Harga Road Bike yang Bikin Jiwa-Jiwa Missqueen Menjerit

Sepeda jenis road bike dikenal tidak murah dan memiliki banyak bagian yang dapat dibeli secara terpisah.

JEDA.ID – Sepeda telah diterima sebagai gaya hidup sehat. Meski punya harga yang tidak selamanya murah, sepeda kini kian digemari. Jauh sebelum tren sepeda lipat booming, di sejumlah kota besar sudah banyak terbentuk komunitas sepeda balap atau road bike.

Selain moda transportasi, road bike adalah alat olahraga yang banyak digemari. Meski begitu, sepeda jenis ini bukan barang murah. Publik baru sadar ketika ada insiden sejumlah sepeda road bike yang rusak parah akibat diterjang mobil Avanza. Hal yang viral dari kejadian ini adalah harga road bike yang menjadi “korban.”

Dari sejumlah foto yang viral, terlihat sepeda dengan merek Cervelo, Cannondale, dan Ridley yang rusak parah. Foto menyertakan keterangan sepeda-sepeda itu ditaksir berharga sekitar Rp20 jutaan hingga Rp80 jutaan.

Sebenarnya, kisaran harga yang diberikan cukup wajar untuk sebuah road bike. Di Indonesia, road bike termurah dipegang merek-merek lokal seperti United, Polygon, Pacific. Paling populer milik Polygon dengan tipe Strattos S2 seharga Rp5 jutaan.

Sedangkan untuk merek-merek luar negeri harganya bisa di atas Rp8 jutaan bergantung pada groupset, wheelset, dan perintilan lain yang dipakai.

Berikut sejumlah road bike dengan harga mahal yang bisa dibeli secara online. Sebagai catatan, road bike yang disajikan bukan edisi spesial atau yang diproduksi terbatas. Sejumlah roadbike edisi terbatas akan memiliki harga yang lebih fantastis, bahkan cenderung tak masuk akal.

Pinarello Dogma F12

Pinarello adalah merek roadbike ternama dunia. Perusahaan sepeda asal Treviso, Italia ini sudah mengembangkan teknologi roadbike sejak 1952. Salah satu seri flagship Pinarello adalah Dogma.

Di tahun 2019, Pinarello merilis Dogma F12 penerus generasi sebelumnya Dogma F10. Menurut Pinarello, mengutip BikeRadar, mereka kembali mengevaluasi F10, lalu mendesain F12 menjadi lebih aerodinamis dan stiff. Mereka mengklaim F12 mampu membelah angin 7,3 persen lebih baik dari F10. Bagian bottom bracket (BB) dibuat 10 persen lebih kaku.

Pinarello Dogma F12 ini dibanderol paling mahal Rp200 jutaan dengan seluruh item fitur maksimum. Harga ini sudah banyak dimaklumi penggemar roadbike lantaran Pinarello adalah merek ternama yang sudah banyak teruji.

Specialized Venge

Specialized adalah merek sepeda asal Amerika Serikat. Specialized bukan hanya fokus mengembangkan roadbike, namun jenis sepeda lain. Khusus roadbike, Specialized punya Venge.

Specialized Venge adalah road bike jenis aero yang telah dikembangkan dengan riset bertahun-tahun. Sepeda ini telah memenangi banyak kompetisi dan mendapat reputasi mentereng di kalangan pecinta sepeda.

Salah satu seri termahal dari Venge berkisar Rp180jutaan-Rp190 jutaan. Sepeda ini bisa dengan mudah anda periksa di situs resmi Specialized lengkap dengan harga jualnya.

Sepeda ini tampil maksimal dengan groupset Shimado Dura-Ace Di2 dan frame sepenuhnya berbahan karbon. Beratnya diperkirakan tak lebih dari 8 kg.

Trek Madone

Trek adalah salah satu dari tiga brand sepeda paling top dunia versi sejumlah situs ulasan sepeda. Di Indonesia, Trek hadir di banyak outlet sepeda dan menjadi salah satu merek yang cukup populer.

Salah satu flagship Trek adalah road bike aero Madone SLR. Versi terbaru dari road bike ini dirilis pada 2018 lalu dan menjadi roadbike aero pilihan reviewier.

Trek Madone SLR sudah terlihat beda dengan produk kompetitor. Bentuknya lebih pipih besar, melanjutkan bentuk Madone 9. Handlebar dan stem-nya juga masih integrated, tapi bentuknya lebih ergonomis, dan posisi bisa di-adjust.

Di situs resminya, harga sepeda Trek Madone SLR nyaris tak berbeda dari Specialized Venge Rp180jutaan-Rp190 jutaan. Tipe termahal adalah Madone SLR 9 Disc eTap sekitar Rp180 jutaan.

Catat, Tak Semua Korban Kecelakaan Dapat Santunan Jasa Raharja

BMC Roadmachine 01

Mencoba mencari sepeda baru termahal di situs belanja online, Anda akan menemukan BMC Roadmachine 01 (2020). Harga sepeda ini dibanderol Rp171 juta dan menjadi yang termahal setidaknya hingga 31 Desember 2019 pagi.

BMC adalah merek sepeda asal Swiss yang telah memiliki reputasi internasional. Selain Roadmachine, BMC juga punya roadbike aero Teammachine SLR01 yang harganya tak kalah mahal Rp180 jutaan.

Menurut para reviewer, Roadmachine 01 adalah kombinasi sempurna dari kenyamanan, keseimbangan, dan performas yang optimal. Geometri sepeda ini dirancang untuk menjadi roadbike segala medan.

Rakit Sendiri

Jika roadbike yang dibeli secara keseluruhan kurang mahal, maka rakit roadbike sendiri solusinya. Anda bisa menghabiskan bahkan lebih dari Rp300 juta bergantung pada spesifikasi yang Anda impikan.

Sebagai gambarnya, handle bar (setang) Enve Aero harganya mencapai Rp40 jutaan. Hub Royce, racing gold, harganya Rp14 jutaan. Atau sadle Dash Cycles seharga Rp18 jutaan. Belum lagi frame, Anda bisa beli frame berbahan Titanium yang dikenal cukup mahal hingga Rp90 jutaan.

Ini yang Bikin Sepeda Brompton Lebih Mahal dari Mobil Bekas

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.