Alasan Ini Biasanya Muncul di Balik Perceraian Artis

Perceraian artis kembali terjadi. Pasangan Liam Hemsworth dan Miley Cyrus, sepakat bercerai meski baru delapan bulan menikah

JEDA.ID– Satu lagi perceraian artis terjadi karena tak lagi bisa mempertahankan pernikahan mereka. Pasangan artis Hollywood, Liam Hemsworth dan Miley Cyrus, sepakat mengakhiri bahtera rumah tangga yang baru dibina selama delapan bulan.

“Liam Hemsworth dan Miley Cyrus sepakat berpisah. Mereka menilai keputusan ini yang terbaik. Mereka ingin fokus pada diri sendiri dan karier,” kata seorang sumber rahasia seperti dikutip dari People, Minggu (11/3/2019) seperti dilansir solopos.com.

Selama ini, Miley Cyrus menganggap kehidupan pernikahannya sebagai sesuatu hal yang unik dan pribadi. Sehingga dia enggan membagikannya kepada publik. “Saya tidak tahu apakah bisa membiarkan orang lain tahu tentang pernikahan ini. Karena hubungan ini sangat kompleks. Saya rasa orang-orang tidak akan mengerti tentang hubungan kami,” kata Miley Cyrus.

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth kali pertama bertemu dalam proyek film bertajuk The Last Song pada 2009. Sejak saat itu, keduanya menjalin kasih yang sering putus-sambung. Pada 2012 lalu, Liam Hemsworth akhirnya melamar Miley Cyrus.

Namun, pertunangan mereka sempat putus pada 2013 sebelum akhirnya kembali bersama dua tahun kemudian. Selanjutnya, Liam Hemsworth dan Miley Cyrus memutuskan menikah pada 2018. Resepsi pernikahan mereka digelar secara tertutup di Franklin, Tennessee, Amerika Serikat.

Perceraian artis memang bukan hal yang asing menghiasi laman-laman berita baik Tanah Air maupun dunia. Belum lama ini para penggemar drama Korea, dikejutkan dengan kabar sedih Song Joong Ki yang resmi menggugat cerai Song Hye Kyo seusai kurang lebih 2 tahun menikah. Diketahui Song Joong Ki dan Song Hye Kyo menikah pada 31 Oktober 2017 setelah membintangi drama hit Descendants of the Sun.

Artis Indonesia

Di Tanah Air perceraian artis yang sempat menghebohkan juga sering terjadi di antaranya perceraian komedian Sule dan sang istri yang telah sekian tahun menikah. Perceraian Maia Estianty dan Ahmad Dhani pada 2007 juga sempat menghebohkan publik Tanah Air.

Maia Estianty resmi menggugat cerai pentolan grup band Dewa 19, Ahmad Dhani, setelah 12 tahun membina rumah tangga. Proses perceraian mereka pun diwarnai drama di mana keduanya saling melapor ke polisi dengan tuduhan KDRT. Keduanya sempat bersitegang demi mempertahankan hak asuh ketiga anak mereka.

Perceraian mereka dibumbui dengan adanya orang ketiga. Mulan Jameela dituding sebagai dalang dari perceraian mereka. Dhani akhirnya menikahi Mulan dan kini keduanya telah memiliki dua anak. Sementara Maia, telah menikah dengan penguasaha kaya raya bernama Irwan Mussry. Pernikahan mereka digelar di Tokyo pada 29 Oktober 2018.

Dilansir dari Huffpost, ada beberapa alasan kenapa banyak pernikahan sesama artis tidak bertahan lama. Faktor-faktor ini diungkap kali pertama oleh seorang asisten selebriti, yang kemudian diperkuat oleh seorang pakar hubungan terkenal di Hollywood bernama Alessandra Conti.  Berikut sejumlah faktor yang biasa menjadi alasan pasangan artis mengakhiri pernikahan mereka seperti dilansir Jeda.id dari berbagai sumber.

