Terancam Denda Hampir Rp3 Triliun, Ini Fakta-Fakta Twitter

Salah satu media terpopuler saat ini, Twiiter terancam denda karena diadukan telah menggunakan informasi pribadi pengguna untuk kepentingan iklan.

JEDA.ID — Salah satu media terpopuler saat ini, Twiiter terancam denda karena diadukan telah menggunakan informasi pribadi pengguna untuk kepentingan iklan.

Komisi Perdagangan Federal (FTC) memberikan ancaman denda kepada jejaring sosial tersebut senilai US$250 juta atau sekitar Rp3,6 triliun.

Twitter menyampaikan estimasi denda dari FTC itu saat memaparkan laporan keuangan kuartal II-2020, bersama Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) beberapa waktu lalu.

Estimasi itu ditaksir setelah FTC mengirim draft aduan ke Twitter pada 28 Juli lalu, karena dianggap melanggar perintah persetujuan perusahaan tahun 2011 dengan lembaga federal.

Perintah persetujuan tersebut meminta Twitter untuk membuat dan menjaga program keamanan yang komprehensif, dan melarang Twitter menyesatkan penggunanya terkait dengan keamanan dan privasi.

Di balik kabar tersebut, ada beberapa fakta Twitter yang perlu kalian ketahui seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (5/8/2020).

Rambut Beruban di Usia Masih Muda? Ini Cara Pencegahannya

1.Twitter didirikan di atas perosotan.

Pendiri Twitter memiliki ide untuk membuat Twitter saat sedang berbincang di atas sebuah papan perosotan di taman bermain San Francisco. Ide dasar tersebut berkembang menjadi salah satu platform media sosial paling sukses.

2. Awalnya dinamai Friendstalker.

Salah satu pendiri Twitter sempat memikirkan nama ini di dalam benaknya (dan tidak seorang pun yakin itu hanyalah bercandaan saja), namun ketika membuat keputusan akhir mereka akhirnya berpikir bahwa nama tersebut “bukan pilihan terbaik”. Sekarang kita dapat bersyukur sambil berandai-andai apakah Twitter akan digunakan oleh jurnalis atau politikus jika namanya “Friendstalker”?

Tips Menghindari Penularan Virus Corona di Toilet Umum

3. Lambang Burung Bernama Larry

Fakta ketiga, mungkin sebagian kalian pernah berpikir, “Kenapa burung berwarna putih dengan latar biru langit menjadi lambang Twitter?” ternyata, burung yang melambangkan Twitter itu bernama Larry.

4. Digunakan Ratusan Juta Pengguna Per Bulan

Tahukah kalian kalau dalam setiap bulan ada 310 juta orang yang menggunakan Twitter? Karena penggunanya yang cukup banyak, bahkan ada 350.000 tweet yang terkirim setiap menit. Pengguna Twitter yang paling banyak ada di Amerika, India, Indonesia, dan Jepang.

5. Diberikan Secara Acak

Akun Twitter resmi @Sweden diberikan kepada warga secara acak. Warga yang mendapat giliran di hari itu akan mengelola twitter resmi @Sweden selama satu pekan. Setelah itu, akun akan dikelola oleh orang lain. Terus begitu setiap pekan. Unik, ya?

6. Diblokir di Tiongkok

Tiongkok melarang penggunaan beberapa aplikasi sosial media. Terdapat dua sosial media yang di blok di Tiongkok, kedua sosia media itu adalah Facebook dan Twitter. Pemblokan itu sudah dilakukan sejak tahun 2009.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.