Kumpulan Hoax Tokoh Dunia yang Dikabarkan Masuk Islam

Isu perpindahan agama menjadi hal yang seksi bagi netizen Indonesia lantaran persebarannya akan begitu cepat terjadi di kalangan netizen.

JEDA.ID – Hoax dan disinformasi menjadi fenomena yang sulit dipisahkan di era perkembangan pesat teknologi informasi seperti sekarang. Salah satu dari deretan hoax dan disinformasi yang paling cepat menjadi viral adalah kabar seorang tokoh berpindah agama.

Di Indonesia, kabar perpindahan agama memang dengan mudah menjadi perbincangan di masyarakat. Seperti kabar presenter Deddy Corbuzier yang menjadi mualaf, terus menjadi pemberitaan selama beberapa pekan.

Selain itu, ada pula heboh kabar Christian Sugiono yang kabarnya mualaf pada 2015 lalu. Lantaran tak pernah dikonfirmasi, kabar ini terus menjadi spekulasi panas yang mengundang perhatian.

Namun, ada pula kabar perpindahan agama yang membuat heboh lantaran dianggap sebagai hoax. Tak jarang pula hoax dan disinformasi menerpa seorang tokoh di masa lampau seperti Gajah Mada yang dikabarkan seorang beragama Islam.

Berikut sejumlah tokoh yang menjadi korban hoax dan disinformasi sebagaimana dihimpun Jeda.id, Selasa (12/11/2019);

Mr. Bean Masuk Islam

Berita komedian pemeran Mr. Bean, Rowan Atkinson, masuk Islam datang dari sejumlah blog berbahasa Ibrani, Arab hingga beberapa situs berita Pakistan, Selasa (1/10/2013).

Dilansir Islampos.com, salah satu media Israel Sadabladi.com menerangkan Rowan dituntun oleh ulama Arab, Sheikh Rashid Ghannousyi untuk mengucapkan kalimat syahadat. Mr. Bean memeluk Islam setelah menonton film kontroversial Innocent of Mosleem.

Salah satu video tentang kabar perpindahan agama Mr. Bean juga muncul di Youtube. Ssalah satu pengguna akun Youtube berbahasa Arab pada hari Senin (30/9/2013) mengunggah video berjudul Mr Bean announced his conversion to Islam.

Rowan Atkinson disebut Sadabladi hanya menyematkan jari telunjuk saat ditanyai media. Terkait dengan hal ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Rowan. Media-media di Inggris terlihat masih adem ayem.

Sejumlah media Arab seperti Emirates247 dan Gulfnews turut menyoroti berita ini. Mereka menyebut kabar Mr. Bean mualaf ini adalah rumor yang tidak bertanggung jawab.

Situs Arrahmah.com merilis berita bantahan yang menyatakan ragu dengan berita Mr. Bean menjadi mualaf.

Undertaker Mualaf

Pegulat profesional World Wrestling Entertainment (WWE) bernama Mark William Calaway atau The Undertaker dikabarkan mualaf. Bahkan Mark Calaway mengubah namanya menjadi Muhammed Ismaeel Taker.

Kabar ini ramai dibicarakan pada tahun 2011 setelah beredar foto Undertaker bersama seorang ulama di sebuah pesawat. Foto yang diklaim diambil tahun 2004 itu memperlihatkan Undertaker menyalami ulama sambil menebar senyum ramah.

Kabar yang sudah dinyatakan hoax oleh Saudigazette itu lantas dengan cepat menjadi viral. Kabar ini lantas menjadi sangat populer di kalangan blogger kala itu lantaran dibumbui dengan kisah-kisah lain yang dinilai terlalu berlebihan.

Wong Fei Hung adalah Faisal Hussein

Wong Fei Hung adalah ahli seni bela diri Kanton dari Cina bagian Selatan. Lahir pada tahun 1847 di Guangdong, hidup di masa pergolakan dinasti terakhir kekaisaran Tiongkok, dan meninggal pada tahun 1924 silam. Dia juga dikenal sebagai ahli pengobatan Tiongkok.

Voa-Islam dan sejumlah situs lain menyebut Wong Fei Hung adalah seorang ulama. Situs Congkop.xyz bahkan menerbitkan kisah yang menjadi viral dengan judul Ternyata Wong Fei Hung Adalah Pendekar Muslim China.

“Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein,” tulis situs tersebut.

Lantas dilanjutkan dengan klaim bahwa nama Wong Fei Hung identik dengan Faisal Hussein Wong.

Kabar ini langsung mendapat banyak bantahan. Artikel ini disalin begitu saja oleh blog blog melalui penyebaran secara berantai yang sumbernya diyakini dari kumpulanmisteri.com, situs yang telah diblokir pemerintah. Tulisan yang dimuat 2017 itu pernah beredar versi bahasa Inggris pada tahun 2010-an.

Yahoo Newsroom melansir artikel berjudul: Five reasons why the blog post about Wong Fei Hung being Muslim is a bit iffy. Isinya meragukan klaim sensasional penyebutan nama Fais menjadi Fei. Sebab aturan sistem Bahasa Mandarin tak memungkinkan hal itu terjadi.

Kabar Wong Fei Hung seorang Islam cenderung hoax. Kabar ini tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya lantaran tak ada dokumen resmi yang bisa menguatkan klaim tersebut.

Gaj Ahmada

Klaim bombastis terjadi pada sejarah Mahapatih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada, yang konon aslinya bernama Gaj Ahmada. Kabar itu beredar disertai gambar. Dalam gambar tersebut, terdapat foto patung Gajah Mada. Foto itu kemudian disandingkan dengan sebuah sketsa wajah seorang pria berjanggut dan berkopiah.

Di foto patung Gajah Mada tertulis nama Gajahmada, kemudian pada gambar sketsa wajah terdapat tulisan Gaj Ahmada. Gambar ini kemudian diunggah oleh pemilik akun Facebook Sri Suparwati Khanzaru pada Minggu 23 Juni 2019.

Dilansir Liputan6.com, 24 Juni 2019, kabar tentang Gajah Mada yang beragama Islam cenderung hoax. Sama sekali tak didukung bukti sahih, termasuk klaim tentang nama asli Gajah Mada, Gaj Ahmada.

Bantahan serupa dilansir cekfakta.tempo.co. Dinyatakan semua riset menunjukkan bahwa Majapahit merupakan peninggalan kerajaan Hindu. Tidak ada bukti sejarah yang bisa secara sahih menegaskan bahwa penyebutan nama Patih Gajah Mada berbeda dari yang saat ini dikenal umum.

Neil Amstrong dengar Azan di Bulan

Salah satu hoax terpopuler adalah Neil Amstrong masuk Islam gara-gara mendengar azan. Kabar itu langsung dibantah. Armstrong menyatakan tidak pernah mendengar suara adzan ketika berada di bulan, apalagi mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai syarat masuk Islam.

Rumor itu menyebut Armstrong kemudian pindah ke Lebanon dan mengunjungi tempat-tempat suci Islam, termasuk masjid di Turki. Rumor itu terus meluas di awal era 1980-an.

Tak hanya Armstrong, tapi juga Pemerintah AS merasa perlu bereaksi atas rumor itu. Pada Maret 1983, Kementerian Luar Negeri AS mengirimkan pesan ke seluruh kedutaan dan konsulatnya di negara-negara berpenduduk muslim.

Saat berbincang dengan astronot Malaysia, Zaid Zahari, di sebuah acara televisi, Armstrong akhirnya buka suara. Ia mengaku membatah semua kabar tersebut. Ia menyatakan tidak pernah mendengar suara adzan di bulan. Ia juga menegaskan dirinya bukan seorang muslim.

Jackie Chan Naik Haji

Beredar Foto Jackie Chan memakai pakaian gamis beserta sorban yang sedang berada di dalam mobil. Foto itu ditambahkan dengan narasi yang menyebutkan bahwa Jackie Chan berada dalam mobil ketika dalam perjalanan pulang setelah melakukan ibadah haji.

Situs Kominfo, menyebut foto tersebut bukanlah Jackie Chan pulang setelah ibadah haji. Foti itu juga bukan merupakan bukti Jackie Chan masuk Islam. Foto tersebut diambil saat Jackie Chan sedang menjalani syuting di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk film “Kungfu Yoga”.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.