1. Keputusan menikah yang terlalu cepat

Setiap hubungan yang dijalin secara buru-buru cenderung tidak bertahan lama. Alessandra Conti menjelaskan kebanyakan artis atau selebritas telah mewujudkan banyak impian. Maka tak jarang, mereka kerap merasakan kekosongan dalam hidup yang dijalankan.

“Beberapa artis mengalihkan perasaan kosong itu pada berbagai hal. Salah satunya adalah cinta. Namun, jika buru-buru masuk ke tahapan lebih serius, kemungkinannya kecil untuk bertahan lama,” ungkap wanita asal Amerika Serikat itu.

2. Tekanan publik

Kepada Elite Daily, pakar hubungan dan seks Laurel House juga menjelaskan bahwa gaya hidup seorang publik figur adalah alasan mengapa hubungan sesama artis rentan perceraian. Tidak seperti pasangan biasa, gerak-gerik selebriti selalu menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Kehidupan sehari-hari mereka menjadi konsumsi media.

Selebriti punya penggemar bahkan haters yang akan selalu mengawasi tingkah laku mereka. Hal ini sering menjadikan para artis tidak bisa berekspresi atau bersikap sebagai dirinya sendiri di depan publik. Tekanan tersebut pada akhirnya berpengaruh pada setiap hubungan yang mereka jalin.

3. Jadwal padat

Para artis atau selebritas biasanya memiliki jadwal padat yang membuat mereka sering bepergian. Pasangan selebritas atau artis terkenal tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk bersama-sama. Hal ini bisa menimbulkan banyak masalah rumah tangga seperti hubungan seks berkurang, saling kesepian, dan kurangnya rasa kebersamaan dalam diri masing-masing.

4. Berlimpah Materi

Parents, proses perceraian itu memerlukan biaya cukup banyak. Dari mulai menyewa pengacara, atau bahkan rencana finansial yang kelak akan berubah ketika nanti sudah berpisah. Penulis buku The Making of A Psychoanalyst Claudia Luiz menjelaskan pasangan non-selebriti cenderung memilih untuk mempertahankan hubungan karena faktor ekonomi. Biaya bercerai, tunjangan, dan lain sebagainya merupakan bentuk pengeluaran yang jumlahnya tidak sedikit. Namun, selebriti tidak memiliki kendala ekonomi sehingga proses bercerai kerap mereka pilih.

5. Lebih Mementingkan Karier

Kehidupan artis merupakan terbilang rumit. Terkadang mereka harus menjadi orang lain demi tuntutan peran atau profesinya. Ketika berlakon dalam film atau drama, mereka harus saling meminta izin pada pasangan masing-masing. Tak jarang, pekerjaan ini juga rentan menimbulkan perasaan cemburu di antara mereka. Hal ini bisa menjadi pemicu atau bahkan alasan pasangan artis memilih cerai karena merasa perpisahan jalan terbaik. Masing-masing mungkin merasa akan mendapatkan karier yang lebih baik jika tidak memiliki pasangan.

6. Mereka mengalami stres

Ada banyak rasa iri tentang gaya hidup seorang selebriti. Tetapi itu juga sangat membuat stres, dan stres bisamenjadi pembunuh hubungan nomor satu, entah kamu adalah selebriti atau bukan. Seperti kata Dr. Claudia Luiz, seorang psikoanalis dan penulis The Making of a Psychoanalyst menjelaskan, ”Mereka sudah sering hidup dalam tekanan. Orang-orang dengan mereka tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk fans mereka, tetapi juga untuk bisnis mereka, yang dapat mempekerjakan ratusan orang.”

7. Banyak godaan

Menjadi orang terkenal sudah pasti akan mendapatkan banyak kemudahan, materi, dan fasilitas. Hal ini tentu saja menjadi godaan terutama bagi mereka yang telah memiliki pasangan. Selebriti rawan mendapat pesan-pesan seksi, mendapat desas-desus palsu bahkan pelakor alias perebut laki orang yang mencoba memutuskan hubungan mereka.

 

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.