• Sun, 29 January 2023

Breaking News :

Enak dan Bergizi, Ini 10 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan

Pisang rebus sangat enak jika dimakan saat pagi atau sore hari sampai minum kopi.  Selain enak disantap pisang rebus juga diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

JEDA.ID – Pisang rebus sangat enak jika dimakan saat pagi atau sore hari sampai minum kopi.  Selain enak disantap pisang rebus juga diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah pisang memang kaya  serat, Vitamin B6, Vitamin C, dan kalium yang dapat menangkal pembentukkan radikal bebas.  Selain sehat, pisang juga enak dan mudah dikonsumi. Pengolahan buah pisang juga beraneka ragam, mulai dari dibuat keripik, digoreng atau direbus. Nah dalam pisang rebus inilah, banyak sekali manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Kalau dibandingkan dengan pisang goreng, pisang yang direbus memiliki manfaat yang jauh lebih baik sehingga aman dikonsumsi terutama saat sarapan. Alhasil selain membuat perut kenyang, pisang rebus juga baik bagi kesehatan. Nah berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan kalau sering mengonsumsi pisang rebus:

Bukan Skincare, Artis K-Pop Tampak Lebih Muda Karena Ini

Melancarkan peredaran darah

Kalium yang terdapat pada pisang rebus membantu melancarkan aliran darah yang tersumbat. Melansir dari salah satu sumber, Senin (8/6/2020) aliran darah yang tersumbat bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke. Agar peredaran darah Anda kembali lancar dan stabil, cobalah untuk mengonsumsi pisang rebus. Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya dapat menstabilkan peredaran darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh kembali normal.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan Vitamin A dalam wortel terkenal mampu mengatasi permasalahan mata. Namun ternyata tak hanya wortel saja, pisang rebus juga kaya akan Vitamin A sehingga baik bagi kesehatan mata. Dengan begitu kalau Anda rajin mengonsusmsi pisang rebus, ini akan menjaga dari penyakit mata dan kerusakan mata akibat usia yang sudah lanjut.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam pisang rebus khususnya jenis kepok sangat efektif membantu aktivitas dan kerja sistem pencernaan. Melansir dari Liputan6, karbohidratnya juga dapat mempertahankan gerak usus yang teratur. Selain itu pisang kepok rebus juga dapat mencegah terjadinya sembelit dan diare. Hal ini karena adanya kandungan pektin di dalamnya.

Pektin dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik, sehingga efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar. Kandungan antasida di dalamnya juga berperan sangat baik dalam mengatasi masalah asam lambung termasuk maag.

Mengontrol tekanan gula darah

Kalium dalam pisang kepok rebus cukup tinggi, namun kandungan sodiumnya rendah. Kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Sehingga resiko hipertensi lebih mudah dihindari. Selain itu, kandungan gula pada pisang kepok rebus cukup rendah. Sehingga pisang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Karena baik dikonsumsi pagi hari, kandungan karbohidratnya mampu membuat perut kenyang lebih lama, kalau dibandingkan dengan nasi yang tinggi gula.

Membantu mengatasi stres

Senyawa pektin dan kalium dalam pisang rebus sangat tinggi, bahkan lebih besar dari sumber makanan lainnya. Menurut para ahli, kandungan tersebut mampu menghilangkan stres. Selain itu kalium juga sangat baik untuk membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Sehingga baik untuk menjaga imunitas serta metabolisme tubuh.

Catat, Ini 5 Kondisi Kulit yang Terkait dengan Gejala Covid-19

Baik untuk kesehatan tulang

Buah pisang juga mengandung prebotik bernama fructooligosaccharide yang baik bagi kesehatan. Prebiotik inilah yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih cepat. Bukan kalsium, karena kalsium tidak ditemukan pada pisang rebus. Sehingga pisang rebus sangat baik untuk membantu menguatkan tulang.

Mencegah dan mengatasi pembengkakan kaki

Bagi ibu hamil, rutin mengkonsumsi pisang rebus dapat mencegah dan mengatasi pembengkakan kaki. Pembengkakan kaki dapat terjadi karena tubuh kekurangan potasium. Sehingga mengonsumsi pisang rebus sangat efektif membantu mencegah dan mengobati pembengkakan kaki.

Mencegah anemia

Selain melancarkan pencernaan, pisang kepok rebus juga mampu mencegah terjadinya anemia terutama pada ibu hamil. Mereka rentan mengalami anemia karena membutuhkan lebih banyak darah untuk proses pembentukan organ-organ janin. Pisang kepok rebus mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan mencegah anemia.

Baik untuk kesehatan ginjal

Lagi-lagi senyawa kalium dalam pisang rebus memiliki manfaat baik bagi tubuh, yakni kesehatan ginjal. Bahkan dapat mencegah batu ginjal. Senyawa lain dalam pisang rebus bernama fenolik antioksidan juga dapat membantu menjaga fungsi dan kinerja ginjal.

Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, buah pisang juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Baik di buat masker wajah atau dimakan langsung. Kandungan vitamin dan mineral pada pisang mampu membantu menyehatkan sel-sel dan jaringan kulit di wajah. Vitamin pada pisang rebus juga akan memberikan nutrisi pada sel dan mengganti sel-sel kulit yang rusak. Mengonsumsinya secara teratur akan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sehingga kulit wajah tampak lebih cerah, kencang, dan lebih halus.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.