• Sun, 14 August 2022

Breaking News :

Awas! Punya Rekan Kerja Doyan Ngemil, Anda Bisa Ketularan!

Punya rekan kerja yang doyan ngemil juga harus diwaspadai karena hobi ngemilnya bisa saja menular ke rekan kerja lainnya.

JEDA.ID-Rasa lapar memang sering sekali muncul tiba-tiba, termasuk saat beraktivitas. Lapar biasanya muncul saat tubuh kekurangan asupan makanan. Namun, siapa sangka ternyata lapar juga bisa muncul karena hal sepele akibat punya rekan kerja yang doyan ngemil?

Melansir Body and Soul, ada banyak hal sepele lainnya yang sering bikin lapar muncul meskipun perut sudah terisi makanan seperti rasa bosan, godaan orang sekitar, atau bahkan karena kebiasaan makan di depan komputer. Berikut alasannya seperti dikutip dari detikcom, Senin (3/8/2020).

Rasa Bosan

Bagaimana mungkin rasa bosan bisa membuat perut terasa lapar? Menghabiskan waktu seharian bekerja di kantor tentu sering sekali membosankan. Akibatnya, tanpa pikir panjang ngemil atau makan menjadi satu hal yang dilakukan di sela bekerja. Agar terhindar dari hal ini, pastikan Anda mengatur jadwal makan dan hindari makanan dari jangkauan mata.

Banyak Makanan

Hal lain yang memungkinkan Anda merasa lapar saat ngantor adalah karena banyaknya makanan di sekeliling Anda. Adanya makanan yang mudah dijangkau seperti biskuit, coklat, wafer, atau snack lainnya tentu akan memudahkan kamu untuk memakannya sepanjang hari. Untuk itu, simpanlah camilan Anda di lemari selama bekerja agar kamu tidak tergoda untuk memakannya.

Tergoda Teman

Punya rekan kerja yang doyan ngemil juga harus diwaspadai karena hobi ngemilnya bisa saja menular ke rekan kerja lainnya. Rasa lapar bisa muncul karena adanya dorongan dari aktivitas yang dilakukan di sekitar Anda. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika kamu ikutan ngemil karena punya rekan kerja yang doyan ngemil.

Ini Tips Bikin Kamar Kamu Jadi Estetis dengan Modal Minim

Padahal, semakin banyak ngemil, semakin sulit pula Anda berhenti makan. Saat hal ini terjadi, solusinya bukan dengan menghindari rekan kerja Anda, namun dengan mengatur pola makan dan fokus untuk tidak terpengaruh lingkungan sekitar.

Dehidrasi

Setiap hari hampir 70 persen orang dewasa mengalami dehidrasi yang dapat menimbulkan rasa lapar. Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter cairan setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan botol minum di meja kerja agar Anda tetap terhidrasi seharian dan jauh dari rasa lapar.

Makan di Depan Komputer

Hobi makan di depan laptop atau komputer? Siapa sangka kalau hal sepele ini bisa memicu lapar. Sebuah studi menemukan mereka yang makan siang sambil menonton TV, waktu mengkonsumsi lebih banyak kalori secara signifikan. Meskipun tak makan di depan TV, efek yang sama juga akan muncul saat Anda makan di depan layar laptop atau komputer. Pasalnya, aktivitas ini tidak akan mendukung pengelolaan nafsu makan Anda.

Mengetahui Keunikan 7 Hewan Terkecil di Dunia

Nah, itulah lima hal yang sepele yang bisa membuat Anda lapar saat ngantor. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan kurangnya asupan gula, protein, dan serat juga bisa membuat perut terasa lapar. Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tiga nutrisi tersebut.

“Untuk mencegah rasa lapar yang cepat ini, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari sumber gula seperti isomaltulosa. Isomaltulosa ini indeks Glikemiknya rendah, jadi setelah dikonsumsi maka kadar dalam darahnya stabil sehingga kenyangnya bertahan lama,” ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Saat ini belanja sayur online makin diminati (ilustrasi /freepik)

Pastikan mengonsumsi buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan serat Anda (ilustrasi /freepik)

Sementara, ia mengatakan makanan tinggi protein dan serat juga akan memberikan kalori rendah dan lebih baik daripada makanan berlemak tinggi. Bahkan, protein juga mampu memberikan sinyal ke otak untuk menahan rasa lapar.

“Protein ini juga memberikan kalori yang rendah dibandingkan lemak setiap gramnya, dan juga protein ini mempunyai efek menahan pusat lapar di otak sehingga kalau kadar proteinnya tinggi maka rasa kenyang terus terasa,” jelasnya.

“Prinsip Serat adalah bekerja lokal di saluran cerna dan sedikit sekali diserap oleh tubuh sehingga ketika kita makan serat tinggi dia tidak akan diserap tapi terus sampai ke usus besar dan difermentasi di sana, perjalanan yang lama dari mulut dan usus besar ini membuat seseorang yang makan serat tinggi jadi kenyang,” paparnya.

Oleh karena itu, saat makan atau ngemil pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan protein, serat, dan gula seperti buah potong, salad, kacang-kacangan atau susu rendah lemak.

 

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.