Punya Banyak Manfaat, Ini Ragam Ungkapan Tertawa di Berbagai Negara

Manfaat tertawa dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Ada banyak ragam ungkapan tertawa dalam pesan teks.

JEDA.ID– Manfaat tertawa dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Meski simple namun terkadang banyak orang melupakan pentingnya tertawa.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh seperti dilansir alodokter, Kamis (27/2/2020).

1. Mengurangi Stres

Tertawa dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaan Anda akan lebih lega. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, serta meningkatnya produksi hormon endorfin saat tertawa.

2. Menyehatkan jantung

Tertawa juga bisa menyehatkan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan pada arteri, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini adalah saat seseorang tertawa, akan terjadi peningkatan aliran oksigen di dalam peredaran darah.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tertawa dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun. Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Mengurangi depresi

Selain bisa mengurangi tingkat stres, manfaat tertawa juga bisa menurunkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan. Tertawa mampu menetralkan segala emosi negatif yang dapat mengakibatkan depresi. Meski manfaat tertawa bagi kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut, namun tidak ada salahnya menghiasi hari-hari Anda dengan tawa.

Ungkapan Tertawa

Dengan berkembangnya zaman dan pemanfaatan teknologi, orang-orang mungkin lebih sering berkomunikasi dengan ponsel daripada bicara langsung. Tak jarang, dalam mengungkapkan perasaan tidak selalu dengan kata-kata panjang. Cukup dengan emoticon atau dengan ungkapan pendek atau singkat namun mudah dimengerti lawan bicara.

Itulah kenapa banyak orang di dunia menggunakan onomatopoeia atau kata-kata yang secara fonetis mengimitasi bebunyian yang mereka gambarkan, termasuk ungkapan tertawa. Berikut ungkapan tertawa dengan onomatopoeia dari sejumlah negara seperti dilansir berbagai sumber.

1. Haha

Menurut Kamus Inggris Oxford, cara yang benar untuk mengekspresikan tawa dalam bahasa tulisan yang baku dalam bahasa Inggris yaitu ha ha atau Ha ha ha!

Orang-orang Indonesia juga sering memakai ungkapan ini. Jika ingin menambah rasa humor di dalamnya, katakanlah, Anda ingin terdengar sedikit congkak, Anda bisa mengetiknya menjadi hehe… meskipun mungkin hal itu akan membuat Anda kurang disukai.

2. Kkkkkk

Jika Anda ingin mengekspresikan tawa Anda dalam bahasa Portugis atau Korea, kkkkkk-lah istilah yang tepat.
Pengguna bahasa Portugis, terutama di Brasil. mengekspresikan bunyi tawa mereka dengan huruf k, yang dilafalkan sedikit seperti “kja”. Bahasa Korea mungkin punya sedikit kesamaan dengan bahasa Portugis, kecuali untuk ekspresi terkekeh alias ㅋㅋㅋㅋㅋㅋ.

Ternyata, bunyi k atau ㅋ dalam bahasa Korea merupakan konsonan velar – huruf-huruf yang diucapkan dengan pangkal lidah menyentuk langit-langit lunak di bagian paling belakang mulut – yang menciptakan suara terdekat dengan tawa.

3. Xaxaxa

Di Yunani, jika Anda ingin tertawa terpingkal-pingkal secara online, sebaiknya jangan menggunakan hahaha atau kkkkkk… secara fonetik, xaxaxa lebih tepat mengekspresikan bunyi tawa yang Anda maksud.

4. Olololo

Secara kebetulan, jika Anda berkirim pesan dalam bahasa Rusia menggunakan alfabet Sirilik – sistem penulisan yang digunakan oleh lebih dari 50 bahasa, seperti Slavik, Turki, dan Persia – itu juga akan tampak seperti xaxaxa. Tapi kalau Anda ingin benar-benar orisinal, Anda bisa menggunakan kata Olololo (atau олололо dalam alfabet Sirilik).

