Jeep Wrangler Rubicon Memang Ikonik, Tapi Bukan yang Paling Spesial

Jeep Wrangler Rubicon bukan satu-satunya SUV yang memiliki keistimewaan.

JEDA.ID – Jeep Wrangler Rubicon menjadi salah satu mobil paling banyak dibicarakan netizen Tanah Air menyusul polemik Mobil Dinas (Mobdin) Bupati Karanganyar. Mobil seharga nyaris Rp2 miliar itu menggantikan mobinn lama Bupati Karanganyar, Toyota Fortuner.

Jeep Rubicon yang dimaksud adalah model 2018. Jeep Wrangler Rubicon ini untuk pertama kalinya dibekali mesin empat silinder 2.000 cc yang dilengkapi turbocharger.

Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga 270 dk dan torsi 400 Nm. Ini mengalahkan raihan torsi di mesin V6 3.60p cc di Jeep Wrangler 2018 yang hanya 253 Nm. Torsi sebesar ini karena hadirnya teknologi eTourque pada mesin empat silinder segaris Jeep Wrangler 2018.

Mobil Dinas Mewah Kepala Daerah, Alphard sampai Rubicon

Mesin 4 silinder 2.000 cc ini merupakan bagian dari keluarga Global Medium Engine yang juga dibekali teknologi direct injection, DOHC (Double Overhead Camshaft), dan C-EGR (Cooled Exhaust Gas Recirculation).

Meski punya harga fantastis, Jeep Wrangler Rubicon, bukan satu-satunya yang spesial. Ada sejumlah SUV lain yang banyak mencuri perhatian di berbagai belahan dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut deretan SUV yang mencuri perhatian hingga akhir 2019 ini;

Land Rover Defender

Bicara merek mobil SUV terbaik dunia tentu tak bisa lepas dari nama Land Rover. Pabrikan asal Whitley, Coventry, Britania Raya ini dikenal sebagai produsen SUV kelas wahid. Salah satu model yang menjadi andalan adalah Land Rover Defender.

Model terbarunya diperkenalkan sebagai Land Rover Defender 2020. Model terbaru ini diperkenalkan di Frankfurf Motor Show 2019.

Land Rover Defender 2020 diklaim sebagai mobil paling tangguh karena kombinasi struktur bodi dan teknologi kekinian yang komplet. Meski terlihat segar dan beda dari generasi sebelumnya, namun Land Rover Defender 2020 tidak kehilangan kesan tangguh dan kekar. Lebih lanjut, Land Rover menawarkan 12 desain pelek dengan berbagai ukuran mulai dari 18 inci hingga yang terbesar 22 inci.

Dilansir Carscoops, Rabu (11/9/2019), Land Rover Defender 2020 menggunakan platform D7x dengan beberapa varian. Ada varian 110 dengan formasi kursi 5+2 serta bberapa aksesori tambahan yang berbeda. Mulai dari Explorer, Adventure, Country dan Urban.

Land Rover Defender 2020 hadir dengan beberapa varian mesin. Ada mesin bensin P300 4-silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga 296 daya kuda, dan mesin P400 bermesin 6-silinder Mild-Hybrid Electric Vehicle (MHEV).

Ford F-150

SUV tangguh lain adalah Ford F-150 Model 2019 yang disebut sebagai mobil dengan tenaga mengagumkan. Sayang ATPM Ford terlanjur kabur dari Indonesia sehingga tertutup peluang Ford F-150 dijual di Indonesia.

Seperti dilansir dari Topspeed, F-150 Raptor model 2019, Ford membenamkan mesin baru, yakni mesin ecoBoost 6-silinder twin-turbocharged dengan kapasitas 3.5 liter. Dengan begitu mampu mengeluarkan tenaga sebesar 450 hp dan torsinya mencapai 510 lb-ft.

Ford Raptor F-150. (Istimewa)

Ford Raptor F-150. (Istimewa)

Melihat bodinya yang bongsor menggunakan transmisi otomatis 10-percepatan baru, kemudian transfer case torque-on-demand yang akan membantu mesin menghasilkan lebih banyak torsi RPM rendah.

Ford juga mengklaim mobil ini lebih irit bahan bakar. Bahkan Ford Performance engineering supervisor Matt Tranter menyebut, pengaplikasikan transfer case torque-on-demand dan sistem manajemen berkendara dengan enam mode merupakan sesuatu yang unik pada Raptor.

Dengan adanya teknologi ini membuat konsumen lebih mudah mengoperasionalkan sistem all wheel drive di tengah kota di tengah kondisi cuaca buruk.

