Bella Hadid Wanita Paling Cantik, Ini Kriteria Kecantikan di Sejumlah Negara

Bella Hadid diumumkan sebagai wanita tercantik di muka bumi. Secara ilmiah, wajah model 23 tahun itu paling ideal dan mendekati kesempurnaan.

JEDA.ID— Bella Hadid diumumkan sebagai wanita paling cantik di muka bumi. Secara ilmiah, wajah model 23 tahun itu paling ideal dan mendekati kesempurnaan.

Wajah Bella Hadid mendapat skor 94,35 persen akurat berdasarkan Golden Ratio of Beauty Phi, sebuah metode penghitungan matematis untuk mengukur angka sempurna dari penampilan fisik seseorang. Proporsi mata, alis, hidung, bibir, pipi, rahang dan bentuk wajah adik Gigi Hadid itu ketika diukur paling mendekati kecantikan ideal versi Yunani Kuno.

Di tempat kedua sebagai wanita pemilik wajah tercantik di dunia adalah Beyonce dengan persentase keakuratan 92,44 persen. Nomor tiga ditempati Amber Heard dengan 91,85 persen dan nomor empat Ariana Grande yang meraih skor 91,81 persen. Sementara urutan kelima ada Kate Moss yang wajahnya mendekati sempurna hingga 91,05 persen.

“Bella Hadid sudah jelas jadi pemenangnya ketika semua elemen untuk menentukan kesempurnaan wajah dimasukkan [dalam penghitungan],” ujar Dr Julian De Silva, spesialis operasi plastik estetika berbasis di London, yang merilis daftar tersebut, seperti dilansir The Sun, Kamis (17/10/2019).

Daftar itu disusun setelah dia menggunakan sistem komputerisasi pada wajah sejumlah selebriti dunia. Penghitungan Golden Ratio of Beauty Phi sudah ada sejak zaman Renaissance di Eropa. Kala itu seniman dan arsitek menggunakan rumus persamaan –yang dikenal dengan istilah Golden Ratio– untuk membantu mereka menciptakan karya-karya masterpiece yang sempurna.

Golden Ratio kemudian diadaptasi para ilmuwan dan dijadikan sebagai formula matematika untuk memberikan definisi ilmiah tentang kesempurnaan wajah. Panjang dan lebar wajah seseorang diukur, kemudian dibagi menggunakan rumus tertentu.

Menurut ahli kulit dan estetika dr. Adri Dwi Prasetyo, wajah seseorang memenuhi Golden Ratio apabila garis wajah dari bagian trichion (atas dahi atau garis rambut) hingga ke bagian menton (paling bawah dagu), serta garis wajah dari ujung pipi kiri hingga ujung pipi kanan berbanding 1,618:1. Selain itu, apabila jarak dari garis rambut ke alis, dari alis ke rongga hidung, dan dari rongga hidung ke dagu sama maka wajah tersebut juga memenuhi Golden Ratio.

Subjektif

Terlepas dari penghitungan ilmiah, terkadang penilaian kecantikan seseorang dinilai subjektif. Namun perlu diketahui setiap negara memiliki standar kecantikan berbeda-beda. Hal itu karena dipengaruhi ras, suku, dan budaya yang beragam di berbagai negara dan kawasan. Berikut perbedaan standar kecantikaan dari 10 negara seperti dilansir dari sejumlah sumber.

1. Swedia

Wanita Swedia umumnya memiliki rambut pirang, mata biru, dan bentuk tulang pipi menonjol. Inilah yang menjadi dasar standar kecantikan di Swedia. Meski demikian, selain fitur rambut dan wajah gaya busana juga sangat penting di Swedia. Para wanita di negara ini senang tampil elegan menggunakan busana berkualitas tinggi serta mengikuti tren. Gaya busana mereka lebih ke simpel dan sophisticated.

2. Prancis

Prancis terkenal dengan kecantikan natural para wanitanya. Makeup minimalis, natural, dan rambut berantakan alami sudah membuat mereka terlihat cantik. Tanpa usaha lebih banyak wanita Prancis senang tampil elegan.

