• Tue, 25 January 2022

Breaking News :

Lagi Bokek, Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Minim Modal

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi dunia terguncang, penghasilan masyarakat menurun drastis, bahkan banyak kehilangan pekerjaannya.

JEDA.ID- Pandemi Covid-19 membuat ekonomi dunia terguncang, penghasilan masyarakat menurun drastis, bahkan banyak kehilangan pekerjaannya.

Di masa sulit sekarang ini tentu banyak masyarakat yang mencoba mencari pemasukan tambahan dengan modal seminim mungkin.

Pakar marketing Hermawan Kartajaya mengatakan jangan bermimpi jika ingin memiliki usaha dengan modal dengkul. Semua bisnis pasti membutuhkan modal. Untuk kondisi saat ini dia menyarankan untuk menjadi penjual lepas atau sales.

“Kalau modal dengkul ya mendingan jangan buka bisnis, lebih baik jadi sales aja. Itu kan juga entrepreneur juga, jual asuransi misalnya. Itu kan sistemnya sudah ada. Kalau buka bisnis baru itu susah, lah wong orang yang punya jiwa pengusaha saja belum tentu berhasil kok,” tuturnya seperti dilansir detikcom, Jumat (21/6/2020).

Menjalani pekerjaan sebagai sales di kondisi saat ini ada 2 jenis yang dia nilai sangat tepat, sales asuransi dan ikut anggota MLM. Kedua pekerjaan itu bisa dijalani dengan modal yang sangat minim.

“Itu pun nggak gampang, sering ditolak-tolak ya jangan gampang sakit hati,” tambahnya.

Intinya, untuk menjadi sales harus memiliki mental baja dan tidak mudah menyerah. Selain itu harus memiliki jaringan yang luas.

Pernah Diremehkan, 10 Tokoh Fenomenal Ini Berhasil Guncang Dunia

Butuh Ilmu

Memang, menjadi sales juga dibutuhkan ilmu. Namun di era saat ini pelatihan untuk menjadi sales bahkan bisa didapat secara gratis di Youtube.

Untuk asuransi, Hermawan menyarankan jadi sales asuransi jiwa yang tengah digandrungi di masa pandemi. Sedangkan untuk MLM, dia menyarankan untuk memilih MLM yang memang memiliki produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

“Banyak yang maksa-maksa MLM itu. Tapi tidak semua MLM jelek, yang penting produknya jangan uang. Tapi kalau memang produknya benar-benar bagus seperti vitamin itu tidak apa-apa, itu pasti laku. Apalagi yang meningkatkan imunitas,” tuturnya.

Pekerjaan sebagai sales sangat bergantung kepada kinerja dan tidak ada gaji atau pemasukan pasti. Itu artinya menjalani profesi ini sangat bergantung dari kegigihan masing-masing individu.

Tips Menjadi Sales

Meski begitu ada tips yang diberikan Hermawan jika ingin sukses menjadi sales.  Hermawan pun memberikan tips, untuk menjadi sales yang baik harus menguasai customer knowledge. Itu artinya seorang sales harus memahami apa yang menjadi kebutuhan customernya.

“Namanya jualan ya sebetulnya selling itu kan make people buy. Membuat orang lain mau membeli, itu otomatis customer number one. Jadi bukan product knowledge saja, tapi juga customer knowledge,” terangnya.

Menurutnya banyak sales yang justru keliru dengan hanya menguasai produknya saja atau product knowledge. Jika dia menghadapi target yang tidak membutuhkan produk itu maka tenaga yang dikeluarkan untuk menawarkan produk akan terbuang percuma.

“Banyak yang keliru memang, ketika orang sudah menguasai product knowledge terus dia ngoceh-ngoceh tawarin produknya maka orang akan beli, kan tidak. Si customernya butuh atau tidak, apa lagi masa pandemi saat ini semua orang sedang berhemat. Paling hanya alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, obat-obatan,” tuturnya.

Memang, menjadi sales juga dibutuhkan ilmu. Terkadang ada pelatihan yang harus dibayar untuk mendapatkan ilmu sales. Namun di era saat ini pelatihan untuk menjadi sales bahkan bisa didapat secara gratis di Youtube

Cari Uang dari Internet

Selain pekerjaan yang dilakukan secara offline, sat ini semakin banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dengan mudah dari Internet. Baik itu untuk mencari uang bulanan tambahan atau hasil yang sifatnya jangka panjang, ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari Internet.

