Tenang, Ini Tips Mencari Pekerjaan Selama Pandemi Virus Corona

Bagi Anda yang kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba akibat Covid-19 dan kini sedang mencari pekerjaan, tidak perlu khawatir.

JEDA.ID – Bagi Anda yang kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba akibat Covid-19 dan kini sedang mencari pekerjaan, tidak perlu khawatir.

Pandemi virus corona (Covid-19) memang telah memukul sejumlah lini usaha. Tak heran bila banyak perusahaan yang terpaksa harus mengurangi jumlah karyawannya demi menyelamatkan bisnisnya.

Kondisi ini memang terlihat cukup menantang, tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar berhasil mencari pekerjaan selama masa pandemi. Banyak perusahaan yang mengurangi jumlah pegawai tetapi tetap ada juga yang masih mempekerjakan karyawan di masa pandemi ini.

Bahkan masih ada beberapa perusahaan yang membutuhkan lebih banyak karyawan dibandingkan dengan masa sebelum pandemi sehingga mereka mungkin butuh cepat untuk mendapatkan karyawan.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah cari di internet dengan kata kunci “urgently hiring” atau “hiring immediately” yang dekat dengan lokasi Anda. Kemudian lakukan hal yang sama dengan tagar #nowhiring atau “hiring” di LinkedIn dan situs media sosial. Cara itu akan memberi gambaran tentang pekerjaan apa yang diminati di lokasi Anda.

Dikutip Bisnis.com dari The Balance Careers belum lama ini, berikut beberapa tips untuk mencari pekerjaan selama pandemi.

Diperkirakan Laku Rp805 Triliun, Ini Sederet Fakta Lukisan Mona Lisa

1. Periksa Benefit Anda

Sebelum mulai mencari pekerjaan, pastikan Anda mengumpulkan tunjangan PHK atau apa pun yang menjadi hak Anda. Jika Anda kehilangan pekerjaan karena Covid-19, asuransi pengangguran yang diperluas mungkin tersedia.

Beberapa pengusaha mungkin menyediakan kompensasi pengangguran tambahan untuk karyawan yang terkena dampak. Tunjangan pengangguran negara standar sudah ada.

2. Bersiaplah Mencari Pekerjaan

Jika Anda tidak harus mencari pekerjaan dalam waktu lama, luangkan waktu untuk memperbarui resume dan LinkedIn Anda. Pastikan untuk mengubah resume Anda untuk pekerjaan yang Anda inginkan setiap kali melamar.

Luangkan waktu untuk menulis surat pengantar setiap kali Anda melamar pekerjaan. Ini akan membantu aplikasi untuk lebih memperhatika lamaran Anda.

3. Jeli Melihat Kebutuhan Pasar

Tidak setiap pekerjaan dan industri akan terpengaruh dengan cara yang sama. The Washington Post melaporkan bahwa PHK pertama terkait dengan coronavirus menghantam pasar kerja minggu lalu

Perusahaan travel, hospitality, restaurant, dan MICE telah sangat terpukul. Di sisi lain, beberapa pekerjaan sedang booming, dan pengusaha secara aktif merekrut kandidat untuk pekerjaan. Sebut saja bidang perawatan kesehatan sedang butuh banyak karyawan, begitu pula dengan toko bahan makanan dan layanan kebersihan. Selain itu, industri e-commerce dan pengiriman online telah melonjak, juga layanan perawatan kesehatan dan pergudangan butuh cepat untuk memenuhi permintaan

4. Mencari Pekerjaan Secara Online

Dalam iklim saat ini, lebih baik Anda fokus mencari dan melamar pekerjaan secara online di situs-situs pekerjaan teratas, media sosial, atau langsung di situs web perusahaan. Luangkan waktu untuk mengatur pencarian kerja Anda. Ini akan membuat prosesnya lebih lancar.

Siapkan pemberitahuan pekerjaan, sehingga Anda diberitahu tentang posting baru segera setelah terdaftar. Menggunakan tagar untuk mempercepat pencarian pekerjaan Anda.