5. Kiekie

Ungkapan tawa ini biasa dipakai masyarakat Republik Demokratik Kongo dan negara-negara tetangganya. Dalam hal itu, tak ada istilah lain yang lebih tepat menggambarkannya selain kiekie. Atau bahkan kiekiekie jika Anda benar-benar tidak bisa mengontrol gelak tawa Anda.

6. Jajaja

Untuk tawa yang sehat dalam bahasa Spanyol, sentuhkan dasar lidah Anda ke belakang kerongkongan Anda dan asah bunyi “J” dari sana. Sebenarnya, dalam bahasa Spanyol formal Anda harus menulis “Ja, ja, ja”, tapi kebanyakan orang menggunakan jajaja – atau bahkan jajajajaaaa jika mereka tertawa terpingkal-pingkal.

7. mdr

Dalam bahasa Prancis, bunyi sebuah tawa sering ditulis hahaha… tetapi pengguna bahasa Prancis kerap lebih memilih untuk mengetik mdr. Itu adalah kepanjangan dari mort de rire (tertawa setengah mati) dan pastinya lebih cepat untuk diketik.

8. lwkmd

Di Nigeria, mereka lebih memilih menggunakan singkatan lucu – bukan karena lebih singkat, tapi karena lebih terkesan empatik. Diambil dari penafsiran bahasa Inggris pidgin yang agak bebas, lwkmd adalah kepanjangan dari laugh wan kill me die – yang berarti tertawa sampai mati karena ini benar-benar lucu.

9. 555555

Jika Anda dapat pesan dari seorang teman asal Thailand dengan pengulangan angka 5, bersiaplah untuk tertawa: dalam bahasa Thailand, 555555 adalah bunyi tawa. Bahasa Thailand termasuk ke dalam keluarga linguistik Kra-Dai – sebuah kelompok bahasa nada (di mana nada suatu suku kata dapat mengubah makna kata tersebut) yang digunakan oleh sekitar 93 juta orang di Asia Tenggara, selatan China dan timur laut India.

Untaian 555555 merupakan representasi grafis sebuah gelak tawa yang lepas, karena pelafalan angka 5 sendiri identik dengan kata “ha!” Tetapi jika Anda sedang di China, hati-hati! Di sana, angka 5 dilafalkan “wu”, bunyi yang kerap dikaitkan dengan suara tangisan, maka 555555 bisa berarti sebuah ratapan.

10. H

Tulisan Arab adalah tulisan nomor dua yang paling banyak digunakan di dunia, setelah alfabet Latin. Alfabet itu tersebar ke seluruh dunia bersamaan dengan penyebaran agama Islam, lalu diadopsi bangsa-bangsa lain, di mana kemudian menjadi sumber tulisan banyak bahasa lain.

Alfabet tertentu dalam tulisan Arab disebut abjad yang hanya menggunakan konsonan. Untuk itu, tidak ada huruf ‘a’ dalam suku kata ‘ha’.

11. Wkwkwk

Selain hahaha, mungkin ini yang paling Anda gunakan sebagai warga +62 alias Indonesia. Kata wkwkwk sebagai bentuk tulis dari ekspresi tawa sendiri tidak punya asal-usul yang jelas. Konon istilah wkwk lahir dari komunitas game online. ‘W’ dalam wkwk merupakan singkatan ‘ue’ dari kata ‘gue’. Awalnya, ekspresi tawa itu ditulis dalam bentuk ‘huehue’ sebelum berubah menjadi ‘hwhw’.

Dengan alasan mempermudah para pemain game online untuk ‘beraksi’ – dengan mata selalu mengarah ke layar komputer dan jari-jemari di atas keyboard – kata ‘hwhw’ lalu berubah menjadi ‘wkwk’ karena tombolnya lebih mudah dijangkau kedua tangan tanpa harus banyak bergerak.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.