Tipe-Tipe Fans Anime dan Karakteristiknya, Kalian yang Mana?

Anime banyak digemari orang-orang (fans) dari berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia. Stereotype mengenai anime pun kian berubah.

JEDA.ID—Anime banyak digemari orang-orang (fans) dari berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia. Stereotype mengenai anime pun kian berubah.

Kini anime tak lagi diidentikkan dengan kartun yang hanya ditonton oleh anak-anak. Para pencinta anime itu sendiri ternyata dibagi-bagi menjadi beberapa kategori tergantung stadium (kecanduan) mereka.

Tak melulu dikategorikan lewat usia, penggemar anime bisa dikategorikan dengan cara lainnya yakni lewat perilaku. Setidaknya ada lima jenis tipe fans anime, seperti yang dilansir dari liputan6.com , Senin (10/8/2020) .

Catat, 7 Hal Ini Tak Perlu Diungkapkan ke Rekan Kerja

1. Shipper

Biasanya yang termasuk ke dalam kategori ini adalah perempuan. Mereka suka memasangkan tokoh anime laki-laki dengan tokoh perempuan kesukaannya. Mereka akan sangat senang kalau kedua tokoh tersebut atau biasa mereka One True Pairing (OTP) berpacaran dan menjalin kisah romansa. Uniknya shipper biasanya punya kemampuan artistik yang baik. Sadar atau tidak, fan art, fan video atau fan fiction yang sering kamu lihat biasanya dibuat oleh mereka yang masuk kategori shipper.

2. Intelektual

Kategori ini disebut juga The Fandom Intellectual. Penggemar tipe ini tidak hanya sekadar menonton anime, tetapi juga menganalisisnya. Biasanya mereka menguasai ilmu tertentu, seperti psikologi, sejarah, atau antropologi, lalu menganalisis anime dari sudut pandang ilmu itu. Mereka sangat senang kalau bisa berdiskusi tentang hasil analisisnya dengan sesama penggemar lain. Mereka akan antusias memberikan penjelasan ilmiah tentang anime yang baru mereka tonton dan membandingkannya dengan kehidupan nyata.

3. Hipster

Penggemar tipe hipster bisa terbilang cukup unik. Penggemar tipe hipster tidak menyukai dan tidak mau nonton anime yang mainstream. Mereka menganggap anime yang digemari banyak orang itu kurang bagus dan membosankan. Apabila nantinya anime kesukaan mereka menjadi populer, mereka akan membanggakan diri bahwa mereka yang menonton film itu terlebih dahulu. Karena itu, penggemar kategori hipster sering disebut sebagai elitist.

Sudah Ada Sejak 10.000 SM, Ini Fakta dan Efek Tato bagi Tubuh

4. Monogamist

Jika berbicara tentang die-hard fans, maka penggemar tipe monogamist bisa disebut sebagai salah satunya. Penggemar tipe monogamist hanya tertarik pada satu anime spesifik. Kalau sudah menyukai satu anime atau tokoh anime tertentu, mereka akan fokus pada satu anime itu saja. Mereka akan menonton semua episode anime itu dan mengoleksi merchandise-nya.

5. Weeaboo

Weeaboo atau bisa disingkat weebs merupakan kosakata dan wordplay dari bahasa inggris untuk “Japanese wanna be”. Penggemar tipe weeaboo tak hanya menyukai anime saja tapi juga segala sesuatu yang berkaitan dengan Jepang. Penggemar anime yang jatuh pada kategori ini punya rasa kagum yang luar biasa tidak hanya pada hal tontonan tetapi juga segala aspek tentang Jepang yang mereka lihat lewat anime.

Weeaboo cenderung menjadikan anime kiblat dari segala stereotype mengenai negara Jepang. Misalnya, ketika mereka melihat banyak tokoh anime perempuan yang senang bernyanyi, mereka pun percaya bahwa semua wanita di Jepang seperti itu. Weeaboo tidak punya preferensi dalam menonton anime, karenanya mereka akan dengan senang hati nonton anime apa saja. Ciri lain dari penggemar kategori tersebut adalah sering menyelipkan kata dari bahasa Jepang saat berbicara. Mereka juga punya cita-cita besar untuk bisa pergi ke Jepang.
Jadi, Kamu termasuk tipe fans anime yang mana?

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.