Bagaimana Cara Tepat Menghemat Sampah?

Untuk menyelamatkan lingkungan hidup, kita harus punya kesadaran meminimalkan sampah yang kita buang.

JEDA.ID-Jika semua orang punya kesadaran menghemat sampah yang dihasilkan, niscaya tumpukan sampah bisa diminimalkan. Ada banyak cara mudah menghemat sampah.

Ya, saat ini produksi sampah semakin meningkat karena aktivitas manusia. Untuk menyelamatkan lingkungan hidup, upaya pengolahan sampah daur ulang dan kampanye mengurangi sampah sudah sering kita dengar. Banyak dari kita juga sudah melakukan upaya pengurangan sampah, tetapi semua itu tidak cukup apabila tidak dilakukan secara rutin.

Ada banyak cara untuk menghemat sampah dimana saja Anda berada, baik di dalam rumah atau saat bepergian. Berikut ini sejumlah cara untuk menghemat sampah yang kita hasilkan seperti dikutip dari healthline.com, belum lama ini:

Hemat Sampah Mulai di Rumah

Menghemat sampah di dalam rumah bisa dilakukan dengan menggunakan ulang wadah atau tempat bekas, seperti kardus, toples, dan plastik. Anda bisa menggunakan produk-produk organik daripada produk sekali pakai. Selain itu, memilih perabot rumah yang awet dan multifungsi daripada harus membuangnya atau meninggalkannya di gudang dan menjadi sampah saat rusak.

Berapa Lama Masa Inkubasi Covid-19? Cek di Sini

Sebenarnya, limbah terbesar dari rumah adalah makanan. Hal ini dituliskan dari laman healthline.com. Hampir sepertiga dari semua makanan yang diproduksi di dunia dibuang atau disia-siakan karena berbagai alasan. Itu setara dengan hampir 1,3 miliar ton setiap tahun. Berikut ini beberapa cara menghemat produksi sampah di rumah :

Belanja Cerdas

Kegiatan belanja untuk memenuhi kebutuhan rumah setiap bulan biasa dilakukan, tetapi kita sering membeli hal-hal atau makanan yang tidak diperlukan. Hal ini membuat produksi sampah bertambah banyak, karena harus membuang makanan kadaluwarsa atau benda yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Lebih baik membeli makanan yang dibutuhkan setiap beberapa hari daripada menimbun banyak sampah.

Selain itu, cobalah membuat daftar barang yang perlu Anda beli saat berberlanja. Ini akan membantu Anda mengurangi pembelian impulsif dan juga mengurangi limbah makanan.

Tata Lemari Es Anda

Bantulah menghindari pembusukan makanan dengan mengatur lemari es Anda. Cara yang baik untuk menatanya adalah menggunakan metode ‘First In, First Out’ (FIFO) yang berarti “masuk pertama, keluar pertama.” Misalnya, saat Anda membeli sekotak beri baru, letakkan paket yang lebih baru di belakang yang lama. Ini membantu memastikan bahwa makanan lama digunakan, tidak terbuang percuma.

Tips Menjaga Kulit Wajah Saat Pakai Masker

Jika Anda sering memasak dan selalu memiliki sisa makanan, tentukan satu hari untuk menggunakan apa pun yang menumpuk di lemari es. Ini cara yang bagus untuk menghindari membuang makanan. Simpan sisa makanan dalam wadah kaca bening, bukan dalam wadah buram, membantu memastikan Anda tidak melupakan makanan. Selain menghemat sampah, Anda juga menghemat waktu dan uang.

Bagaimana Hemat Sampah di Luar Rumah?

Upaya menghemat sampah di dalam rumah sudah dilakukan, saatnya melakukan kampanye hemat sampah di luar rumah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah saat Anda bepergian, di antaranya membawa kantong pribadi. Kantong pribadi yang dapat digunakan berkali-kali lebih baik daripada Anda menggunakan kantong plastik sekali pakai. Simpan satu kantong serba guna di saku kecil tas atau di kendaraan Anda agar bisa digunakan saat Anda membutuhkan.

Jika Anda sering berada di luar rumah, tentu penting untuk selalu minum air putih. Terkadang karena tidak dapat menahan dahaga, Anda akan membeli air dalam kemasan botol sekali pakai, lalu membuangnya jika sudah habis. Hal ini tentu menambah produksi sampah pribadi Anda.

Hore! Ada 15 Spesies Baru Ditemukan Selama 2020

Maka saatnya Anda beralih menggunakan tumbler atau botol air minum yang dapat dipakai ulang. Pilih botol kesukaan Anda yang praktis dibawa kemanapun Anda berada.

Pemakaian sedotan plastik juga dapat dikurangi dengan menolak tawaran sedotan saat Anda membeli minuman di kafe atau warung. Lebih baik Anda membawa sedotan berbahan stanless steel dari rumah.

Perubahan kecil pada cara Anda berbelanja, memasak, dan mengonsumsi makanan akan membantu mengurangi dampak Anda terhadap lingkungan. Tidak harus sulit. Dengan sedikit usaha, Anda dapat mengurangi limbah, menghemat uang, waktu, dan membantu mengurangi tekanan alam.

Ditulis oleh : Rizka Ardina Nugraheni

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.