Jejak Suku Misterius di Indonesia, Antara Ada dan Tiada

Selain dihuni sekitar 1.340 suku, Indonesia juga juga dihuni suku misterius yang jejak keberadaan dan peradabannya masih dipertanyakan hingga sekarang.

JEDA.ID-Selain dihuni sekitar 1.340 suku, Indonesia juga juga dihuni suku misterius yang jejak keberadaan dan peradabannya masih dipertanyakan hingga sekarang.

Selain suku-suku yang tercatat, rumornya ada juga suku gaib yang tinggal di Indonesia. Keberadaan pun masih menjadi misteri, karena suku-suku tersebut kadang tampak dan kadang menghilang.

Kisah misteri tersebut pun diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi urban legend di masyarakat Indonesia. Ingin tahu kisah selengkapnya? Dikutip dari Liputan6.com, belum lama ini, berikut ini jejak suku misterius di Indonesia.

1. Orang Bunian, Sumatra Barat

Kisah ini menjadi urban legend di Sumatra Barat. Orang bunian diyakini tinggal di kawasan hutan, bukit, atau kuburan yang sangat sepi. Beberapa cerita mengatakan, orang bunian juga kerap meninggali rumah kosong. Mereka suka muncul saat senja dengan disertai bau aroma kentang yang digoreng.

Penduduk setempat melihat orang Bunian tak jauh berbeda seperti manusia secara sempurna. Hanya saja, mereka dipercaya tidak memiliki garis tegak antara bibir dengan hidung. Selain itu, kedua alisnya juga menyambung.

Makanan Ini Bisa Bikin Payudara Kencang dan Terlihat Ideal

Orang-orang yang ikut masuk ke dunia orang bunian akan sulit keluar. Terlebih jika sampai makan masakan dari sana. Makhluk ini pun dikenal suka menyesatkan para penjelajah. Itulah mengapa kasus-kasus hilangnya orang di hutan selalu dikaitkan dengan adanya orang bunian.

2. Suku Bati, Pulau Seram

Di Pulau Seram, ada dua orang Bati yang dikenal. Orang Bati yang pertama adalah orang-orang dari suku Bati, penduduk asli pulau tersebut. Sementara orang bati yang lain adalah istilah untuk menyebut makhluk cryptid misterius yang ada di sana.

Pulau Seram menyimpan misteri tentang sebuah kelompok makhluk misterius bernama Bati. Kehadiranya menjadi ditakuti lantaran mereka kerap menculik anak-anak untuk disantap.

Konon, makhluk ini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan memiliki sayap sangat lebar berwarna hitam. Makhluk yang mirip kelelawar ini dipercaya hidup di gua-gua di puncak gunung. Mereka hanya akan turun untuk mencari mangsa yang berupa hewan atau anak-anak.

Ini 3 Cara Alami Tingkatkan Produksi ASI

Kisah tentang suku Bati mendadak jadi isu global di masa lalu lantaran Karl Shunker menulisnya menjadi sebuah artikel. Dalam buku karangannya yang berjudul Is Batman Alive and Well and Living on the Island of Seram?, dia menceritakan bagaimana mahluk itu bisa menculik anak-anak.

Minimnya bukti tentang orang Bati yang bisa diteliti secara sains kemudian membuat banyak orang meragukan keberadaannya. Hingga saat ini, keberadaanya masih sebatas misteri.

3. Orang Limun, Kalimantan Barat

Pernahkan Anda mendengar kisah kota gaib Padang 12 di Kalimantan Barat? Ya, orang Limun adalah sekelompok masyarakat atau suku gaib yang diyakini sebagai penduduk Padang 12. Orang limun dikenal sangat suci dan taat beribadah.

Konon, manusia Limun menjalani hidup seperti manusia biasa. Mereka pun melakukan aktivitas jual beli dan pergi ke pasar. Yang unik, alat tukarnya bukanlah uang, melainkan kunyit atau rempah. Tapi jangan salah, kunyit tersebut bisa berubah jadi emas keesokan harinya.

Film “Tilik” Bikin Nama Bu Tejo Jadi Viral, Ini Sinopsis dan Faktanya

Menurut kesaksian masyarakat setempat, orang limun kerap memberikan kunyit emas kepada pengguna jalan yang melintas. Biasanya, orang limun akan berpura-pura menjadi nenek tua atau siapa saja untuk meminta bantuan tumpangan. Setibanya di Padang 12, sosok ini menghilang dan si orang baik diyakini akan mendapat rezeki yang banyak.

4. Suku Paloh, Kalimantan Barat

Di kawasan perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia, konon terdapat sebuah desa bernama Paloh. Kawasan ini dipercaya memiliki manusia gaib yang kerap disebut dengan Suku Paloh.

Cerita mistis yang menguatkan keberadaan Negeri Paloh adalah peristiwa menghilangnya pesawat TNI AU pada era 1970-an.

Pesawat ini tiba-tiba hilang tanpa jejak saat melewati wilayah Negeri Paloh. Menurut penerawangan seseorang yang memiliki kekuatan spiritual, para awak dan penumpang pesawat tak meninggal. Mereka diselamatkan oleh penghuni Negeri Paloh dan menetap di sana.

Semenjak kejadian tersebut, suku Paloh justru sering menampakkan eksistensinya. Penduduk sekitar seringkali melihat adanya sebuah kota modern yang tiba-tiba mucul di tengah hutan belantara. Ya, suku ini memang dipercaya memiliki peradaban yang sangat maju.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.