Ketahui Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas, Supaya Tidak Kena Tipu

Membeli laptop bekas berkualitas menjadi pilihan tepat untuk menghemat uang. Namun saat membeli laptop bekas, Anda harus hati-hati.

JEDA.ID—Membeli laptop bekas berkualitas menjadi pilihan tepat untuk menghemat uang di masa pandemi corona seperti sekarang ini. Agar tidak kena tipu, Anda harus tahu tips membeli laptop bekas berkualitas.

Ya, di era pandemi yang membuat aktivitas bekerja dan sekolah di rumah saja seperti saat ini, laptop saat ini telah menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Namun membeli laptop baru jelas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Alternatif terbaik adalah membeli laptop bekas berkualitas. Jangan malu membeli laptop bekas karena masih banyak kok laptop bekas berkualitas baik.

Tapi membeli laptop bekas cukup menghawatirkan. Karena banyak penjual ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak semestinya. Tidak sedikit penjual mengatakan laptop bekas masih berkualitas padahal bisa jadi laptop telah rusak.

Virus Corona Bertahan Hidup di Benda Mati, Ini Catatan Waktunya

Lalu bagaimana caranya membeli leptop bekas dengan kualitas bagus dan harga terjangkau? Tips keuangan kali ini membahas tips membeli laptop bekas. Dilansir dari Liputan6.com, Jumat (16/10/2020), berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan saat membeli laptop bekas agar tidak kena tipu.

1. Beli dari teman tepercaya

Sebelum Anda memutuskan untuk menyelami berbagai forum jual beli atau e-commerce, Anda bisa memulai mencari laptop bekas dari teman-teman Anda terlebih dahulu. Barangkali di sekitar Anda ada orang yang ingin menjual laptopnya.

Dengan melakukan hal ini, selain Anda membantu perekonomian teman Anda, membeli laptop dari orang-orang terdekat anda biasanya juga lebih menjamin unit yang akan Anda beli.

2. Gunakan sistem COD

Jika opsi pertama tidak bisa dilakukan, maka Anda bisa pergi ke forum jual beli daring yang biasanya menawarkan banyak barang bekas. Namun, sebelum Anda ketok palu atau bertransaksi, lebih baik Anda bertemu langsung dengan sang penjual agar bisa mengecek unitnya secara langsung.

RI Jadi Negara Paling Rumit untuk Berbisnis, Ini Penyebabnya

Dengan hal ini juga bisa membuat Anda meminimalisir resiko penipuan yang banyak terjadi di forum jual beli barang bekas. Dengan mencoba performa laptop tersebut terlebih dahulu, Anda juga bisa lebih yakin dan mantap dalam membuat keputusan.

3. Pilih penjual e-commerce yang terverifikasi

Jika Anda tidak menemui banyak barang yang cocok di forum jual beli, maka pilihan selanjutnya Anda bisa mencari laptop yang anda butuhkan di e-commerce. Disini, akan terdapat lebih banyak pilihan barang dan harga yang bervariasi. Namun, anda harus benar-benar teliti sebelum membeli. Pastikan penjual barang yang akan anda beli sudah memiliki akun yang terverifikasi.

4. Periksalah Hardware serta Software pada laptop

Ketika memutuskan untuk membeli laptop bekas secara langsung, maka anda akan lebih mudah untuk memeriksa kondisi laptop.

Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli laptop:
– Pastikan sistem operasi pada laptop aktif dan asli
– Lihat apakah terdapat kerusakan yang nampak pada laptop
– Cek port dan drive optik
– Pastikan keyboard dan trackpad berjalan sesuai fungsi dan tidak ada yang mati
– Jalankan webcam untuk memastikan kualitasnya
– Lihat kualitas speaker dengan memutar audio
– Lihat LCD pada laptop dan pastikan tidak ada pixel dead (kerusakan pada LCD)
– Pastikan laptop dapat terhubung dengan Wi-Fi atau jaringan internet lainnya
– Pastikan hardisk pada laptop memiliki kapasitas sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan
– Cek jenis dan ukuran RAM
– Pastikan pula baterai dan charger pada laptop berfungsi dengan baik.

5. Periksa kesesuaian spesifikasi laptop

Ketika Anda sedang mengecek unit laptop yang hendak dibeli, maka jangan lupa untuk memeriksa apakah spesifikasinya sesuai dengan yang disebutkan penjual atau tidak. Hal ini bisa anda cek ketika anda memeriksa bagian setting, atau buka command run (tekan tombol Start + R di keyboard), ketik ‘dxdiag’, lalu tekan enter.

6. Riset harga laptop bekas dan baru

Salah satu aspek terpenting saat membeli laptop bekas adalah anda harus memastikan harga pasaran dari unit yang akan anda beli. Jika unit tersebut berada jauh di bawah harga pasaran maka Anda harus mencurigainya. Hal ini juga bisa mencegah Anda untuk membeli dengan harga yang terlalu mahal.

Telur Asin Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Ini Sejarah Telur Asin Brebes

Maka dari itu, ada baiknya jika sebelum membeli, Anda melalukan riset kecil-kecilan untuk membandingkan harga laptop dan spesifikasi tertentu dalam kondisi bekas dan baru. Sehingga Anda mengetahui harga laptop yang semestinya untuk menghindari praktik penipuan.

7. Cari laptop dengan masa pakai di bawah satu tahun

Makin lama masa pakai laptop tersebut, maka akan semakin murah. Hal ini lantaran laptop dengan masa pakainya yang sudah terlalu lama bisa berpotensi mengalami banyak kerusakan di bagian tertentu. Maka dari itu, ada baiknya jika anda membeli laptop bekas dengan masa pakai yang masih dilindungi oleh garansi. Sehingga bisa menjamin kualitas dari unit tersebut.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.