Kota-Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Termahal & Termurah

Biaya hidup murah di sejumlah kota di dunia tidak selalu berujung bahagia.

JEDA.ID–Biaya hidup kerap menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk tinggal di suatu daerah. Economist Intelligence Unit (EIU) mengukur biaya hidup termurah dan termahal di dunia.

EIU dalam laporan Worldwide Cost of Living 2019 yang dikutip, Sabtu (14/9/2019), menyebutkan Singapura sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia. Singapura mendapatkan skor 107 bersama Paris, Prancis, dan Hong Kong.

Sedangkan kota dengan biaya hidup termurah di dunia adalah Caracas, Venezuela dengan skor 15. Dalam laporannya EIU memberikan gambaran tentang biaya hidup di kota-kota termurah dan termahal di dunia.

Di Singapura misalnya yang menjadi kota dengan biaya hidup termahal, harga 1 kilogram roti adalah US$3,40. Bila menggunakan kurs Rp14.200, harga 1 kg roti adalah Rp48.280.

Untuk urusan harga 1 kg roti, paling mahal ada di Seoul, Korea Selatan. Di kota dengan biaya hidup termahal ke-7 di dunia ini, harga 1 kg roti mencapai Rp221.000.

Selain harga roti, EIU juga memberikan gambaran lainnya misalnya harga bir, biaya potong rambut untuk perempuan, sampai harga dua setelan pakaian laki-laki untuk kerja.

EIU menyebutkan biaya potong rambut perempuan di New York yang menjadi kota dengan biaya hidup termahal ke-9 cukup fantastis. Perempuan New York harus mengeluarkan US$210 atau Rp2,98 juta untuk potong rambut.

”Dampak inflasi tinggi dan denominasi mata uang tercermin dalam rata-rata biaya hidup tahun ini,” sebut EIU.

Murah Bukan Jaminan Bahagia

Biaya hidup termurah di dunia

Kawasan padat penduduk di Venezuela (Freepik)

Bagaimana dengan kota dengan biaya hidup termurah di dunia. EIU menyatakan Caracas berada di puncak untuk kota dengan biaya hidup termurah di dunia. Penduduk kota di Venezuela ini mengeluarkan sekitar Rp10.000 untuk 1 kg roti.

Untuk potong rambut, perempuan di Caracas juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Di kota ini biata potong rambut perempuan sekitar US$1,77 atau setara Rp25.000.

Namun, EIU mengingatkan biaya hidup murah di sejumlah kota di dunia tidak selalu berujung bahagia. Seperti yang diperlihatkan Damaskus di Suriah dan Caracas saat semakin banyak lokasi menjadi lebih murah karena dari dampak gangguan politik atau ekonomi.

Kondisi yang sama untuk beberapa kota di Asia Selatan. Kota dengan biaya hidup murah juga cenderung tidak layak ditinggali.

”Ketidakstabilan politik menjadi faktor yang semakin menonjol dalam menurunkan biaya hidup rata-rata. Ini berarti bahwa ada elemen risiko yang cukup besar di beberapa kota termurah di dunia,” tulis EIU.

Berikut perincian 10 kota dengan biaya hidup termahal dan termurah versi Economist Intelligence Unit.

Biaya Hidup Termahal

1.Singapura

2.Paris, Prancis

3.Hong Kong

4.Zurich, Swiss

5.Genewa, Swiss

6.Osaka, Jepang

7.Seoul, Korea Selatan

8.Kopenhagen, Denmark

9.New York, AS

10 Tel Aviv, Israel

Biaya Hidup Termurah

1.Caracas, Venezuela

2.Damaskus, Suriah

3.Tashkent, Uzbekistan

4.Almaty, Kazakhstan

5.Bangalore, India

6.Karachi, Pakistan

7.Lagos, Nigeria

8.Buenos Aires, Argentina

9.Chennai, India

10.New Delhi, India

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.