Pelat RI-23 Khusus untuk Prabowo dan Karakter Pemilik di Balik Warna Mobil

Rolls-Royce Cullinan

Soal kemewahan Roll-Royce jagonya. SUV pertama Rolls-Royce, Cullinan, telah diluncurkan pada hari ini, Kamis siang (10/5) di markas Rolls-Royce di Goodwood, Inggris.

Body Cullinan dibangun dengan chassis monokok spaceframe aluminium generasi terbaru seperti yang dipakai oleh Rolls-Royce Phantom VIII, yang kemarin baru diluncurkan di Indonesia.

Interior Rolls Royce Cullinan. (Istimewa)

Interior Rolls Royce Cullinan. (Istimewa)

Dengan struktur seperti itu, body mobil menjadi lebih kaku namun ringan yang memang sangat dibutuhkan di medan-medan berat, namun tetap memberikan kenyamanan berkendara.

Cullinan dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 562 hp dan torsi maksimal 850 Nm yang disalurkan ke seluruh roda dan mengaplikasi sistem suspensi udara yang bisa turun naik secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan.

Ruang kaki penumpang di kursi belakang diklaim yang terbaik dari seluruh SUV premium. Selain lega, sisi kemewahan bisa dibikin lebih personal.

Anda bisa memilah sendiri bahan atau material interior, jenis kelir yang dilaburkan dan masih banyak lagi. Cullinan makin mantap, berkat sistem infotainment yang diadopsi dari iDrive BMW. Maklum, mereka satu grup usaha yang bisa saling berbagi teknologi.

Tak ada banderol dan target spesifik pada Cullinan. Semua bergantung pada kuota yang diberikan prinsipal di Inggris. Namun jika berminat, kemungkinan unit bisa sampai ke tangan Anda pada akhir 2019 atau dijanjikan awal 2020.

Ramai-Ramai Bikin Pabrik Mobil di Indonesia, China Paling Agresif

Toyota Land Cruiser

Toyota juga punya SUV jempolan, Land Cruiser. Di Eropa dan Amerika, model Land Cruiser dirancang untuk segala macam jenis jalanan.

Toyota Land Cruiser Prado 2019 ini tidak masuk pasar Indonesia, sehingga harus impor dulu dari negara tetangga seperti Australia. Perkiraan harga Land Cruiser Prado sendiri di sana sekitar Rp800 jutaan, namun ketika masuk Indonesia tentu harganya jauh lebih mahal mencapai Rp2 Miliar.

Interiro Rolls Royce Cullinan. (Istimewa)

Land Cruiser Prado. (Istimewa)

Sebagai mobil SUV tentu Land Cruiser satu ini bisa melibas medan berat. Dengan dimensi besar dan ground clearance tinggi sudah pasti rasa nyaman sudah disuguhkan mobil mewah ini.

Land Cruiser Prado menggunakan sistem penggerak 4WD. Untuk mesinnya Toyota menyematkan mesin diesel berkapasitas 2,8 liter dengan turbo. Dari mesin ini Land Cruiser Prado mampu menghasilkan tenaga sebesar 130 Kw pada 3400 rpm dengan torsi 450 Nm pada 1600-2400 rpm.

Bagian interior mobil ini disematkan 14 speaker sebagai media hiburan, kontrol iklim, kamera, keyless, mode berkendara, kursi depan dengan pemanas, navigasi satelit, lampu LED otomatis, jok kulit, sunroof, pengisi daya dan suspensi udara.

Menambah kesan mewah, setir mobil diberi balutan kayu serta hadirnya perpaduan analog dan digital untuk panel meter.

Mengintip Koleksi Mobil Mewah dan Moge Bambang Soesatyo

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny menjadi SUV istimewa lain meski harganya tak begitu mahal. Di Indonesia, Suzuki sampai harus menghentikan inden Jimny lantaran peminatnya yang terlalu banyak.

Suzuki Jimny. (Istimewa)

Suzuki Jimny. (Istimewa)

Dilansir Solopos.com, 1 Oktober 2019, 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra mengungkapkan, hingga kini pesanan inden untuk Jimny sudah menumpuk dan membuat para pemesan menunggu SUV legendaris tersebut hingga bertahun-tahun di beberapa wilayah.

Suzuki Jimny resmi dikenalkan dalam ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Generasi pertama dari mobil ini sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 1979.

Sebagai mobil off-road, Jimny generasi keempat ini berhasil meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di ajang World Car Awards.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.