Layanan Streaming Tumbuh Subur, Yuk Intip Konten dan Harganya

Layanan streaming menjadi salah satu sarana hiburan masyarakat. Tidak heran bila layanan streaming ini tumbuh subur di masa pandemi Covid-19.

JEDA.IDPlatform layanan streaming video on demand (SVoD) menjadi salah satu sarana hiburan masyarakat Tanah Air selama beraktivitas di rumah. Tidak heran bila layanan streaming ini tumbuh subur di masa pandemi Covid-19.

Melansir businessinsider, dengan 183 juta pelanggan di seluruh dunia, Netflix menjadi juara streaming dalam sisi basis pelanggan. Tetapin, Amazon Prime Video memiliki keunggulan dari sisi konten paling banyak.

Adapun pasar pun makin meriah dan memiliki lebih banyak opsi menonton daripada sebelumnya. Pendatang baru seperti Disney Plus dan Apple TV Plus diluncurkan pada November dan HBO Max diluncurkan Agustus lalu, terjun ke perang streaming yang sudah kompetitif yang mencakup Netflix, Prime Video, dan Hulu yang dioperasikan oleh Disney.

Indonesia pun memiliki layanan streaming lokal seperti Vidio, Genflix dan GoPlay.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mencari layanan streaming, tak ada salahnya mengetahui konten dan harga dari setiap platform. Melansir bisnis.com, Jumat (11/9/2020), berikut ini perbandingan layanan dan harga setiap penyedia layanan streaming:

Netflix

Layanan ini membanderol harga rentang harga mulai dari Rp54.000 hingga Rp186.000 per bulan. Netflix pun membagi setiap pilihan untuk pelanggan dengan empat kategori mulai dari Mobile hingga Premium, dimana pada paket premium dapat dinikmati di empat perangkat sekaligus. Jadi setiap anggota keluarga bisa menonton film atau serial yang berbeda-beda.

Dari sisi konten film, Reelgood menyebutkan bahwa Netflix memiliki total 3.781 film dengan menghadirkan 424 konten yang memiliki film ‘kualitas tinggi’ atau film dengan rating 7,5 atau lebih tinggi di IMDb. Adapun untuk konten acara TV, Netflix memiliki 1.940 konten yang tersedia

Amazon Prime

Dari sisi harga, Amazon prime di Indonesia membanderol harga pada paket langganannya sebesar Rp44.000 untuk enam bulan pertama. Kemudian, pada bulan ketujuh dan seterusnya konsumen cukup membayar harga di Rp88.000, sehingga total harga yang dibanderol sekitar Rp 810.000 per tahun.

Dari sisi konten film, Amazon Prime memiliki keunggulan dari sisi konten paling banyak, yakni sebanyak 12.828 film dengan 568 konten film yang memiliki film ‘kualitas tinggi’ atau film dengan rating 7,5 atau lebih tinggi di IMDb.

Adapun untuk konten acara TV, Amazon memiliki 1. 2.220 konten yang tersedia sehingga dapat dikatakan Prime Video juga memiliki acara TV paling banyak.

Disney Plus Hotstar

Sebagai pendatang baru, Disney+ (Plus) Hotstar menawarkan harga paling murah dengan basis paket bulanan dan tahunan. Di Indonesia, untuk bisa mengakses konten eksklusif Disney Plus, jumlah biaya berlangganannya per bulan adalah Rp39.000 dan untuk biaya per tahun adalah Rp 199.000.

Dari sisi konten film, Reelgood menyebutkan bahwa Disney+memiliki total 615 film dengan menghadirkan 83 konten yang memiliki film ‘kualitas tinggi’ atau film dengan rating 7,5 atau lebih tinggi di IMDb. Adapun untuk konten acara TV, Netflix memiliki 235 konten yang tersedia.

Kabar Baik! Ilmuwan Ciptakan Jaringan Internet Aman dari Hacker

Adapun Disney+ menghadirkan konten kreasi Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, National Geographic, dan lainnya, termasuk akses eksklusif ke Disney+ Originals, seperti The Mandalorian, sebuah serial live-action Star Wars pertama.

VIU

Layanan yang terkenal dengan konten dari Korea Selatan ini memiliki sejumlah paket langganan dengan lama waktu. Misalnya, satu pekan dengan harga Rp10.000. Pelanggan bisa merogoh kocek Rp30.000 untuk satu bulan. Sedangkan, untuk peminat yang ingin berlangganan enam bulan dapat membayar Rp100.000.

Iflix

Layanan streaming Vod yang bermarkas besar di Kuala Lumpur, Malaysia ini memiliki sejumlah konten yang bisa diakses gratis. Tetapi, layanan itu juga memiliki paket dengan waktu berlangganan, terdapat paket VIP harian dengan Rp1.900, VIP Mingguan dibanderol Rp9.900, VIP bulanan Rp39.000 dan VIP Tahunan Rp374.400.

Goplay

GoPlay menjadi pemain lokal yang bergabung ke industri VoD Indonesia sejak September 2019. Platform bentukan Gojek ini telah bekerja sama dengan beberapa rumah produksi lokal untuk menciptakan konten adaptasi, seperti Gossip Girl Indonesia dan serial orisinal Saiyo Sakato dan Tunnel.

Meskipun tergabung dalam ekosistem Gojek, GoPlay menggunakan aplikasi terpisah. Harga langganannya  Rp89.000 per bulan, dan Rp60.000 per dua pekan, yang dapat melalui  GoPay.

Vidio

Vidio sebelumnya merupakan platform berbasis user generated content (UGC) yang bertransformasi menjadi platform VoD. Platform milik Emtek Group itu memiliki pendekatan yang berbeda, dengan menyasar penikmat konten televisi.

Dari sisi harga, Vidio memiliki dua jenis paket premium yaitu premier gold dengan harga Rp19.000 per bulan dan premier platinum seharga Rp29.000 per bulan.

Perhatikan Tips Menghadapi Atasan Buruk Ini Agar Karier Aman

Adapun dari sisi konten, Vidio memiliki empat konten andalan, seperti sinetron, drama percintaan remaja, liga olahraga, hingga koleksi film komedi seperti Warkop DKI.

Genflix

Genflix merupakan layanan streaming film buatan negeri, dengan harga langganan Rp49.000 per bulan  dengan sistem pembayaran melalui berbagai cara, mulai dari transfer bank hingga membayar di kantor pos.

Adapun Genflix memiliki keunggulan dalam memberikan ruang bagi sineas perfilman lokal melalui kategori koleksinya bernama Indonesia Indie Corner dan Film Pendek Indonesia

Koleksi film dalam Genflix akan berubah tiap bulan, serta terdapat konten yang sangat lokal, seperti konten dalam bahasa Jawa.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.