5. Pertimbangkan Opsi Bekerja-dari-Rumah

Dengan ketidakpastian selama masa pandemic ini, Anda mungkin benar-benar tidak dapat bekerja di luar rumah. Misalnya karena memiliki anak kecil di rumah dan harus mengajarkan mereka karena sekolah harus tutup tanpa batas waktu. Atau, mungkin Anda sendiri memiliki masalah kesehatan mendasar yang akan membuat Anda sangat rentan terhadap infeksi jika Anda meninggalkan rumah Anda.

Berita baiknya adalah, jika memiliki koneksi internet, Anda dapat mencari pekerjaan dari rumah yang setidaknya akan menambah penghasilan Anda. Namun tentu saja pendapatan tersebut sangat bergantung pada keahlian profesional Anda. Bisa saja, Anda menemukan pekerjaan dari rumah yang sama menguntungkannya dengan pekerjaan lama Anda.

Belajar dari Kisah Adik Via Vallen Positif Covid-19, Kapan Kita Harus Periksa?

6. Cari Situs Pekerjaan Teratas

Mulailah dengan mengetikkan kata kunci seperti “bekerja di rumah,” “freelance,” atau “telecommute” ke dalam salah satu situs pekerjaan teratas. Gunakan situs web yang fokus pada pekerjaan jarak jauh seperti FlexJobs yang memiliki daftar 20 perusahaan penuh jarak jauh yang sedang merekrut sekarang, serta daftar 100 perusahaan teratas dengan pekerjaan jarak jauh.

7. Bersiaplah untuk Wawancara Melalui Video

Pastikan Anda siap untuk wawancara melalui video. Latih wawancara melalui kamera. Jika Anda belum pernah diwawancarai melalui Skype atau Zoom, ada sedikit kurva pembelajaran. Kenali teknologi ini dan lakukan latihan sebelum wawancara ketika Anda berbicara dengan manajer perekrutan. Perhatikan baik-baik pencahayaan dan latar belakang serta bagaimana pakaian wawancara Anda muncul di kamera.

8. Manfaatkan Jaringan

Ingatlah bahwa jaringan tidak memerlukan pertemuan secara langsung. Di era LinkedIn, grup Facebook, dan jejaring sosial lainnya, Anda tidak perlu bisa menjabat tangan seseorang untuk membuat kesan yang baik. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mempraktikkan salah satu prinsip terpenting jejaring: jika ingin orang lain membantu Anda nanti, bantulah mereka sekarang juga.

Tulis rekomendasi LinkedIn untuk mantan kolega. Referensikan teman untuk posisi terbuka di perusahaan Anda. Tawarkan untuk mengoreksi resume dan surat lamaran teman Anda. Ini akan memberi Anda rasa kepuasan, dan itu akan membantu memperkuat jaringan Anda untuk masa depan.

9. Tingkatkan Keterampilan Anda

Anda mungkin memiliki waktu ekstra, dan jika ya, itu adalah kesempatan untuk meningkatkan keterampilan Anda. Ada banyak peluang untuk bekerja di skillset online Anda, termasuk LinkedIn Learning, Coursera, dan banyak situs lain di mana Anda dapat mempelajari keterampilan baru.

10. Sabar dan Baik

Coronavirus telah memengaruhi banyak segi kehidupan sehari-hari di samping tempat kerja. Jika Anda tidak mendapatkan kembali pekerjaan secepat yang Anda inginkan, bersabarlah. Setiap orang memiliki masalah yang harus dihadapi dan melakukan yang terbaik yang mereka bisa selama masa sulit.

Proses perekrutan mungkin lebih lama dan berbeda dari yang biasa Anda lakukan, tetapi Anda akan sampai di sana. Ketika Anda mendapatkannya, luangkan waktu untuk berterima kasih kepada semua orang yang membantu dalam pencarian pekerjaan Anda.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.