Pakai Rice Cooker, Ini Resep Masakan Hemat Nan Lezat ala Anak Kos

Selain untuk memasak beras agar menjadi nasi, mungkin banyak yang tidak tahu jika rice cooker juga dapat digunakan untuk membuat berbagai masakan.

JEDA.ID — Selain untuk memasak beras agar menjadi nasi, mungkin banyak yang tidak tahu jika rice cooker juga dapat digunakan untuk membuat berbagai masakan.  Alat ini juga  bisa digunakan untuk menggoreng, merebus, bahkan memasak berbagi jenis masakan.

Tentunya hal ini akan sangat membantu mereka yang ingin membuat makanan-makanan praktis dan ekonomis, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk hidup lebih hemat.

Saat pandemi kita memang diminta untuk lebih baik berada di rumah jika tidak ada keperluan penting. Mungkin hal ini membuat orang-orang merasakan bosan. Kebanyakan orang-orang saat ini melakukan berbagai hobi di saat berada di rumah, salah satunya memasak. Mencoba berbagai masakan dengan beragam metode pun dilakukan, salah satunya memasak dengan rice cooker.

Cara ini pun akan sangat membantu mahasiswa yang tinggal di rumah indekos. Daripada jajan di luar yang berisiko berpapar virus, memasak sendiri dengan rice cooker bisa jadi pilihan.

Berikut 3 resep resep masakan praktis yang bisa Anda coba hanya dengan menggunakan rice cooker, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

Jadi Misteri, Tiga Wabah Aneh Ini Belum Terpecahkan

1. Makaroni keju

Bahan :

-keju

-susu

-bumbu penyedap

-bawang putih

-mentega dan

air mineral.

Cara Membuat :

Pertama, rebus air dalam rice cooker hingga mendidih, kemudian masukkan makaroni, tunggu hingga makaroni matang, tiriskan.

Kedua, cuci terlebih dahulu panci rice cooker tunggu hingga ia kering, kemudian panaskan lagi di dalam mesin rice cooker.

Ketiga, panaskan mentega, masukkan irisan bawang putih sesuai selera, direkomendasikan hanya setengah siung bila untuk penyajian satu porsi,.  Tuangkan susu cair 250 mili liter untuk satu porsi, dan masukan irisan keju, aduk hingga semua bahan tercampur. Tunggu sampai matang dan siap disajikan.

Ilmuwan Inggris Sebut Virus Corona Bertahan di Udara Lebih dari 1 Jam

2. Omelet

Telur merupakan makanan yang paling digemari karena terbilang mudah didapat, harga terjangkau, serta cara buat yang terbilang praktis. Biasanya anak kos membuat omelet yang berbahan mie dan telur. Sebagai tambahan, bisa juga ditambah menggunakan seperti sosis, otak-otak, atau sayuran lainnya. Caranya cukup mudah.

Pertama, rebus mie di dalam rice cooker bersamaan dengan tambahan sesuai selera. Kedua, setelah mendidih, aduk rebusan mie dengan bumbu dan telur. Ketiga, goreng adonan omelet tersebut ke dalam rice cooker yang sudah dipanasi dengan minyak, masak hingga terkihat menguning dan tercium bau harum.

3. Sup ayam

Siapkan bahan seperti ayam, kol, wortel, kentang, seledri, daun bawang, bawang putih, lada, dan bumbu penyedap rasa. Cuci semua bahan, potong kecil-kecil sayuran. Panaskan rice cooker, tuangkan sedikit minyak, tuangkan air secukupnya, masukkan semua bahan dan bumbu yang telah disiapka, tunggu hingga matang. Sup Ayam siap disantap. Sebenarnya tidak hanya sup ayam, masih ada jenis sayuran lainnya yang bisa kamu coba untuk kamu olah dengan cara yang sama. Praktis bukan?

Tidak perlu bingung lagi apabila ingin membuat makanan atau lapar ketika malam dan tidak ada kompor. Kalian bisa menggunakan rice cooker untuk berbagai keperluan memasak. Masih ada banyak menu lagi yang bisa kalian coba loh selain menu yang dipaparkan tersebut. Resep di atas bisa kalian coba jika kakian mau yang antiribet dan tentunya hemat di kantong. Selamat mencoba!

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.