Daerah Paling Kaya dengan Cerita Rakyat

Selain menghibur, cerita rakyat juga sarat akan nilai budaya dan moral.

JEDA.ID–Keberagaman budaya menjadikan Indonesia kaya dengan cerita rakyat. Tiap-tiap daerah memiliki cerita rakyat yang beragam dengan pesan moral yang diwariskan secara turun-temurun.

Cerita rakyat digolongkan dalam bentuk folklor lisan. Bentuk-bentuk (genre) folklor yang termasuk ke dalam kelompok besar ini adalah bahasa rakyat, ungkapan tradisional, pertanyaan tradisional, puisi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membagi cerita rakyat dalam tiga jenis yaitu dogeng, legenda, dan mite.

Cerita rakyat akan tetap hidup di dalam masyarakat sepanjang cerita tersebut masih memiliki fungsi di dalam masyarakat. Seberapa penting fungsi cerita rakyat bagi masyarakatnya amat bergantung pada pandangan atau sikap masyarakat yang memiliki cerita tersebut terhadap kekayaan budayanya.

Apabila pandangan atau sikap masyarakat tersebut baik atau positif terhadap kekayaan budayanya itu,  sangat mungkin cerita itu akan lestari. Oleh karena itu, kelestarian suatu cerita rakyat amat bergantung pada masyarakat pemiliknya.

Orang tua yang membacakan dongeng atau legenda untuk anak mereka mungkin kian berkurang. Padahal selain menghibur, cerita itu juga sarat akan nilai budaya dan moral. Melalu cerita rakyat, orang tua tidak hanya menghibur buah hati, tetapi juga menambah wawasanya mengenai budaya.

cerita rakyat

Buku pengembangan budaya nusantara (Kemendikbud)

Mendikbud Muhadjir Effendy mengakui pentingnya cerita rakyat untuk penguatan karakter anak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyadur sebanyak 165 buku cerita rakyat. Buku saduran itu digunakan sebagai buku pendamping dari buku teks yang dipergunakan di sekolah, dan masyarakat.

”Saya sangat yakin melalui buku cerita dan karya-karya sastra, pendidikan karakter yang diidamkan oleh seluruh masyarakat bisa tercapai. Salah satu pendekatan itu adalah dengan membaca karya sastra yang mengandung pesan yang baik,” ujar Muhadjir sebagaimana dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Rabu (24/7/2019).

Ada banyak cerita daerah yang sudah populer hingga seantero Nusantara. Ada Bawang Merah Bawang Putih yang sampai dibuat sinetron. Dari Jambi misalnya ada Kelingking Sakti. Di tanah Pasundan ada Lutung Kasarung, Jawa Tengah punya Timun Mas, hingga Sulawesi Selatan memiliki dongeng Si Penakluk Rajawali. Papua juga punya Bertha Menjelma Seekor Burung Cenderawasih (Kisah Sepasang Burung Cenderawasih).

Legenda tidak kalah banyak. Ada Legenda Telaga Bidadari dari Kalimantan Selatan, Legenda Candi Prambanan, Legenda Gunung Bromo di Jawa Timur, hingga Legenda Danau Maninjau di Sumatra Barat.

Terbanyak di Papua

Meski semakin tersisih, cerita rakyat di Indonesia masih mencapai ratusan. Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud mencatat ada 945 cerita rakyat di 34 provinsi di Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 465 dogeng, 385 legenda, dan 95 mite.

Papua menjadi provinsi yang paling kaya dengan cerita rakyat. Di Papua ada 119 cerita lokal yang terdiri atas 57 dongeng, 34 legenda, dan 28 mite. Berikut perinciannya di tiap-tiap provinsi sesuai data di Statistik Kebudayaan 2019.

DKI Jakarta
Dongeng 10
Legenda 4
Mite –

Jawa Barat
Dongeng 6
Legenda 8
Mite –

Jawa Tengah
Dongeng 13
Legenda 25
Mite 11

DIY
Dongeng 5
Legenda 66
Mite 6

Jawa Timur
Dongeng 2
Legenda 5
Mite –

Sumatra Utara
Dongeng 12
Legenda 6
Mite 1

Sumatra Barat
Dongeng 27
Legenda 20
Mite –

Riau
Dongeng 16
Legenda 1
Mite –

Kepulauan Riau
Dongeng 24
Legenda 4
Mite –

Sumatra Selatan
Dongeng 34
Legenda 28
Mite –

Bangka Belitung
Dongeng 18
Legenda 2
Mite 1

Bengkulu
Dongeng 13
Legenda 11
Mite 1

Lampung
Dongeng 2
Legenda 3
Mite –

Kalimantan Barat
Dongeng 18
Legenda 11
Mite 3

Kalimantan Tengah
Dongeng 17
Legenda 19
Mite 1

Kalimantan Selatan
Dongeng 22
Legenda 16
Mite 4

Kalimantan Timur
Dongeng 22
Legenda 15
Mite –

Sulawesi Utara
Dongeng 32
Legenda 33
Mite 7

Gorontalo
Dongeng 7
Legenda 21
Mite 1

Sulawesi Tengah
Dongeng 6
Legenda 17
Mite 2

Sulawesi Selatan
Dongeng 19
Legenda 1
Mite 6

Sulawesi Barat
Dongeng 3
Legenda –
Mite –

Sulawesi Tenggara
Dongeng 25
Legenda 5
Mite 6

Maluku
Dongeng 16
Legenda 20
Mite 10

Maluku Utara
Dongeng 2
Legenda 8
Mite –

Bali
Dongeng 13
Legenda –
Mite 3

Nusa Tenggara Barat
Dongeng 12
Legenda –
Mite –

Nusa Tenggara Timur
Dongeng 10
Legenda –
Mite –

Papua
Dongeng 57
Legenda 34
Mite 28

Papua Barat
Dongeng 2
Legenda 2
Mite 4

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.