Tak Bikin Gendut, Ini Camilan Sehat Temani Work From Home

Saat kerja di rumah atau work from home kita butuh mengonsumi camilan sehat agar tetap tanpa khawatir berat badan naik atau gendut.

JEDA.ID – Saat kerja di rumah atau work from home kita butuh mengonsumi camilan sehat agar tetap tanpa khawatir berat badan naik.

Seperti kita tahu, semakin luasnya persebaran virus corona di dunia, pemerintah di beberapa negara menerapkan sistem social distancing bahkan lockdown untuk mengindari kerumunan. Aturan ini juga mengharuskan warga negaranya untuk beraktivitas dan bekerja di dalam rumah.

Bagi sebagian orang, terkurung dalam rumah apalagi harus bekerja bisa jadi kegiatan yang membosankan bukan? Bosan ini kadang memicu kita untuk makan atau mengonsumi camilan yang kurang sehat. Ini yang seharusnya dihindari.

Meski kerja di rumah,  pola makan dan keinginan untuk menyantap camilan harus tetap diperhatikan ya. Nah bagi Anda yang ingin tetap nyemil tanpa takut gemuk, berikut beberapa jenis makanan rendah kalori seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020):

Sedang Terpuruk? Simak Ini untuk Kembalikan Semangat

Popcorn

Makanan berbahan dasar jagung ini selain cocok dimakan saat menonton film juga enak disantap saat sedang mengerjakan tugas kantor loh. Selain mudah dibuat sendiri ternyata popcorn bisa menjadi camilan sehat yang enggak bikin gemuk.

Popcorn memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah serta kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan Anda. Dengan varian rasa yang banyak seperti caramel, keju, bahkan beraneka perasa buah membuat Anda tidak akan bosan menyantapnya.

Kacang-kacangan

Kacang Almond, kenari, atau kacang kedelai juga menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan Anda bahkan saat malam hari. Tenang saja, camilan ini tidak akan membuat Anda gemuk kok, justru karena kandungan serat dan antioksidan yang terdapat pada kacang-kacangan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Memakan kacang almond akan membuat rasa kenyang lebih lama. Almond mengandung serat, lemak tak jenuh, serta protein. Kacang almond juga kaya akan asam amino L-arginine yang dapat membantu membakar lebih banyak lemak dan kabohidrat, jadi enggak perlu takut gemuk deh.

Youghurt

Bagi Anda yang suka Youghurt, pilihlah yang tanpa pemanis buatan sebagai bahan camilan. Karena tanpa adanya pemanis Anda akan tehindar dari kemungkinan gemuk dan diabetes, rasa youghurt ini pun juga tak kalah nikmat.

Selain enak youghurt juga baik untu kesehatan loh, melansir Livestrong, Jumat, (20/3/2020) satu cup youghurt rendah lemak mengandung 143 kalori dan 4 gram lemak. Protein dan karbohidratnya 12 gram dan 16 gram berturut-turut. Serta mengandung kalsium 415 mg dan 327 mg fosfor yang baik untuk kesehatan tulang Anda.

Puding

Camilan yang terbuat dari rumput laut (algae) ini rendah kalori dan kaya akan serat loh. Selain enak puding aneka nutrisi yang baik bagi tubuh seperti kabohidrat, protein, serat, vitamin, serta mineral. Tidak hanya itu agar-agar juga di percaya mampu membantu melancarkan pencernaan Anda.

Melansir dari Hallosehat, agar-agar mengandung banyak zinc, protein, serta antioksida yang mampu meningkatkan sistem imunitas. Kerenanya, mengonsumsi agar-agar secara rutin dalam jumlah yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda untuk melawan kuman dan virus penyebab infeksi.

Oatmeal

Camilan berbahan gandum ini memiliki banyak kandungan yang bergizi dan tidak mengandung lemak yang dapat membuat Anda gemuk. Jika Anda bosan dengan menu oatmeal yang itu-itu saja, Anda dapat mengkreasikan oatmel dengan pudding, cookies, atau bahkan muffin.

Oatmeal mengandung 50 nutrisi yang diperlukan untuk tubuh, seperti karbohidrat, serat, lemak, dan lain sebaginya. Makanan yang terbuat dari gandum ini dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, serta sistem kekebalan tubuh, wah lengkap ya?

Work From Home, 5 Strategi Agar Kerja di Rumah Tetap Produktif

Cokelat hitam

Para peneliti dari Universitas Kopenhagen, Denmark, membuktikan bahwa cokelat hitam mampu mengenyangkan dari pada jenis cokelat lainnya. Selain mengenyangkan cokelat hitam juga mempu membuat suasana hati Anda kembali ceria loh. Dikutip dari Everydayhealth, Jumat, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, pada 2009 cokelat hitam dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stres. Serta mengandung asam amino, serotonin, dan theobromine, yang merupakan senyawa peningkat suasana hati.

Tak hanya itu Cokelat hitam juga dipercaya dapat menutrisi kulit Anda. Cokelat kaya akan vitamin A, B1, C, D dan E, serta zat besi dan kalsium. Cokelat menutrisi kulit dari dalam dan menggantikan kelembaban yang hilang. Cokelat juga mencegah penuaan karena mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Sedang diet tapi ingin makan cokelat? dark chocolate, solusinya.

Salad Buah

Jika membahas camilan sehat, pasti enggak jauh-jauh dengan buah dan sayur ya? Tidak hanya kaya akan vitamin dan nutrisi, buah-buahan dengan rasa yang menyegarkan dijamin bikin pikiran Anda fresh dan fokus bekerja. Jika Anda kurang suka makan buah, cobalah untuk mengkreasikan ke berbagai macam menu, salah satunya yaitu salad buah. Perpaduan aneka macam buah dengan saus yoghurt dan taburan keju parut akan membuat mata jadi melek seketika. (Ria Sari Febrianti)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.