Cara Mengambil Hati Mertua Agar Jadi Menantu Kesayangan

Menyenangkan setiap orang yang ada di sekeliling termasuk ibu mertua. Anda bisa mengapresiasi dan ekspresikan perasaan kepadanya.

JEDA.ID— Apakah Anda memiliki ibu mertua yang manis dan penyayang seperti di film-film? Anda pasti akan senang.

Namun, apabila Anda memiliki ibu mertua yang suka ikut campur, Anda pasti akan terus-menerus terbebani atau bahkan stres. Tetapi jangan khawatir. Dengan kiat-kiat ahli ini, Anda bisa mempererat hubungan dengan mertua, terutama ibu mertua.

Dikutip Bisnis.com dari Glamour.com, Kamis (2/7/2020), para ahli mengungkapkan cara-cara kooperatif untuk memelihara hubungan termasuk menyelesaikan bila ada perselisihan dengan ibu mertua Anda. Berikut tips mengambil hati mertua seperti dilansir Bisnis dan sumber lain.

Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Beras Merah

1. Mencoba Mengerti

Ketika ibu mertua Anda mengatakan sesuatu untuk membuat darah Anda mendidih, ingatlah dia sedng mencurahkan waktu dan upaya untuk membesarkan orang yang Anda cintai.

Menurut Ruth Nemzoff, pakar parenting dan penulis buku Don’t Roll Your Eyes, Anda bahkan dapat menanggapi komentarnya yang mengetahui segalanya, tentang membesarkan anak-anak Anda, dengan mengakui upaya ini. Namun tetap dengan cara yang bijaksana. Pastikan untuk memberikan penghargaan padanya, ketika komentarnya adalah sesuatu yang Anda sukai.

2. Jalan Komunikasi dengan Baik

Anda tidak harus menyimpan perasaan Anda di dalam hanya untuk menjaga kedamaian. Berkomunikasi dengan ibu mertua Anda dapat membantu dalam mengekspresikan perasaan.

Komunikasi dengan mertua bisa membuatnya memahami mengapa dia memilih untuk mengekspresikan dirinya seperti yang dia lakukan. Percakapan harus mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang respons dan orang yang Anda hadapi.

3. Jangan Khawatir Punya Pendapat Berbeda

Anda tidak perlu mengubah pandangan Anda untuk menyetujui satu permintaan oleh ibu mertua Anda. Dia akan menghargai kenyataan bahwa Anda setuju dengan apa yang menurutnya terbaik. Jika punya pandangan atau pendapat berbeda usahakan untuk menunjukkannya dengan cara yang baik dan sopan agar tidak menyinggung perasaannya.

4. Jadi Menantu yang Rajin

Banyak ibu mertua yang menganggap bahwa menantu wanitanya seorang pemalas dan tidak bisa diandalkan. Padahal, Anda sendiri merasa sebaliknya. Untuk itu, Anda perlu memperlihatkan diri Anda sebagai menantu idaman, menantu yang rajin, dengan cara mulai dari mengurus anak, melayani pasangan, dan lain-lain.

Tunjukkan pada mertua betapa piawainya Anda mengurus semua hal itu dan betapa Anda bisa sangat diandalkan oleh siapa saja, termasuk oleh mertua Anda. Namun Anda tetap harus jadi diri sendiri. Lakukan semua itu dengan tulus dan bukan semata-mata untuk mencari muka di hadapan mertua.

5. Bersikap Sopan dan Santun

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan saat bertemu dengan mertua adalah menjaga sikap sopan. Misalnya, kenakan pakaian yang pantas untuk menghargainya. Jabat tangannya dengan lembut dan beri senyuman tulus. Hindari tindakan yang kurang pantas, misalnya mengangkat kaki atau berbicara dengan nada yang keras, meskipun Anda saat itu sedang marah pada Si Kecil.

6. Membawa Makanan Kesukaan

Saat Anda berkunjung ke rumah mertua, jangan lupa untuk membawa makanan kesukaannya. Ini memang trik klasik untuk mengambil hati mertua, tapi trik ini masih tetap ampuh, kok. Membawa makanan jadi tanda bahwa Anda memang memerhatikan mertua Anda, termasuk apa yang menjadi kesenangannya.

Gempar 83 Ton Emas Palsu di China, Ini Tips Bedakan Emas Palsu dan Asli

7. Minta Nasihat

Sebagai orang yang lebih tua, mertua Anda merasa bahwa pengalaman hidupnya jauh lebih banyak dibandingkan Anda. Karena itu, ia akan senang jika Anda minta nasihat atau masukan darinya, karena dengan begitu ia merasa diandalkan dan didengarkan. Meskipun demikian, jangan terlalu sering meminta nasihat, bisa jadi ia akan berpikir bahwa Anda tidak cakap dalam melakukan apa pun.

8. Jangan Ragu Memberikan Bantuan

Ini adalah salah satu tips paling ampuh agar ibu mertua jatuh hati pada Anda, yaitu dengan bersikap tanggap dan ringan tangan tanpa perlu diminta. Bantulah mertua Anda tanpa diminta, misalnya saat sedang memasak. Pada dasarnya, setiap ibu ingin anaknya mendapat istri yang pintar merawat suami. Untuk itu, perlihatkan bahwa Anda punya kriteria tersebut.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.