• Fri, 19 April 2024

Breaking News :

Hobi Baca Novel, Anda Bisa Gunakan Sederet Aplikasi Ini

Aplikasi baca novel dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki hobi membaca novel.

JEDA.ID—Aplikasi baca novel dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki hobi membaca novel.

Untuk sebagian besar orang, membaca buku atau novel memang menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Anda tidak perlu repot membeli buku atau meminjam novel dari teman Anda.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi di Play Store atau Apple Store yang menyediakan ribuan buku gratis untuk dibaca. Bagi penyuka novel, aplikasi ini bisa menjadi hiburan ketika membutuhkan bahan bacaan namun belum sempat membeli bukunya.

Sama seperti beberapa aplikasi baca komik online, beberapa novel di dalam aplikasi ini bisa Anda akses tanpa membayar sepeser pun. Seperti yang dilansir dari suara.com, Selasa (11/8/2020) berikut ini adalah aplikasi baca novel yang wajib Anda ketahui.

Negara-Negara Ini Punya Lambang Negara Hewan Mitologi

1. Wattpad

Wattpad disebut-sebut sebagai salah satu situs novel online terbaik. Platform Wattpad sudah lama dikenal menjadi wadah bagi tulisan-tulisan unik, mulai dari cerita romantis, horror, dan masih banyak lagi. Tak hanya membaca novel, di sini Anda juga bisa menulis novel. Beberapa novel di Wattpad telah dibaca oleh jutaan pembaca dan diterbitkan menjadi buku, bahkan banyak dijadikan film.

2. Dreame

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menulis maupun membaca novel online. Hanya saja, Dreame ini lebih banyak cerita-cerita yang berbayar dibandingkan cerita yang gratis. Beberapa novel yang telah dibukukan biasanya akan dipublikasi ke Dreame. Untuk membacanya, Anda harus membayar menggunakan koin yang bisa dibeli menggunakan M-Banking, Gopay, atau pulsa.

3. Storial.co

Selain menyediakan bacaan novel gratis, Storial.co juga menyediakan cerita premium yang bisa Anda baca setelah melakukan top up dan pembayaran menggunakan Storial Coin. Aplikasi yang satu ini menghadirkan konsep membaca novel yang agak berbeda, karena selain menghadirkan cerita berupa tulisan, juga disertakan audio. Adanya audio akan membuat cerita semakin terasa jelas dan membantu Anda berimajinasi.

4. Cabaca

Di Cabaca Anda bisa menemukan berbagai genre novel, mulai dari teenlit, chicklit, romance, fantasi, horror, dan lain-lain. Anda juga bisa mempublikasikan novel Anda melalui Cabaca dan mendapatkan royalti atas cerita yang telah dipublikasikan.

Cabaca menyediakan tiga bab gratis untuk setiap buku, tapi untuk bisa baca ke bab selanjutnya, Anda harus top up kerang (sejenis koin). Untuk menambah kerang, selain top up melalui transfer atau pulsa, Anda juga bisa memasukan kode dari teman atau kerabat, atau dengan rutin berkomentar di setiap bab.

5. NovelToon

NovelToon banyak direkomendasikan sebagai aplikasi baca novel Indonesia gratis yang ditujukan untuk para pembaca remaja. Saat Anda mendaftar untuk pertama kali, Anda akan diminta untuk memilih jenis kelamin dan tahun kelahiran. Tujuannya, agar NovelToon bisa merekomendasikan jenis novel yang sesuai dengan usia Anda.

Selain membaca novel online, Anda juga bisa membuat perpustakaan sendiri dengan mengunduh novel dan membaca secara offline kapan pun dan di mana pun. Dan yang unik, kalau Anda malas membaca tulisan dalam bentuk teks, NovelToon juga memiliki fitur berupa Podcast maupun Audio Books.

Radang Pernapasan hingga Merusak Sel, ini Efek Amonium Nitrat pada Tubuh

6. Joylada

Joylada mengklaim aplikasinya sebagai novel chat pertama di Indonesia dengan ribuan penulis dan pembaca aktif di Indonesia. Pengalaman saat Anda membaca kisah dalam Joylada memang mirip seperti melihat sebuah percakapan di media sosial seperti LINE Messenger atau WhatsApp. Anda cukup menonton bagaimana para tokohnya di dalamnya saling berbalas pesan, mirip seperti chatting.

7. WebRead

WebRead menyediakan novel gratis dan juga premium yang bisa langsung Anda baca di aplikasi. Setiap hari, WebRead akan merekomendasikan novel yang pas untuk Anda. Selain tulisan yang dikirim oleh para penulis Indonesia, WebRead juga menyajikan novel-novel terjemahan dari Korea Selatan. Dan terjemahannya pun terbilang cukup halus sehingga mudah untuk kamu pahami.
Itu dia aplikasi baca online yang bisa Anda gunakan untuk menemani hari-hari Anda.

 

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.