Tutup Iklan
Tak Berkategori

Ini Cara Membedakan Wifi Kita Dipakai Orang Lain atau Koneksi Lemot

JEDA.ID-Jika tiba-tiba saja koneksi Internet menjadi lebih lambat dari biasanya, kita harus mencari tahu apakah wifi kita dipakai orang lain atau jaringan yang sedang buruk? Lalu bagaimana cara membedakan apakah wifi kita dipakai orang lain atau jaringan yang sedang buruk?

Sebelum suudzon berlanjut, sebaiknya baca dulu artikel ini sebagaimana dilansir Life Hacker seperti dirangkum, Kamis (3/12/2020). Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan konektivitas yang jauh lebih baik lagi tanpa ngelag. Tips gadget kali ini membahas cara mengetahui apakah wifi kita dipakai orang lain ataukah tidak?

Perhatian! Ini Pedoman Terbaru Soal Masker dari WHO, Kini Diperketat

Kecanggihan teknologi memungkinkan kita memasang wifi di rumah dan tidak lagi tergantung kepada data seluler sebagai pemasok jaringan Internet di HP atau gadget kita. Tapi bisa saja terjadi tiba-tiba koneksi melambat. Nah, kita harus mencari tahu apakah wifi kita dipakai orang lain atau tidak? Begini caranya seperti dikutip dari detikcom:

1. Periksa lampu router wireless

Wireless router seharusnya memiliki lampu indikator yang menunjukkan konektivitas internet, koneksi jaringan kabel, dan juga aktivitas nirkabel apa pun. Salah satu cara untuk mengetahui apakah ada orang yang menggunakan jaringan milik kamu adalah dengan mematikan semua perangkat nirkabel dan lihat apakah lampu nirkabel itu masih berkedip.

Masalah dengan metode ini adalah kamu mungkin memiliki banyak perangkat WiFi lain (misalnya TV, smartphone, atau konsol game) untuk dicabut. Proses ini juga tidak memberikan banyak informasi tambahan.

2. Periksa daftar perangkat router

Konsol administratif router dapat membantu mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas jaringan wireless. Untuk itu, masukkan alamat IP router ke jendela browser web. Beberapa router memiliki alamat IP default yang dapat kamu gunakan untuk mengakses panel admin.

Jika tidak, kamu dapat menemukan alamat ini di Windows dengan membuka command prompt (tekan Win + R lalu ketik cmd) lalu ketik ipconfig di jendela diikuti oleh Enter. Angka di samping ‘Default Gateway’ atau ‘IPv4 address’ adalah yang kamu cari. Selanjutnya, ketik alamat IP itu di jendela browser. Kamu akan diminta untuk masuk ke router.

Microsoft 365 Bisa Dipakai untuk Memata-Matai Karyawan, Benarkah?

Semua router berbeda, tetapi setelah kamu masuk, cari bagian yang terkait dengan perangkat yang terhubung (Device Manager, Connected Devices, My Network, dll). Cara ini seharusnya memberikan daftar alamat IP, alamat MAC, dan nama perangkat (jika terdeteksi) yang dapat kamu temukan.

Kamu tinggal membandingkan perangkat yang terhubung dengan perangkat milik kamu, untuk menemukan pengguna yang tidak diinginkan.

3. Apa yang harus dilakukan jika menemukan perangkat yang tidak diinginkan?

Pastikan keamanan wireless menggunakan enkripsi WPA2 dan siapkan menyiapkan kata sandi baru. Langkah tersebut akan mencegah pengguna yang tidak diinginkan mengakses jaringan WiFi Anda. Pastikan password kali ini lebih kuat dari sebelumnya.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.