• Tue, 16 August 2022

Breaking News :

Negara-Negara Ini Punya Lambang Negara Hewan Mitologi

Pasti sudah tahu kan lambang negara Indonesia? Iya, burung Garuda yang merupakan salah satu hewan mitologi yang ada dalam agama Hindhu dan Buddha.

JEDA.ID — Pasti sudah tahu kan lambang negara Indonesia? Iya, burung Garuda yang merupakan salah satu hewan mitologi.

Burung Garuda adalah  seekor burung dalam mitologi kepercayaan agama Hindu dan Buddha. Burung Garuda ini dalam mitologi digambarkan memiliki bulu berwarna emas, berwajah putih, bersayap kemerahan, serta memiliki ukuran yang besar.

Burung Garuda sebagai hewan mitologi ini merupakan kendaraan yang digunakan oleh Dewa Wianu yang menjaga alam semesta.

Hewan mitologi tersebut dipilih sebagai lambang negara karena perawakannya yang kuat dan tangguh. Warna emas pada bulunya melambangkan harapan supaya Indonesia selalu berjaya.

Lalu bagaimana dengan lambang negara lain yang katanya juga berasal dari hewan mitologi? Yuk kita simak ulasan berikut yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber.

Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

1. Bhutan

Ada yang udah pernah berkunjung ke negara Bhutan dan sempat melihat bendera negara Bhutan?Pada bendera negera tersebut terdapat lambang hewan mitologi seperti naga.

Di Bhutan, hewan tersebut dikenal dengan namaa Druk. Druk merupakan Naga Guntur. Konon, hewan ini mengeluarkan suara guntur dan petir saat badai. Selain itu, Druk pada bendera negara Bhutan tampak memegang batu permata yang melambangkan kekayaan.

2. Hungaria

Seperti Indonesia, negeara iini memiliki lambang negara burung juga, loh. Burung ini dikenal dengan nama Turul. Hewan mitologi satu ini merupakan hewan pemangsa dan digambarkn mirip dengan elang. Burung ini dikisahkan sebagai pengantar pesan dan bertengger di atas pohon kehidupan.

Legenda lain mengisahkan burung ini menunjukkan jalan menuju tempat aman pada oemimpin suku-suku Hungaria dan melingdungi kuda mereka dari elang.

3. Republika Ceko

Negara  ini memiliki lambang negara berupa singa. Eits, tapi singa dalam lambang negara Republika Ceko bukan singa pada umumnya, loh.

Singa yang menjadi lambang negara Republika Ceko adalah singa berekor dua. Ekor dua pada singa dalam lambang negara tersebut menggambarkan kekuatan dan kekuasaan. Singa ini juga biasanya digambarkan mengenakan mahkota dan dua ekornya menyilang ke atas.

Gaul Abis! Intip Pesona 5 Artis Cantik Ini saat Naik Sepeda

4. Skotlandia

Negara Skotlandia punya lambang negara hewan mitologi Unicorn. Unicorn sudah menjadi lambang negara Skotlandia sejak Raja William mengenakan lambang itu pada abad ke-12. Dalam mitologi bangsa Celtic, Unicorn merupakan simbol kemurnian dan kekuatan.

Di Skotlandia, lambang Unicorn biasanya digambarkan mengenakan rantai emas di leher dan tubuhnya. Makna dari rantai emas itu adalah menunjukkan bahwa Unicorn merupakan sosok yang kuat dan sulit ditakhlukkan.

Nah, itulah beberapa negara yang juga memiliki lambang negara dari hewan mitologi speri Idonesia. Tak hanya unik, ternyata mereka memiliki makna yang kuat dan sangat beragam.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.