• Wed, 8 February 2023

Breaking News :

Jarang Orang Tahu, Ada Fungsi Tersembunyi pada Benda-Benda Ini

 Meski terlihat kecil dan kadang diabaikan, fitur yang dibuat oleh produsen produk tersebut punya maksud tertentu yang mungkin belum dipahami konsumen.

JEDA.ID –  Fitur yang ada pada setiap benda tentu memiliki kegunaannya masing-masing. Meski terlihat kecil dan kadang diabaikan, fitur yang dibuat oleh produsen produk tersebut punya maksud tertentu yang mungkin belum dipahami konsumen. Saking sepelenya, kadang kita juga tidak pernah memakai fitur tersebut.

Di samping fungsi utamanya, beberapa benda juga memiliki fungsi tersembunyi yang kadang orang belum tahu. Biasanya karna bentuknya yang kecil atau desainnya yang sudah umum, konsumen biasa mengabaikannya. Padahal beberapa fitur tersebut memiliki fungsi yang cukup penting hlo.

Berikut ini fungsi beberapa fitur tersembunyi pada barang sehari-hari seperti dilansir dari berbagai sumber:

Sebaiknya Hindari, Ini 9 Tanda Pria Toxic yang Bikin Kamu Terpuruk

Label Belakang Sepatu

Tidak hanya untuk desain saja, label yang biasa ditemukan pada belakang sepatu ternyata berfungsi untuk mempermudah masuknya kaki lho. Melansir Liputan 6 dari Bright Side, Sabtu (20/6/2020) label ini juga berguna untuk mengikat kelebihan tali sepatu dan juga sebagai tempat menggantung sepatu saat Anda menjemurnya.

Lapisan Karet Penutup Botol

Kalau Anda sering membeli minuman bersoda, coba perhatikan karet yang berada di penutup botolnya. Ternyata karet tersebut memiliki fungsi yang penting lho, yakni untuk menahan gas pada minuman berkarbonasi agar tidak cepat menguap.

Lubang Kecil pada Gembok

Lubang kecil pada kunci (istimewa)

Lubang kecil pada kunci (istimewa)

Pernahkah Anda memperhatikan detail pada gembok? Kalau ya, tentu Anda akan melihat lubang kecil pada bagian bawahnya. Lubang ini nyatanya berfungsi untuk mencegah uap air agar tidak membuat gembok cepat berkarat pada cuaca lembab. Jadi kalu sudah terlanjur macet, Anda bisa memasukan sedikit pelumas pada lubang untuk melancarkan kembali kunci gembok.

Tonjolan pada Huruf F dan J di Keyboard

Kalau diperhatikan, detail pada keyboard komputer maupun laptop Anda pasti memiliki tonjolan pada huruf F dan J. Sebenarnya tujuan adanya tonjolan tersebut untuk memudahkan Anda memposisikan jari pada papan keyboard tanpa harus melihatnya.

Lubang di Tangkai Lolipop

Mungkin fitur ini sering diabaikan konsumen karena desainnya yang dianggap umum. Namun ternyata lubang pada tangkai lollipop memiliki fungsi tersembunyi lho. Ini memudahkan karamel panas untuk masuk ke dalam lubang dan mengikat permen lollipop. Jadi tanpa adanya lubang tersebut, permen lollipop mungkin tidak akan bertahan pada tangkainya.

Lubang Kecil pada Iphone

Lubang Kecil pada Iphone. (Liputan 6)

Lubang Kecil pada Iphone. (Liputan 6)

Apakah Anda termasuk pengguna iPhone? Tentu Anda tahu kalau ada lubang kecil di antara kamera dan flashnya. Melansir dari salah satu sumber, lubang ini sebenarnya adalah mikrofon. Mikrofon tersebut berfungsi untuk menghalau bunyi gaduh atau suara sekitar yang mengganggu.

Tanda Panah pada Indikatior BBM

Mungkin sebagian orang kurang menyadari tanda panah yang ada pada indikator BBM kendaraan mereka. Ternyata panah kecil tersebut berfungsi sebagai penunjuk lubang tangki. Jadi misalkan panahnya mengarah ke kanan, berarti lubang tangki untuk mengisi BBM juga berada di sebelah kanan badan kendaraan.

Kantung Kecil di Saku Celana Jeans

Biasanya saku pada celana jean memiliki kantung kecil lagi di dalamnya, ini berfungsi untuk menyimpat benda-benda kecil seperti cicin, gelang, bahkan arloji. Selain itu juga terdapat kancing kecil yang terdapat di tiga titik saku celana yang berfungsi untuk memperkuat kantung agar tidak mudah sobek.

Ingin Beli Rumah Saat Pandemi Covid-19? Perhatikan Tips-Tips Ini

Gerigi pada Ujung Meteran

Bagian yang bergerigi pada ujung meteran berguna untuk menggores atau menandai bidang permukaan yang di ukur, misal pada dinding, kayu atau tanah. Selain itu menandai dengan cara menggoreskan ujung yang bergerigi tersebut juga memudahkan Anda kalau tidak menemukan pulpen.

Lubang Kecil pada Tutup Kaleng Soda

Pernahkah Anda menyadari kalau lubang pada tutup kaleng soda memiliki fungsi tersembunyi? Ternyata lubang tersebut berguna sebagai tempat sedotan hlo. Jadi ini akan memudahkan sedotan untuk tidak bergeser atau berpindah tempat ketika digunakan.

Lubang Kecil pada Jendela Pesawat

Saat menaiki, pesawat apakah Anda pernah melihat lubang kecil pada jendela kaca pesawat? Jangan keburu panik, kerena sebenarnya lubang ini sengaja dibuat untuk mengatur tekanan udara dalam pesawat. Jadi selain mengatur kadar oksigen, ini juga dilakukan untuk menjaga kenyamanan penumpang.

Pangkal Tusuk Gigi

Pangkal tusuk gigi (istimewa)

Pangkal tusuk gigi (istimewa)

Banyak orang yang menaggap pangkal pada tusuk gigi merupakan desain yang unik. Melansir dari Lifebuzz, padahal ini dimaksudkan agar bagian pangkalnya dapat dipatahkan dan digunakan sebagai dudukan, saat sebelum atau sesudah makan.

Lubang pada Sisi Sepatu

Sepatu jenis ini kali pertama dirancang untuk pemain bola basket. Lubang tambahan di setiap sisinya memungkinkan ikatan tali sepatu kencang dan tidak lepas pada saat di pakai. Beberapa sepatu kets juga masih memiliki desain ini, tapi fungsinya berubah sebagai ventilasi udara.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.