Memaksimalkan Media Sosial Untuk Bisnis dengan Strategi Ini

Jika Anda punya bisnis dan akun media sosial, maksimalkan media sosial milik Anda. Dengan maksimalkan media sosial milik Anda, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda.

JEDA.ID-Tak hanya untuk bersenang-senang, media sosial juga ampuh digunkan untuk memaksimalkan bisnis. Jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang, tak ada salahnya memaksimalkan media sosial.

Selain dapat memperkuat brand awareness produk, penggunaan media sosial juga ampuh meningkatkan penjualan bisnis Anda. Tips bisnis kali ini adalah cara maksimalkan media sosial untuk mendongkrak performa bisnis Anda.

Dilansir dari laman Liputan6.com dan dari berbagai sumber, berikut beberapa strategi mengembangkan bisnis dengan memaksimalkan media sosial Anda :

Pastikan Tujuan dan Target

Setiap bisnis tentu memiliki tujuan spesifik. Baik untuk mencari profit, menyejahterkan suatu kelompok, atau nirlaba. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan bisnis. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada sajian informasi yang akan ditampilkan di media sosial.

Selain itu, tentukan pula target audiens yang hendak dituju. Target audiens akan menentukan media sosial apa yang dipilih untuk mengembangkan bisnis. Anda tidak perlu membuat banyak akun media sosial. Cukup satu saja namun terfokus pada target yang hendak dituju. Misalnya Anda memiliki bisnis dalam bidang konsultasi hukum. Baiknya Anda menggunakan LinkedIn untuk mencari jejaring yang lebih luas dan professional sesuai jasa yang Anda tawarkan.

Bangun Reputasi Bisnis

Image yang ditampilkan sangatlah penting. Tampilan yang baik harus mampu membuat orang teringat akan produkmu walaupun mereka hanya melihat sebentar. Selanjutnya, bangun reputasi brand Anda. Namun ingat, jangan hanya terfokus pada promosi, karena akan mengganggu aktivitas orang lain saat bermedia sosial.

Waspadai Modus Penipuan Pakai Layanan PopCall

Sesekali, Anda dapat menyelingi dengan unggahan yang berkaitan dengan kepedulian Anda terhadap isu yang dihadapi oleh pelanggan. Anda juga harus responsif dalam menangani keluhan pelanggan, agar mereka merasa dihargai.

Agendakan Konten

Konten yang baik harus terencana. Buatlah kalender untuk mengagendakan kapan konten harus muncul di media sosial. Konten tak melulu tentang promosi. Bisa diselingi dengan ulang tahun tokoh terkenal yang berhubungan dengan bisnis Anda, atau sekadar konten hiburan. Dengan konten yang terencana, akun media sosial akan lebih tertata dan lebih mudah melihat informasi statistiknya.

Tidak semua konten harus original. Anda bisa mengunggah konten milik akun lain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Selain menghemat waktu, langkah ini bisa digunakan untuk menjalin kerjasama dengan akun lain. Gunakan rasio 1:4 untuk mencampur konten original dengan konten re-posting.

Gunakan Konten Visual

Rata-rata orang tertarik dengan media sosial karena konten visual yang disajikan. Oleh karenanya, manfaatkan ketertarikan ini dengan menyelipkan konten promosi dalam bentuk visual. Konten visual haruslah menghibur, mengedukasi dan menginspirasi. Anda bisa mengunggah gambar ataupun video, seperti how-to atau sekadar tips yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda.

5 Tempat Ini Mungkin Dihuni Alien, Mau Tahu Mana Saja?

Pantau Statistik Media Sosial

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah meninggalkan postingan begitu saja. Seharusnya, Anda tetap harus memantau statistik media sosial. Hal ini penting agar mengetahui apakah konten yang dimunculkan mendapat respon positif atau negatif, apakah konten sudah cocok dengan target audiens, dan lain sebagainya. Manfaatkan analystic tools media sosial untuk membantu memantau pergerakan media sosial bisnis Anda.

Gunakan Call To Action Pada Konten Media Sosial

Seperti halnya pada pada situs atau blog, CTA juga penting diterapkan pada konten media sosial. Dengan menggunakan CTA, secara tidak langsung Anda dapat memberitahu pengguna apa yang perlu mereka lakukan setelah melihat konten media sosialmu. Jika Anda ingin mereka mengunjungi situsmu, bisa gunakan kalimat ‘klik di sini untuk informasi lebih lanjut’. CTA juga dapat berupa kalimat tanya yang dapat mengundang engagement.

Hashtags yang Tepat

Hashtags yang tepat dapat membuat orang lain menemukan akun bisninmu dengan cepat. Dengan begini, Anda akan lebih cepat menggaet audiens baru. Namun, pastikan hashtags yang digunakan sudah tepat dan tidak berlebihan. Cukup gunakan dua hashtags saja, dan gunakan tools seperti ritetag.com. untuk memudahkan dalam menentukan hashtags yang tepat.

Manfaatkan iklan berbayar

Kunci dari pemasaran yang efektif terletak pada keaktifan dalam menggaet minat calon pelanggan. Agar bisnis cepat berkembang, Anda dapat memanfaatkan iklan berbayar. Pasanglah iklan di banyak situs strategis lain yang kemungkinan besar akan dikunjungi pelanggan potensialmu. Anggaplah ini sebagai investasi bisnis yang nantinya akan berbuah manis.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.