Begini Cara Membuat Situs Toko Online Mudah dan Gratis

Membuat toko online adalah strategi bisnis yang wajib Anda lakukan saat ini. Sebab, masyarakat Indonesia sudah banyak beralih ke belanja online.

JEDA.ID—Membuat  toko online sendiri adalah strategi bisnis yang wajib Anda lakukan saat ini. Sebab, masyarakat Indonesia sudah banyak beralih ke belanja online daripada belanja di toko offline.

Memang media sosial ataupun marketplace sangat memudahkan kita untuk berjualan tanpa ada modal. Tapi jika kita bisa membuat toko online kita sendiri secara gratis dan mudah pasti akan lebih menguntungkan.

Kalau Anda memang ingin meningkatkan reputasi dan personal branding, website tak boleh lagi Anda abaikan. Arahkan pelanggan Anda dari media sosial ke toko online Anda. Buat traffic toko online Anda tinggi.

Bukan tak mungkin Anda pun juga bisa mendapatkan income dari iklan yang numpang promo di toko online anda.

Berbelanja Barang Bekas Antikalap? Simak Tipsnya

Cara membuat toko online sebetulnya tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dalam hitungan menit saja. Tak cuma soal membuatnya saja yang mudah, pengaturan dan pengoperasiannya juga sama mudahnya.

Seperti yang dilansir dari Suara.com, Senin (24/8/2020), berikut ini adalah cara membuatnya:

1. Buat akun WordPress

Pertama, Anda harus lebih dulu memiliki akun WordPress dengan mendaftar di WordPress.com. Namun, sebelumnya, Anda lebih dulu memiliki akun gmail sebagai salah satu syarat untuk bisa membuat website. Setelah klik daftar, isi data diri Anda mulai dari email, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin hingga password.

2. Pilih nama

Setelah membuat akun, langkah berikutnya ialah memilih nama situs. Karena webiste ini ditujukan untuk olshop maka disarankan untuk menggunakan nama bisnis Anda.

Nah, kini proses registrasi telah berhasil dan Anda bisa memulai membuat website untuk olshop Anda dengan mengklik tambah situs baru.

Punya Produk Baru? Contek Yuk Tips Mengenalkan Produk ke Konsumen

Di sini, Anda akan diberikan dua pilihan yakni buat situs WordPress.com dan tambahkan situs mandiri. Jika Anda belum memiliki domain maka Anda pilih opsi pertama.

3. Pengaturan website

Setelah memiliki situs  untuk toko online Anda, kini saatnya melengkapi informasi dasar terkait produk dan usaha yang Anda miliki. Misalnya, deskripsikan produk atau jasa apa yang Anda miliki. Tulis juga judul dan slogan bisnis Anda yang nantinya akan muncul di situs. Pastikan tidak terlalu panjang agar mudah diingat.

4. Mengunggah produk

Setelah selesai dengan informasi dan kelengkapan usaha, langkah selanjutnya ialah mengunggah produk. Klik tambah pos pada bagian tengah bawah. Lalu unggah foto serta penjelasan mengenai produk misalnya ukuran dan harga.

Jika sudah selesai klik ‘Publikasikan’. Kini produk Anda sudah tampil di halaman website Anda.

Selamat mencoba.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.