Momen Ulang Tahun Jokowi Sejak Wali Kota hingga Presiden

Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo pada 2012 lalu merahasiakan kado istimewa yang diberikan istrinya Iriana Jokowi.

JEDA.ID–Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-58 pada Jumat (21/6/2019).  Beragam momen menarik dalam ulang tahun Jokowi itu terjadi sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden.

Jokowi dalam berbagai kesempatan mengaku tidak pernah merayakan ulang tahun. Sejak menjadi Wali Kota Solo, pria kelahiran Solo, 21 Juni 1961 ini mengatakan tidak pernah menggelar acara khusus untuk memperingati hari ulang tahun. Begitu pula saat menjadi Presiden, dia tidak ada pesta khusus dalam perayaan ulang tahunnya.

“Terima kasih untuk segala perhatian, doa, dukungan, dan amanah yang tercurah dari seluruh rakyat kepada saya dan keluarga. Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur ke hadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita semua. Sekali lagi, terima kasih,” kata Jokowi lewat akun Instagramnya @jokowi.

Berikut sejumlah momen menarik ulang tahun Jokowi yang dihimpun jeda.id, dari beberapa sumber.

Bingung Ditanya Harapan

Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo pada 2011 lalu sempat ditanya wartawan mengenai harapannya di hari ulang tahun. Namun, Jokowi justru hanya tersenyum-senyum. Jokowi bahkan terlihat bingung memilih kata-kata untuk menjawab pertanyaan wartawan tersebut.

“Apa ya? Wong saya ini memang enggak pernah merayakan ulang tahun . Jadi ya bagi saya biasa-biasa saja,” jawab Jokowi santai disambut tawa sejumlah wartawan sebagaimana dikutip dari Solopos.com.

Kejutan dari Kolega

jokowi

Kejutan ulang tahun Jokowi di Pemkot Solo pada 2012 (Solopos)

Sejumlah pejabat di Pemkot Solo pada 2011 lalu memberikan kejutan kepada Jokowi saat hari ulang tahunnya. Wakil Wali Kota (Wawali) Solo kala itu, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy) beserta jajaran pejabat dan staf Pemkot Solo, sengaja mendatangi rumah dinas Wali Kota di Loji Gandrung. Mereka memberikan ucapan selamat kepada Jokowi.

Kejutan serupa juga terjadi pada 2012 lalu. Rudy dan jajaran pejabat Pemkot Solo mendatangi Loji Gandrung memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Tak lupa pula ada roti peringatan ulang tahun ke-51 Jokowi.

Rahasia Kado Iriana

Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo pada 2012 lalu merahasiakan kado istimewa yang diberikan istrinya Iriana Jokowi. Jokowi hanya menjawab singkat, ”Masa ya harus diceritakan?” katanya sambil tertawa.

Sedangkan pada 2017 lalu saat Jokowi menjadi Presiden, Iriana mengaku tidak memberikan kado kepada suaminya. Bahkan, dia mengaku tidak memberikan ucapan selamat ulang tahun. “Enggak ada ngasih-ngasih [kado]. Enggak ngucapin juga saya, enggak pernah,” kata Iriana di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017), sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Tumpengan di Solo

ulang tahun jokowi

Tumpengan saat perayaan ulang tahun Jokowi di DPC PDIP Solo pada 2014 (Solopos)

Warga Solo beberapa kali menggelar acara tumpengan saat Jokowi berulang tahun. Pada 2014 lalu, saat Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. DPC PDIP Solo menyiapkan 2.041 tumpeng dalam acara itu.

21 Juni menjadi momentum istimewa bagi PDIP. Tanggal itu bukan saja hari kelahiran Jokowi, tetapi juga hari wafatnya Presiden Soekarno. Angka-angka di hari ulang tahun (ultah) ke-53 Jokowi itu diwujudkan dalam jumlah tumpeng nasi gudangan dan telur yang bertabur hiasan Merah Putih dan gambar Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

Pada 2019, warga juga menggelar tumpengan. Acara digelar di halaman Pasar Gede Solo, Jumat (21/6/2019). Ada 10 tumpeng nasi kuning yang disiapkan dalam acara yang dihadiri ratusan warga.

Trending di Medsos

Ulang tahun Jokowi dipenuhi dengan berbagai ucapan yang diungkapkan oleh warganet melalui #HBD Jokowi, #HDB58PRESIDENJOKOWI, dan Selamat Ulang Tahun. Tagar ini menjadi trending topic di berbagai media sosial bahkan dunia, salah satunya Twitter.

“Selamat ulang tahun Presiden ku bapak @jokowi sehat terus ya pak,dan tetap tabah dalam menghadapi segala persoalan yg sedang terjadi terhadap bangsa dan negara ini. Tuhan selalu menyertai anda. #HBDJokowi,” sebut akun @DolinSimbolon.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.