Emas atau Properti? Pilih Investasi Terbaik untuk Pemula

Salah satu prinsip yang harus dipahami saat memulai investasi adalah istilah high risk, high return.

JEDA.ID–Beberapa anak muda cenderung suka menggunakan uang mereka untuk bersenang-senang bersama teman-teman. Banyak anak muda yang beranggapan investasi identik untuk orang dewasa. Namun, tidak ada salahnya merancang investasi sejak muda. Anak muda pun harus jeli memilih investasi terbaik untuk pemula.

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Seseorang yang berinvestasi disebut sebagai investor. Investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, menurut Sunariya, penulis buku Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu atau pun lebih aktiva yang dimiliki yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Salah satu prinsip yang harus dipahami saat memulai investasi adalah istilah high-risk, high return. Semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula imbal hasil investasi. Sebaliknya, semakin kecil risiko, semakin kecil pula imbal hasilnya.

Berikut beberapa investasi terbaik untuk pemula. Jangan lupa sesuaikan dengan tujuan dan budget kamu.

Reksadana

Bagi kamu yang punya modal tak terlalu besar, reksadana bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk berinvestasi. Bahkan, hanya dengan modal Rp100.000 kamu sudah bisa berinvestasi. Menariknya, tingkat pengembaliannya pun bisa mencapai 20 persen. Bahkan saat berinvestasi kamu bisa dibantu oleh manajer investasi. Kamu pun dapat memilih sendiri manajer investasi yang terpercaya dan produk yang relatif aman, lalu menyimpan uang kamu di sana.

Dengan kemajuan teknologi dan Internet, kini kamu juga bisa membeli reksadana secara online. Beberapa reksadana online juga memberikan modul pembelajaran yang bisa membantu kamu. Tertarik investasi reksadana?

Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. Harga emas yang cenderung meningkat sehingga investasi itu dinilai cukup menguntungkan. Dalam menentukan harga emas biasanya mengacu pada dua hal yaitu harga emas di pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Contohnya pada Selasa (25/6/2019), Harga emas dunia naik lebih dari 1 persen mendekati puncak posisi puncak dalam enam tahun terakhir dipicu melemahnya dolar AS.

Tentu ini menjadi investasi yang mudah serta menguntungkan di masa depan nantinya. Selain itu, investasi emas juga cocok bagi kamu yang memiliki keuangan terbatas. Kamu bahkan bisa membeli emas dalam bentuk koin atau batangan seberat 5-25 gram sesuai kondisi keuangan. Belilah emas di tempat terpercaya misalnya di lembaga yang dipercayakan pemerintah untuk mengurangi risiko penipuan.

Properti

Tak bisa dihindari, harga properti cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Properti bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Investasi dalam bentuk properti juga akan sangat menguntungkan untuk masa pensiun. Salah satu jenis investasi properti yang paling banyak dilakukan dengan menyewakan properti.

Dengan menyewakan, kamu bisa mendapatkan sumber pendapatan yang cukup stabil meskipun akan terkena biaya-biaya perawatan. Kamu bisa menyewakan rumah, apartemen, kios, dan lainnya hingga menjadi investasi yang menguntungkan. Investasi ini tidak akan memberikan kekayaan dengan cepat, namun akan menjadi tabungan yang cukup besar pada masa depan nantinya.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.