Sudah Ada ROG, Kenapa Asus Bikin Laptop Gaming TUF?

Laptop TUF Gaming seri terbaru sudah mampu melakukan hybrid rendering dengan fitur real-time ray tracing, serta memiliki dukungan AI acceleration.

JEDA.ID – Asus membawa perubahan mendasar di pasar gaming dunia. Meski telah sukses dengan ROG (republic of gamers), perusahaan asal Taiwan ini membuat lini baru laptop gaming TUF.

TUF adalah The Ultimate Force, lineup anyar dari Asus yang menyasar pasar laptop bisnis dan gaming kelas menengah. TUF juga hadir dalam platform desktop, yang dibagi menjadi TUF Ultimate series, dan TUF Gaming.

Meski banyak yang menyebut posisinya tumpang tindih dengan ROG, Asus sepertinya memakai TUF untuk menyiasati pasar mid-to-high. Diprediksi pasar laptop gaming kelas menengah akan menjadi tren di tahun tahun mendatang.

Di pasar komputer rakitan, Asus TUF merupakan produk kelas mid-to-high yang menawarkan nilai jual utama pada komponen pilihan yang lebih durable. Asus berani memberi masa garansi yang lebih lama dari rata-rata komponen motherboard merek lain.

Masuk Lini Laptop Gaming

TUF telah bertransformasi lebih jauh. Di Consummer Electronics Show (CES) 2020 Asus memperkenalkan TUF di platform laptop gaming. Pada gelaran yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Asus mengumumkan empat laptop gaming terbaru TUF.

Keempat laptop dilabeli predikat gaming. TUF yang diumumkan adalah TUF Gaming A15, TUF Gaming A17, TUF Gaming F15, and TUF Gaming F17. Tak hanya menawarkan durabilitas tinggi, seri TUF Gaming kali ini juga hadir dengan performa yang kencang berkat prosesor generasi terbaru milik AMD dan Intel.

Dari keterangan resminya, Minggu (12/1/2020), keempat seri TUF gaming ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 4000 atau Intel 10th Gen.

Laptop TUF Gaming seri terbaru akan tampil dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2060 yang hadir menggunakan teknologi terbaru yang mengkombinasikan CUDA, RT, dan Tensor core.

Berkat teknologi tersebut, laptop TUF Gaming seri terbaru sudah mampu melakukan hybrid rendering dengan fitur real-time ray tracing, serta memiliki dukungan AI acceleration.

GPU berbasis arsitektur Turing juga unggul dalam hal video encoding, yang memungkinkan proses rendering dengan meminimalisir penggunaan CPU.

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna dapat melakukan pekerjaan lain secara bersamaan, salah satu contohnya adalah bermain game sambil melakukan live video streaming dan recording.

Untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik, laptop TUF Gamings eri terbaru sudah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz pada model 15 inci dan 120Hz pada model 17 inci.

Wajib Tahu, Ini Pengaruh Refresh Rate untuk Kecepatan Smartphone

ROG Terbaru

Sebenarnya di gelaran yang sama Asus juga memamerkan ROG Zephyrus terbaru. Tidak seperti laptop gaming yang identik dengan bodi besar, ROG Zephyrus G14 tampil lebih ramping dan mungil.

Hadir dengan prosesor terbaru dari AMD, yaitu Ryzen 4000, ROG Zephyrus G14 tampil dengan ukuran layar 14 inci, ketebalan tak lebih dari 20mm, dan berat hanya 1,6kg, menjadikannya laptop gaming paling mungil dan ringan di dunia saat ini.

Asus menyematkan prosesor AMD Ryzen 7 4800HS, disandingkan dengan GPU Nvidia RTX 2060, RAM DDR4 32GB, dan SSD 1TB, dikutip dari keterangan resmi Asus, Sabtu (11/1/2020).

Hadir dengan performa tinggi layaknya laptop gaming setara di kelasnya, Asus menyematkan fitur optional bagi gamer yang ingin tampil beda dan mencolok saat memakai ROG Zephyrus G14.

Di seri laptop gaming ini, perusahaan menyematkan tampilan LED (1,215-mini LED) dot-matrix di bodi belakang layar laptop sehingga mampu menampilkan jam, GIF, dan animasi lainnya via software AniMe.

Beli Gadget Mahal, Mending Online atau Offline?

Republic of Gamers

Republic of Gamers adalah sebuah brand perangkat keras notebook khusus gaming dari ASUS. Republic of Gamers kali pertama diperkenalkan pada tahun 2006. Perangkat ini diproduksi untuk menguasai pasar gaming PC.

Asus merancang ROG dengan perangkat keras yang paling hardcore dan inovatif untuk memainkan game-game berat.

Sejak itu, upaya dari tim Republic of Gamers telah menghasilkan aliran konstan teknologi PC game yang telah menjadi legendaris di kalangan para penggemar karena performanya.

Republic of Gamers lebih dari sekadar perangkat keras, ROG telah mendorong pengembangan industri game dengan mensponsori acara-acara seperti QuakeCon, BlizzCon dan DreamHack.

Media di seluruh dunia telah mengakui Republic of Gamers sebagai pemimpin di PC gaming. Banyak produk ROG yang telah memenangkan penghargaan dan mendapatkan tanggapan positif dari pro hardware.

Screenpad Zenbook Duo, Lompatan Inovasi Laptop Asus

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.