• Mon, 3 October 2022

Breaking News :

Reza Artamevia dan 8 Selebriti Ini Tersandung Kasus Narkoba

Penyanyi Reza Artamevia kembali tersandung kasus narkoba. Reza Artamevia ditangkap bersama barang bukti berupa sabu."

JEDA.ID-Penyanyi Reza Artamevia kembali tersandung kasus narkoba. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Reza Artamevia ditangkap bersama barang bukti berupa sabu.

“Diduga (narkoba), bukan ditangkap. Sampai sekarang baru diamankan, masih dalam pemeriksaan,” ujar Yusri seperti melansir dari detikcom, Sabtu (5/9/2020).

Sabu merupakan jenis stimulansia yang bekerja di susunan saraf pusat, istilah populer untuk metamphetamine dan amphetamine, dua obat yang strukturnya mirip. Obat ini memicu pelepasan dopamin yang memberikan efek rasa senang, energik, dan penuh percaya diri.

Bukan Reza Artamevia yang pernah tersandung kasus narkoba. Sejumlah artis Tanah Air pernah tersandung kasus serupa. Berikut ini tokoh artis lain yang pernah tersandung kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

1. Mudy Taylor

Komika Mudy Taylor ditangkap polisi pada September tahun lalu di rumahnya dengan barang bukti 0,18 gram sabu dan dua buah alat penghisap. Mudy mengaku memakai sabu sejak tahun 2003 untuk bekerja menghasilkan karya. Setiap bulan, Mudy bisa mengambil stok narkoba sebanyak 3 hingga 4 kali.

“Setelah kita tanya kembali kenapa menggunakan sabu, yang bersangkutan menyampaikan ini adalah untuk kenyamanan dalam bekerja,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (24/9/2018).

2. Reza Bukan

Komedian Reza Bukan juga ditangkap karena menyalahgunakan sabu pada Juli 2018 lalu. Kepada polisi ia mengaku memakai sabu sejak tahun 2014 demi meningkatkan semangat dirinya saat bekerja.

“Untuk menghilangkan stres dan memberi semangat dalam bekerja,” ucap Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick frendriz kala itu.

3. Agung Saga

Artis FTV Agung Saudaga alias Agung Saga (AS) ditangkap polisi pada April lalu oleh Subdit II Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Agung Saga mengaku mengonsumsi sabu sejak tahun 2015 untuk menjaga ketahanan tubuh.

Manfaat Bermalas-Malasan, Nomor Lima Pasti Tidak Kamu Duga

“Jadi biar kerja masih fit staminanya. Kemudian juga pada saat syuting film karena kejar tayang badan tetap fit,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

4. Jupiter Fortissimo

Pesinetron Jupiter Fortissimo (JF) ditangkap untuk kedua kalinya pada Februari 2019 lalu setelah baru bebas tahun 2018 karena kasus penyalahgunaan narkotika. Menurut Argo motif JF menggunakan sabu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Ini yang kadang-kadang jadi salah kaprah, itu keliru. Kalau mau kuat ya banyak makan buah, vitamin C, olahraga,” cetus Argo.

5. Fachri Albar

Pada tahun 2018 aktor Fachri Albar ditangkap dan didakwa karena memiliki 4 jenis narkotika berupa ganja, sabu, hingga dumolid. Jaksa menyebut Fachri merasa tubuhnya semakin semangat setelah mengkonsumsi narkotika tersebut.

“Yang terdakwa rasakan setelah menggunakan narkotika jenis sabu badan menjadi lebih segar dan semangat,” kata Jaksa Penuntut Umum Arya Wicaksana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kala itu.

6. Nunung

Pada tahun 2019 komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan sabu. Menurut keterangan Nunung, ia menggunakan sabu demi meningkatkan stamina saat sedang bekerja.

Mutasi Virus D614G Diprediksi Terjadi Sejak Maret, Berikut Proses Perjalanannya

“Pengakuannya kalau NN dia menggunakan itu dalam hal pekerjaan stamina yang bersangkutan,” kata Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin Simanjuntak di Polda Metro Jaya beberapa waktu yang lalu.

7. Jerry Lawalata

Artis Jerry Lawalata pada Mei lalu ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Sejumlah barang bukti disita polisi dari Jerry Lawalata adalah alat isap sabu (bong). Selain itu, polisi juga menemukan sabu bruto berat 1,32 gram. Jerry Lawalata beralasan menggunakan narkoba untuk menghilangkan stres.

Racun Novichok Bikin Oposisi Rusia Alexei Navalny Koma, Ini Faktanya

“Tersangka menyampaikan bahwa dia menggunakan narkoba untuk menghilangkan stres karena memang mungkin beban kerjaan ataupun yang lainnya yang dianggap oleh tersangka cukup berat,” kata Kombes Budhi Herdi Susianto saat jumpa pers di Polres Metro Jakarta Utara Jalan Yos Sudarso, Rawa Badak, Jakarta Utara, Senin (15/6/2020).

8. Catherine Wilson

Catherine Wilson juga diciduk polisi atas penyalahgunaan narkoba pada Jumat (17/7/2020) di rumahnya di jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan. Polisi menemukan barang bukti dua paket sabu di rumahnya.

“Dari pengakuannya, dia sudah mengakui dua paket itu miliknya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.