• Tue, 27 February 2024

Breaking News :

Bisa Bikin Sinyal Internet Lemot, Jauhkan 5 Benda Ini dari Router Wifi

Tanpa disadari, ada beberapa benda di rumah yang kadang bisa menyebabkanAda kalanya sinyal Wifi mendadak lemot atau melambat.

JEDA.ID – Memasang Wifi router di rumah tentu menjadi solusi agar pekerjaan cepat selesai karena Anda membutuhkan koneksi Internet yang cepat dan stabil.

Sampai saat ini, Internet menjadi kebutuhan yang penting, apalagi jika Anda sedang menjalani aturan work from home di tengah pandemi Covid-19.

Namun, pasti ada kalanya sinyal Wifi mendadak lemot atau melambat, tanpa Anda sadari, ternyata ada beberapa benda di rumah Anda yang dapat menyebabkan kondisi ini loh.

Saat sinyal Internet dirumah Anda mulai lemot, pastinya Anda akan langsung mengecek router atau menyalahkan provider. Padahal masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini dapat terjadi, salah satunya karena benda.

Nah, berikut lima benda di rumah Anda yang dapat menyebabkan WiFi lemot, penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Brightside.me, Jumat (17/4/2020):

Logam atau metal

Logam menjadi salah satu konduktor yang baik, artinya ia dapat menghantarkan listrik dengan stabil. Sementara Wifi mengeluarkan gelombang elektromagnetik, yang mengandung energi listrik dan magnet. Akibatnya, benda metal apapun yang ada di rumah Anda dapat menghalangi penyebaran sinyalnya ini. Jadi, hindari meletakkan benda-benda yang tebuat dari logam dari Wifi router di rumah Anda, ya.

Fakta Inovio Didanai Bill Gates dan Sederet Calon Vaksin Corona

Dinding rumah

Pernahkah Anda merasa sinyal WiFi melemah saat berada di dalam kamar? Padahal sangat kencang kalau Anda berada di ruang tamu atau dekat dengan sumber WiFi. Nah, ternyata beberapa jenis dinding dapat menghambat bahkan menghentikan sinyal Wifi loh. Yakni dinding rumah yang terdiri dari bahan marmer, beton, plester, dan batu bata.

Hal tersebut menjelaskan mengapa rumah-rumah dua lantai akan sering mengalami koneksi internet yang lemah di salah satu lantai. Untuk mengatasi kondisi tersebut letakkan Wifi router di area terbuka yang jauh dari dinding.

Kaca atau cermin

Sebuah penelitian membuktikan bahwa cermin dapat membuat WiFi rumah Anda lemot. Benda ini bertindak seperti perisai, alhasil koneksi internet akan terpental. Ketika cermin di tempatkan dekat router, kekuatan sinyal terasa lebih lambat dan tidak stabil.

Kulkas dan mesin cuci

Sebenarnya semua alat elektronik yang memiliki pipa untuk mengalirkan air ternyata tidak terlalu ramah terhadap sinyal WiFi. Air dapat mempertahankan sebagian energi dari gelombang nirkabel, yang artinya secara negatif dapat memengaruhi kualitas koneksi internet di rumah Anda.

Nah, karena di dalam lemari es dan mesin cuci ada sejumlah komponen pipa yang berfungsi untuk mengalirkan air, aliran ini juga memiliki potensi untuk melemahkan sinyal walaupun jumlahnya tidak besar. Selain lemari, barang lain seperti dispenser, teko listrik juga memiliki potensi yang sama.

Microwave atau pemanggang listrik

Selain kulkas dan mesin cuci, microwave merupakan perangkat lain yang dapat membuat sinyal internet lemot. Hal ini disebabkan karena adanya spektrum frekuensi di dalam alat tersebut yang mirip dengan WiFi. Sistem kerja pada microwave adalah dengan mengalirkan gelombang sinyal kuat sebesar 2,4GHz yang mampu memengaruhi kinerja router.

Jika sudah demikian, letakkan router ke tempat yang lebih tinggi dari tempat microwave berada. Tindakan ini, secara substansial dapat mengurangi efek negatif yang dapat ditimbulkan gelombang mikro pada koneksi.

Lampu tumblr

Jenis lampu yang satu ini kerap digunakan sebagai penghias ruangan kerena memiliki warna yang menarik. Namun, tahukan Anda dibalik lampu tumblr yang sempet tren 2019 itu, ternyata dapat memengaruhi koneksi sinyal WiFi rumah Anda loh. Hal ini disebabkan karena terdapat chip yang memiliki kekuatan medan magnet yang dapat berinteraksi dengan gelombang listrik yang dikeluarkan oleh router Wifi rumah Anda.

Namun tak perlu khawatir, selain memindahkan barang-barang tersebut ada cara lain yang dapat Anda lakukan agar Wifi tidak lemot, berikut ulasannya seperti mengutip dari Detik.com:

Diskusi Covid-19 Disusupi, Sejumlah Pihak Ini Sudah Melarang Zoom

Memperbaharui firmware router

Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan memperbarui firmware router. Anda dapat membeli atau menemukan di beberpa tempat yang menjual perangkat computer, elektronik, atau sebagainya. Perusahaan pembuat router biasanya selalu memperbarui software untuk menghasilkan koneksi WiFi yang lebih cepat.

Ganti channel

Jika Anda memilik tetangga yang juga mempunyai Wifi, router dan access points mereka bisa saja mengganggu milik Anda dan membuat sinyal internet menjadi lambat. Router Wifi bisa bekerja di berbagai channel, Anda dapat memilih channel yang sepi dan jarang digunakan orang lain.

Caranya dengan melihat channel mana yang digunakan oleh Wifi tetangga lewat PC atau komputer Windows Anda. Cukup masuk ke Command Prompt dan ketik netsh wlan show all. Secara otomatis Anda akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar Anda.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.