• Fri, 19 April 2024

Breaking News :

Ini Daftar Dompet Digital Pilihan Utama dan Syarat Menjadi Pilihan Utama Masyarakat

Ada sejumlah poin untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu merek dompet digital.

JEDA.ID–Ada sejumlah dompet digital menjadi pilihan utama masyarakat.Kemudahan transaksi keuangan melalui dompet digital jelas menjadi salah satu pertimbangan masyarakat.

Lalu, apa dompet digital pilihan utama masyarakat? Shopee Pay menjadi pilihan utama dompet digital bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi penetrasi, pangsa pasar, hingga nilai transaksi selama 3 bulan ke belakang.

Hasil riset Ipsos menunjukkan ShopeePay berada di urutan pertama dengan 48 persen dari total pengguna dompet digital di Indonesia. Setelah itu, Ovo menyusul dengan porsi 46 persen, GoPay 35 persen, DANA 26 persen, dan LinkAja 16 persen.

Berdasarkan nilai transaksi, ShopeePay juga mencatatkan transaksi tertinggi dalam tiga bulan yakni 29 persen dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia. Kemudian ada OVO dengan nilai transaksi 27 persen, GoPay 22 persen, DANA 14 persen, dan LinkAja 7 persen.

Tujuh Gejala Covid-19 Ringan, Apa Saja?

Dari pangsa pasar nilai transaksi, ShopeePay masih menjadi merek dompet digital yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar.

Jika diperinci ShopeePay memiliki pangsa pasar 32 persen dari total nilai transaksi dompet digital di Indonesia, disusul oleh OVO 25 persen, GoPay 21 persen, DANA 14 persen, dan LinkAja 8 persen.

Adapun pada jenis penggunaan dompet digital, ShopeePay lebih banyak digunakan untuk pembayaran e-commerce.

GoPay lebih banyak digunakan untuk belanja di toko dan belanja di restoran melalui aplikasi transportasi online, serta transaksi aplikasi transportasi online itu sendiri.
Untuk Ovo, pengguna lebih sering menggunakan untuk belanja di restoran secara langsung, sedangkan DANA lebih sering digunakan untuk belanja di mal secara langsung, membayar tagihan, dan belanja di toko secara langsung.

Perusahaan market research, Ipsos Indonesia, membeberkan sejumlah poin untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu merek dompet digital.

Diet Pescatarian ala Melaney Ricardo Sebabkan Daya Tahan Tubuh Turun?

Dalam surveinya yang melibatkan 1.000 responden dan dilakukan pada 16-23 Oktober 2020, variabel yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna adalah kemudahan penggunaan, kemudahan isi saldo/top up, real time, tawaran promosi, dan banyaknya merchant offline ataupun online.

Dikutip dari Bisnis.com, Rabu (4/11/2020), hasil survei menunjukkan ShopeePay memiliki tingkat kepuasan sebanyak 82 persen, diikuti OVO 77 persen, GoPay 71 persen, DANA 69 persen, dan Link Aja 67 persen.

Ipsos Indonesia menggunakan skala 1 – 10 dalam survei, dengan nilai 1 untuk sangat tidak puas dan nilai 10 untuk sangat puas. Berikut ini rinciannya:

1. Kemudahan Penggunaan

Seperti fungsinya untuk membantu pengguna dalam transaksi pembayaran, maka sangat penting bagi pengguna untuk memilih aplikasi dompet digital yang mudah digunakan atau user friendly.
Berdasarkan hasil survei, ShopeePay dikategorikan mudah digunakan dengan persentase 85 persen, OVO 80 persen, GoPay 79 persen, DANA 77 persen, dan Link Aja 74 persen.

2. Kemudahan Top Up

Selain gampang digunakan, kemudahan isi ulang saldo juga penting bagi pengguna. Berdasarkan pengalaman responden, mereka mengakui ShopeePay paling memberikan kemudahan dengan presentasi 84 persen, GoPay 77 persen, DANA 76 persen, OVO 75 persen, dan Link Aja 72 persen.

4 Bisnis Ini Bakal Meroket Setelah Pandemi Usai

Selain itu, pada hasil survei juga diketahui bahwa frekuensi pengguna ShopeePay melakukan isi ulang saldo umumnya 2 kali setiap bulan, dengan rata-rata Rp275.000 untuk setiap isi ulang saldo.

3. Real Time

Ketika pengguna melakukan pengisian saldo ke dalam akun, ada jeda waktu antara top up dan nilai pada aplikasi dompet digital.

Dalam variabel itu, ShopeePay memiliki presentase 81 persen, OVO 80 persen, DANA 78 persen, GoPay 77 persen, dan Link Aja 73 persen.

4. Promo

Promosi menjadi umpan yang sangat baik untuk memancing pengguna bertransaksi dengan dompet digital. Dalam survei itu, ShopeePay menawarkan promosi dengan presentasi 79 persen, OVO 70 persen, GoPay 66 persen, DANA 60 persen dan Link Aja 56 persen.

Berdasarkan hasil survei secara keseluruhan, ShopeePay memiliki pengguna setia 28 persen. Capaian ini bersaing ketat dengan OVO 27 persen, GoPay 20 persen, DANA 15 persen, dan LinkAja 9 persen.

“ShopeePay dan OVO adalah dua merek dompet digital yang paling direkomendasikan oleh pengguna, baik kepada teman, kerabat, maupun keluarga,” kata Andi Sukma, Group SL Leader for Customer Experience, Channel Performance, and Observer, Ipsos Indonesia.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.