Spot Upacara 17 Agustus di Dalam Air Paling Menarik

Selain unik dan menantang, keindahan alam di dalam air bisa menambah menarik upacara memperingati kemerdekaan Indonesia.

JEDA.ID–Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia tinggal menghitung hari. Upacara 17 Agustus menjadi salah satu acara wajib untuk memperingati kemerdekaan. Lokasi upacara pun kian beragam, mulai lapangan, sawah, gunung, hingga bawah air.

Tren upacara 17 Agustus di bawah air muncul dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini tidak lepas dari kekayaan wisata bawah laut yang dimiliki Indonesia. Namun, upacara 17 Agustus di dalam air tak melulu ada di laut, ada pula yang digelar di umbul atau sumber mata air.

Berikut sejumlah lokasi upacara 17 Agustus di dalam air yang layak untuk dicoba. Selain unik dan menantang, keindahan alam di dalam air bisa menambah menarik upacara memperingati kemerdekaan Indonesia.

menyelam

Ilustrasi penyelam (Freepik)

Pantai Malalayang

Pantai pertama yang pernah jadi lokasi upacara 17 Agustusan dalam air adalah Pantai Malalayang. Kali pertama upacara 17 Agustus di pantai ini dilakukan pada 2002 lalu.

Hampir mirip dengan upacara di daratan, ada penyelam yang bertugas menjadi pasukan pengibar bendera. Mereka membentuk formasi ketika proses pengibaran Sang Merah Putih dimulai. Prosesi berlangsung sangat hikmat sampai bendera naik ke atas permukaan laut.

Pantai Gapang

Pantai Gapang berada di Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Kawasan ini terkenal kondisi alam yang masih terjaga keaslian dan kebersihannya. Tak hanya dijadikan destinasi untuk berlibur, tempat ini pernah menggelar upacara 17 Agustus dalam air.

Ada lebih dari 150 orang yang terlibat dalam upacara itu. Ada penyelam profesional hingga traveler yang ikut memeriahkan acara itu.

Pantai Tapal Kuda

Keindahan Pantai Tapal Kuda di Teluk Ambon, Maluku tidak perlu diragukan lagi. Pada 2015 lalu, upacara 17 Agustus pernah dilakukan di pantai ini.

Ada gubernur, TNI, kepolisian, hingga warga yang hadir dalam upacara di Pantai Talak Kuda ini. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih di kedalaman 12 meter.

Upacara di dalam laut ini juga memiliki misi khusus yaitu mengajak warga melindungi lautan dari kerusakan dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga terumbu karang, dan tak menggunakan bom ikan saat menangkap ikan.

Pantai Tulamben

Organisasi Pemandu Selam Tulamben menjadi pioner dalam upacara di dalam laut di pantai ini. Mereka mendampingi komunitas difabel, Mother Love Nature Diving Club, melakukan upacara di dasar Pantai Tulamben, Karangasem, Bali.

Tak sekadar memeriahkan acara HUT RI, kegiatan ini pun bisa membuktikan walau kelompok tersebut memiliki keterbatasan fisik, mereka tetap bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Pantai Tanjung Lesung

Tanjung Lesung di Banten selama ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di kawasan Banten. Pesona pantainya juga didukung dengan keindahan bawah lautnya.

Ini pula yang menjadikan kawasan ini menarik dijadikan lokasi upacara 17 Agustus. Ini pernah dilakukan oleh sejumlah kelompok dengan menggelar upacara di dalam laut. Sensasi berbeda dan unik yang dirasakan para peserta upacara sehingga mereka ingin melakukannya lagi di tahun berikutnya.

Laut Kampung Saunek

Upacara bawah laut dalam rangka memperingati HUT RI pernah dilaksanakan di Raja Ampat, Papua Barat. Tak perlu diragukan lagi, Raja Ampat adalah destinasi kebanggaan pariwisata Indonesia. Kecantikan alam yang ada di sana sudah dikenal oleh dunia.

Upacara di bawah laut Raja Ampat pernah digelar dengan dipimpin istri Kapolri, Tri Tito Karnavian dan anggota Bhayangkari dari seluruh Indonesia.

Umbul Ponggok

Upacara 17 Agustus

Upacara 17 Agustus di Umbul Ponggok (Solopos)

Upacara di dalam air tidak hanya di perairan laut. Di perairan daratan juga bisa dilakukan. Umbul Ponggok di Klaten bisa menjadi salah satu pilihan utamanya.

Pada 2014 lalu, upacara 17 Agustus digelar di dasar Umbul Ponggok yang kini menjadi destinasi wisata ngehits. Setelah itu, hampir tiap tahun ada upacara peringatan kemerdekaan di umbul ini.

Kegiatan upacara di Umbul Ponggok sebagai bentuk semangat kemerdekaan Indonesia sekaligus promosi keindahan wisata air yang populer di Kabupaten Bersinar itu.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.