• Fri, 12 August 2022

Breaking News :

Waspada, Merasa Insecure Berdampak Bagi Kesehatan Mental

Rasa cemas atau ketakutan yang akrab dikenal dengan istilah insecure merupakan hal yang wajar. Namun, kondisi ini sebaiknya kalian perhatikan hlo.

JEDA.ID — Rasa cemas atau ketakutan yang akrab dikenal dengan istilah insecure merupakan hal yang wajar. Namun, kondisi ini sebaiknya kalian perhatikan hlo.

Kondisi insecure  merupakan salah satu keadaan mental ketika kalian merasa cemas, takut, gelisah, sehingga membuat kamu melakukan sesuatu dengan berhati-hati. Bahkan, dalam keadaan ini dapat membuat sesorang menaruh curiga pada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya.

Seseorang yang berada dalam kondisi ini umumnya tidak menyadari hal tersebut. Hal ini disebabkan rasa cemas dan ketakutan yang umum dilakukan oleh siapapun setiap harinya. Nah, sebaiknya pahami tanda-tanda yang terjadi ketika seseorang mengalami konsidi semacam ini.

1. Merasa rendah diri

Hal ini merupakan tanda yang paling terlihat ketika sesorang dalam keadaan insecure. Nah, sebaiknya kenali dan pahami diri sendiri supaya tidak berlarut dalam kondisi yang menyebabkan gangguan psikologis pada kesehatan kamu.

2. Keinginan untuk disukai oleh semua orang

Umumnya orang dalam kondisi ini selalu menyetujui apa yang dikatakan orang lain. Mereka jenis orang yang tidak bisa menolak dan akhirnya terjebak dalam keputusan yang salah.

3. Takut berlebihan

Perasaan takut ini tidak hanya pada hal besar. Seseorang yang mengalami insecure akan mengalami takut berlebih, termasuk padahal-hal kecil.

4. Tidak mau keluar dari zona nyaman

Merasa tidak mau dinganggu dan enggan keluar dari zona nyaman karena kecemasan-kecemasan yang timbul dari dalam diri sendiri.

5. Selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Seseorang dengan kondisi insecure akan lebih merasa kehidupan orang lain lebih baik dari dirinya.

Dalam Hubungan Asmara, Zodiak Mana yang Dominan dan yang Ngalah?

Cara Mengatasi Insecure

Dilansir dari Good Therapy dalam halodoc.com, tidak ada penyebab pasti ketika sesorang merasa insecure. Pada dasarnya, alasan insecure tiap orang berbeda-beda dan sifatnya pribadi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang selalu merasa dalam kondisi tersebut, seperti trauma, memiliki masalah dengan penampilan, atau body dysmorphic disorder, serta kepercayaan diri yang rendah.

Selain itu, dapat juga disebabkan oleh faktor ekonomi, lingkungan, serta hubungan sosial sehingga menyebabkan seseorang mengalami insecure.

Oleh karena itu, kondisi seperti ini harus segera diatasi sebelum menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kepribadian batas ambang, gangguan kecemasan, paranoid, gangguan makan, serta masalah pada body image. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Rekomendasi Film Korea Yang Wajib Ditonton

1.Tingkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan rasa percaya diri menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa insecure yang kamu alami. Tidak ada salahnya untuk semakin mengenali diri kamu agar kamu semakin percaya diri.

2.Pilih lingkungan dengan suasana yang baik.

Dengan memiliki lingkungan yang dapat membangun rasa percaya diri dan body image, kamu dapat terhindar atau tidak akan mersa insecure.

Itulah cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari insecure. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan pada profesional, seperti psikolog atau dokter untuk mengatasi masalah gangguan kesehatan yang sedang kamu alami.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.