 April lalu. Dia berjanji selalu bersama Mutia Ayu.”Semesta menjagamu dan kita bersama selalu..”

Perjalanan Karier

Glenn Fredly memang diakui merupakan salah satu aset berharga dalam permusikan Indonesia. Sudah lebih dari dua puluh tahun menggeluti bidangnya, kiprah pria 44 tahun ini tidak bisa diragukan lagi. Semua lagu yang ditulis dan dinyanyikannya booming di pasaran bahkan melegenda.

Berikut perjalanan karier bernyanyi Glenn Fredly yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Awal karier

Lahir di Jakarta, 30 September 1975, Glenn memulai kariernya sekitar tahun 1995 atau setelah lulus SMA tahun 1994. Saat itu Glenn tergabung dalam band Funk Section menjadi vokalis dan sudah meluncurkan album eksklusif. Tiga tahun kemudian, Glenn memutuskan untuk bersolo karier dan mengeluarkan album sendiri bertajuk GLENN yang berisi 8 lagu.

Sudah 3 Kasus, Seberapa Parah Dampak Virus Corona pada Hewan?

2. Luncurkan album kedua

Karier musiknya terus berlanjut, tak berhenti di album GLENN, dirinya mengeluarkan album lagi tahun 2000 bertajuk ‘Kembali’. Dalam albumnya inilah terdapat beberapa lagu legendaris seperti Kasih Putih dan Salam Bagi Sahabat yang sampai sekarang masih sering terdengar di radio maupun dinyanyikan oleh banyak kalangan.

Sayangnya, kedua album tersebut tidak terlalu ‘terkenal’ sehingga belum memenuhi keinginan major label baik itu dari segi popularitas dan penjualan.

3. Mengguncang lewat Januari

Pada 2003 Glenn mengeluarkan album ketiga berjudul Selamat Pagi, Dunia!’ yang di dalamnya terdapat beberapa lagu yang membuatnya meluncur bak roket. Lagu Januari berhasil mengguncang Indonesia dan keberhasilannya membuat pihak Sony Music Indonesia mengeluarkan album repackage tahun 2004.

Sejak berhasilnya album ketiga ini, Glenn dikenal dan dipercaya sebagai salah satu musikus paling berbakat dengan talenta bernyanyi yang luar biasa.

4. Luncurkan album rohani

Selain album di atas, Glenn juga mengeluarkan album kompilasi bertajuk ‘Terbaik Bersama’ tahun 2005 dan album rohani berjudul ‘Terang’ tahun 2006. Ada juga single-single di luar album yang ada seperti ‘Perempuanku’ tahun 2015 dan ‘Tanda Mata’ tahun 2016.

5. Gelar konser

Pada 2 September 2012, Glenn suguhkan konser Cinta Beta dalam rangka merayakan 17 tahun kariernya di industri musik Indonesia. Konser tersebut diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Dengan konsep ‘Kembali ke Timur’, ada lebih dari 5000 orang hadir dalam konsernya ini.

Glenn membuat lagi konser yang memperingati 20 tahun perjalanan kariernya tepatnya tanggal 17 Oktober 2015. Dirinya menggelar salah satu konser terbaik di Indonesia dan berhasil dihadiri oleh lebih dari 7000 orang. Sebelum konser ini digelar, Glenn mengadakan tur ke 20 kota di seluruh Indonesia.

6. Produser film

Tak hanya di bidang musik, Glenn juga merambah dunia film sebagai produser. Glenn memproduseri tiga film yang cukup terkenal yakni Cahaya Dari Timur, Filosofi Kopi dan Surat dari Praha.

7. Koleksi Penghargaan

Dari kerja keras yang tidak sebentar di dunia musik, Glenn jelas sudah mengantongi cukup banyak penghargaan bergengsi, di antaranya:

– Anugerah Industri Music, Malaysia kategori Album Indonesia Terbaik tahun 2000
– AMI Award Artis Solo Pria R&B Terbaik tahun 2001
– AMI Award Karya Produksi Urban tahun 2001
– AMI Award Lagu Pop tahun 2004
– AMI Award Artis Solo Pria Pop tahun 2005
– AMI Award Karya Produksi Lagu Berbahasa Asing Terbaik tahun 2006
– AMI Award Karya Produksi Jazz Terbaik tahun 2006
– AMI Award Tim Produksi Suara Terbaik tahun 2006
– AMI Award Artis Solo Wanita/Pria Urban Terbaik tahun 2013
– Piala Maya Lagu Tema Terpilih tahun 2014

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.