Tapi, jika kalian ingin mencari uang dari Internet sebaiknya kalian berhati-hati dengan platform yang hendak digunakan. Karena saat ini juga banyak bentuk penipuan online mengincar mereka yang tidak berhati-hati.

Selain itu, jangan langsung berharap bahwa kalian akan langsung mendapatkan banyak uang dalam waktu yang singkat. Berikut adalah 11 cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang dirangkum dari detikcom dan sumber lain.

Bisa Ungkap Kepribadian, Ini Makna Berbeda Tiap Sidik Jari Manusia

1. Freelance

Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan pekerjaan freelance untuk berbagai jenis skill seperti menulis, menerjemahkan, desain dan lain-lain. Sebut saja Fiverr, Sribulancer, Upwork dan masih banyak lagi.

Lewat situs ini, kalian bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill kalian dan mendaftar untuk pekerjaan tersebut. Jika kalian dipilih oleh klien, kalian bisa mendapatkan bayaran sekitar USD 5-100 per pekerjaan.

2. Blogging

Blogging bisa saja berawal dari hobi dan berkembang menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Saat ini sudah banyak blogger profesional yang mendapatkan uang dari internet, baik dari iklan dan monetisasi, review produk dan lain-lain.

3. Isi survei online

Saat ini ada beberapa situs yang menawarkan survei online berbayar. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengetahui opini tentang produk terbaru mereka.

Tapi kalian harus berhati-hati karena ada beberapa layanan yang meminta detail rekening bank terlebih dahulu saat pendaftaran. Jika ragu dengan keamanan dan reputasi situs yang ingin kalian gunakan, sebaiknya riset lebih dalam lagi.

4. Tutor online

Jika kalian jago di mata pelajaran tertentu, kalian bisa menjajal jadi tutor online. Dengan cara ini, kalian bisa membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah mereka secara online.

Saat ini layanan les online seperti Ruang Guru dan Quipper banyak membuka lowongan untuk tutor online. Kalau memang sudah jago, kalian bisa mendapatkan uang dari internet tanpa modal apa-apa kecuali keahlian kalian.

Sisi Lain Achmad Yurianto, Cinta Batik hingga Fotografi

5. Buat website sendiri

Jika ingin naik kelas dari blogging, kalian bisa mencoba untuk membuat website sendiri. Isi website kalian bisa bermacam-macam, tergantung dari relevansi dan ketertarikan kalian.

Jika website kalian sudah jadi, daftarkan ke Google AdSense agar bisa mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di website kalian. Semakin banyak orang yang mengunjungi website kalian, semakin besar potensi untuk mendapat uang yang banyak dari Google.

6. Jadi Youtuber

Kalau lebih percaya diri di depan kamera, kalian bisa membuat akun YouTube dan membahas topik yang menarik. Sudah banyak tips di luaran sana untuk membuat kanal YouTube yang populer untuk pemula yang bisa kalian tiru.

Jangan lupa daftarkan kanal kalian ke Google AdSense. Semakin banyak subscriber dan orang yang menonton video kalian, semakin banyak uang yang bisa kalian raih.

7. Afiliasi

Jika website kalian sudah berjalan, coba ikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan. Cara ini memungkinkan perusahaan untuk menyematkan tautan produk mereka ke situs kalian. Jika produk tersebut diklik dan dibeli oleh pengunjung situs kalian, kalian bisa mendapatkan uang.

8. Jual stock foto

Kalau kalian punya hobi dan skill fotografi, kalian bisa menjual hasil jepretan sebagai stock foto di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain. Cara ini tentu terbilang mudah untuk mendapatkan uang dari internet bagi pemula.

9. Jadi influencer

Media sosial juga bisa menjadi wahana untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Dengan bermodal follower yang banyak, influencer bisa bekerjasama dengan perusahaan ternama untuk endorsement produk yang dijamin bisa menghasilkan uang dengan mudah.

10. Jualan online

Cara mendapatkan uang dari internet yang terbilang konvensional adalah dengan berjualan online. Kalau kalian punya kemampuan membuat pernak-pernik, makanan atau semacamnya kalian bisa menjualnya lewat marketplace online yang ada di Indonesia atau lewat media sosial.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.