3. Jerman

Wanita Jerman dikenal sporty dan pekerja keras. Standar kecantikan ideal mereka adalah simpel dengan rambut pirang, warna mata terang, ramping, serta kulit putih mulus. Mereka juga lebih senang menerapkan riasan no makeup makeup. Kecantikan mereka tidak hanya dinilai dari penampilan semata tapi juga kedisiplinannya. Masyarakat Jerman memang sangat disiplin.

4. Brazil

Standar kecantikan wanita Brazil sedikit berbeda. Berambut pirang, bentuk mata yang ideal, kulit gelap, serta bertubuh curvy namun atletis. Untuk mendapatkan kecantikan yang diidamkan, para wanita Brazil senang melakukan bleaching, waxing, olahraga, dan mani/pedi demi tampilan sempurna.

5. Korea Selatan

Mata bundar yang besar dan kulit putih dianggap sebagai standar kecantikan di Korea Selatan. Banyak wanita Korea yang senang mempunyai tampilan alami. Bahkan beberapa dari mereka pergi melakukan operasi plastik demi mendapatkan penampilan yang cantik tanpa makeup. Krim pencerah dan pemutih kulit juga populer dipakai wanita Korea Selatan. Para perempuan Korea Selatan juga menyakini wanita cantik akan lebih sempurna bila memiliki tubuh yang langsing dengan kaki yang panjang. Bisa dilihat para artis Korsel kebanyakan mengandalkan kaki jenjang mereka.

6. Australia

Bagaimana dengan wanita di Australia? Standar kecantikan di Australia dasarnya cantik menggunakan bikini. Bagi mereka memiliki penampilan sempurna saat menggunakan bikini menjadi yang terbaik. Jadi memiliki kulit sedikit gelap dan tubuh artletis didambakan kaum perempuan di Australia.

7. Amerika Serikat

Sulit menentukan standar kecantikan di Amerika Serikat karena memiliki begitu banyak budaya dan ras. Pilihan tubuh kurus atau curvy, rambut panjang dan pendek, kulit gelap juga terang, hingga pilihan makeup tebal atau natural semua kembali ke pribadi masing-masing. Tak ada standar kecantikan spesifik yang mewakili negaranya. Semuanya bebas berekspresi.

8. Thailand

Standar kecantikan di Thailand berkulit cerah dan memiliki tubuh kurus. Wanita semakin kurus semakin cantik. Oleh karena itu para wanita Thailand mempertimbangkan punya tubuh super ramping memperhatikan ukuran pinggang, payudara, dan tinggi badan.

9. India

Standar kecantikan di India bukan hanya dilihat dari fisik tapi juga kesehatan jiwa mereka. Banyak wanita India yang melakukan diet sehat, yoga, serta kosmetik berbahan natural yang menjadi kunci utama untuk tampil sempurna. Terlihat sehat dan bertubuh curvy sangat penting demi menunjukkan bahwa mereka hidup bahagia.

10. Malaysia

Standar kecantikan di Malaysia tidak harus berkulit putih tapi sedikit kecokelatan. Yang penting mereka terlihat glowing dan flawless. Para wanita Malaysia merasa cantik bila bertubuh langsing dan memiliki bentuk payudara ideal, tidak terlalu besar maupun kecil.

11.Venezuela

Dikutip dari BBC, wanita Venezuela memang terobsesi dengan kecantikan. Mereka rela melakukan diet dan berolahraga berat, demi mendapat bentuk tubuh yang sempurna. Belum puas, mereka tak jarang melakukan operasi silikon dan wajah demi menjadi lebih sempurna.

Bagi wanita Venezuela bisa menjadi suatu cara untuk menjadi uang. Dengan punya tubuh aduhai, mereka bisa menjadi model dan tampil di televisi. Ajang kontes-kontes kecantikan dianggap sebagai kompetisi paling bergengsi bagi wanita Venezuela. Tak perwakilan wanita-wanita Venezuela sudah mengumpulkan 13 gelar dari Miss World dan Miss Universe (masing-masing 6 dan 7 gelar).

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.