Screenpad Zenbook Duo, Lompatan Inovasi Laptop Asus

Keistimewaan yang paling mencolok dari Zenbook Duo adalah fitur Screenpad Plus.

JEDA.ID – Asus menggebrak pasar laptop yang mulai sepi peminat dengan andalannya yang terbilang revolusioner, Zenbook Duo. Laptop ini mengusung fitur unik yang berpotensi menjadi tren untuk laptop-laptop masa depan.

Zenbook adalah seri flagship laptop Asus selain laptop gaming ROG (Repulic of Gamers). Maka tak heran jika Zenbook selalu mendapat teknologi terkini dan spesifikasi yang paling mumpuni. Tak terkecuali dengan Zenbook Duo yang baru-baru ini mulai dijual di Indonesia.

Quran in Word Terintegrasi Microsoft Word, Kian Mudah Kutip Alquran

Asus membawa dua seri Zenbook Duo dan Zenbook Pro Duo yang dibekali spesifikasi yang sedikit berbeda. Zenbook Pro Duo mendapat spesifikasi yang lebih mumpuni, meskipun Zenbook Duo tetap terasa istimewa.

Keistimewaan yang paling mencolok adalah fitur Screenpad Plus. Berbeda dengan Screenpad yang ada di seri ZenBook Pro sebelumnya, ScreenPad Plus hadir dengan ukuran layar yang jauh lebih besar untuk memaksimalkan produktivitas.

ScreenPad Plus pada kedua laptop ini memiliki ukuran resolusi dan kualitas panel yang sama dengan layar utama.

Salah satu fitur untuk membantu multitasking adalah App Switcher yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus secara instan. Melalui fitur ini, pengguna bahkan dapat menampilkan aplikasinya secara penuh melalui layar utama dan ScreenPad Plus.

Bukan yang Pertama

Sebenarnya, Asus Zenbook Duo bukan yang pertama mengusung fitur layar di keyboard. Fitur ini ada di laptop gaming milik HP, Omen X 2s.

Selain layar utama 15″, HP OMEN X 2S mengintegrasikan layar sentuh 6 inci 1080p yang mudah digunakan. Inilah yang membuat laptop ini tampil beda. Dengan layar sekunder ini, memunginkan pengguna mengirim WhatsApp, menjelajah di Spotify, menonton Twich dan YouTube dan itu semua bisa dilakukan sambil bermain game.

Laptop ini diperkuat dengan fitur real-time screen mirroring yang berfungsi memotong dan memperbesar objek di layar utama.

Dengan demikian, pengguna dapat menggeser aplikasi lain ke layar kedua yang terletak di keyboard. HP Omen X 2s didukung oleh hotkey khusus guna mendukung kemampuan multifungsi laptop tersebut.

Mengenal Mekanisme Teknologi Pemindai Sidik Jari Smartphone

Sayang, fitur di laptop ini tak berhasil menciptakan tren baru di jagat teknologi. Laptop yang diluncurkan di Indonesia pada Juli 2019 ini tak serta merta mencuri perhatian.

Padahal, spesifikasi laptop ini cukup menunjang untuk menjadikannya yang terbaik di kelasnya. HP Omen X 2s yang diperkuat dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke 9 ini memiliki kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 yang berdesain Max-Q3. Anda dapat bermain game dengan spesifikasi tinggi pada frekuensi gambar yang juga tinggi.​

Spesifikasi

Strategi promosi barangkali yang cukup membedakan. Zenbook Duo langsung berekspansi ke sejumlah Youtuber berpengaruh di dunia teknologi. Laptop ini sudah langsung diulas sejumlah channel Youtube populer seperti Gadgetin, Ridwan Hanif, Putu Reza, hingga Jagat Review. Salah satu ulasan utamanya tentu saja Screenpad Plus yang mencolok itu.

Meski begitu Zenbook Duo tentu dibekali spesifikasi khas flagship. Untuk Zenbook Duo UX481 menggunakan layar beresolusi Full HD dengan tingkat reproduksi warna kelas profesional, yaitu pada color space sRGB hingga 100%. Tidak hanya itu, warna yang dihasilkan di layar laptop ini juga akurat karena telah dikalibrasi dan telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Zenbook Duo UX481 ditenagai oleh 10th Gen Intel® Core™ Processor dengan opsi mulai dari Intel® Core™ i5-10210U serta Intel® Core™ i7-10510U. Soal grafis, beberapa varian Zenbook Duo UX481 ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250.

Untuk mendukung performanya Zenbook Duo UX481 memiliki RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan NVMe PCIe SSD hingga 1TB.

Zenbook Duo UX481 dibanderol dengan empat varian berbeda, Rp16.299.000 (Core i5, UMA, 8GB/512GB), Rp18.299.000 (Core i5, MX250, 8GB/512GB), Rp20.299.000 (Core i7, MX250, 16GB/512GB) dan Rp23.999.000 (Core i7, MX250, 16GB/1TB).

Mengenal Mekanisme Teknologi Pemindai Sidik Jari Smartphone

Pro Duo

Zenbook Pro Duo UX581 menggunakan panel layar berjenis OLED dengan resolusi 4K UHD dan tingkat reproduksi warna terbaik di kelasnya, yaitu pada color space DCI-P3 sebesar 100% dan sRGB sebesar 133%.

Layar yang diusung di Zenbook Pro Duo UX581 juga mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display serta Vesa DisplayHDR Certified, sehingga warna yang dihasilkan tidak hanya lebih banyak namun juga sangat akurat.

Selain itu fitur layar sentuh Zenbook Pro Duo UX581 sudah mendukung teknologi Windows Ink yang berguna untuk pekerjaan designer.

Untuk performanya, ASUS Zenbook Pro Duo UX581 hadir dengan prosesor powerful hingga Intel® Core™ i9-9980HK yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread. Menemani prosesor tersebut adalah chip grafis NVIDIA GeForce RTX2060 yang merupakan GPU kelas gaming. Chip grafis (GPU) tersebut juga kompatibel dengan GeForce RTX Studio Driver.

Zenbook Pro Duo UX581 telah dilengkapi dengan RAM DDR4 berkapasitas besar, yaitu 32GB. Dari sisi penyimpanan, laptop ini menggunakan NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB yang sangat lega untuk menyimpan berbagai file dan proyek kreatif para content creator.

Laptop ini dibanderol untuk varian Intel® Core™ i7-9750H Processor 2.6 GHz seharga Rp45.999.000. Sedangkan untuk varian Intel® Core™ i9-9980HK Processor 2.4 GHz dibanderol seharga Rp55.999.000.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.