Mengulik Bisnis Gibran, Mana yang Paling Kalian Kenal?

Dari 8 bisnis Gibran ini, barangkali hanya beberapa yang dikenal publik misalnya Chili Pari. Tak semua bisnis Gibran berpusat di Solo.

JEDA.ID-Ada banyak bisnis Gibran Rakabuming Raka. Dari sejumlah bisnis Gibran ini, barangkali hanya beberapa yang  populer misalnya Makobar dan Chili Pari. Tidak semua bisnis Gibran berlokasi di Solo, ada juga yang berlokasi di Jakarta dan menggandeng salah satu juri Masterchef Indonesia, Chef Arnold.

Ya! Sebelum terjun ke dunia politik,  putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menggeluti dunia bisnis. Melansir detikcom, Jumat (4/9/2020), berikut deretan bisnis Gibran :

1. Chili Pari

Pada Desember 2010 lalu, Gibran mendirikan Chili Pari. Bisnis ini menjadi bisnis perdana bagi Gibran. Chili Pari merupakan usaha katering, sebelum akhirnya menikahi Selvi Ananda pada 2015 silam.

2. House of Knowledge

Selain itu, Gibran juga mendirikan House of Knowledge yang khusus melatih karyawan lepas katering Chili Pari agar mereka lancar berbahasa Inggris.

3. Markobar

Menggaet sang adik, Kaesang Pangarep, Gibran membuka bisnis baru, yakni Kafe Markobar. Kafe yang menjual aneka martabak itu kini menjamur di berbagai kota di tanah air.

4. Icolor

Bisnis Gibran kian bertambah. Setelah katering dan martabak, dia menjajal bisnis baru dalam bidang reparasi produk kenamaan Apple dengan nama ‘Icolor’ dengan konsep jemput bola.

5. Tugas Negara Bos

Selain itu, Gibran turut meramaikan bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerk Tugas Negara Bos. Penjualan jas hujan tersebut  hanya secara online lewat sejumlah aplikasi belanja online.

6. Mangkok Ku

Masih menggandeng Kaesang, ayah Jan Ethes ini juga menjajal bisnis kuliner. Gibran menggandeng Chef Arnold Poernomo. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

7. Siap Mas

Belum selesai, kedua putra Presiden Jokowi tersebut kemudian memperkenalkan produk makanan hasil kolaborasi mereka berdua lewat brand ‘Siap Mas’. Siap Mas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik pada berbagai minimarket.

8. Goola

Selain katering, martabak, merchandise, restoran hingga keripik, pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini juga punya startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger dalam kemasan kekinian.

5 Channel Youtube Gaming Ini Patut Dilirik

Baru-baru ini startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures. Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.

9. Bisnis Game

Melansir jeda.id, Bersama adiknya, Kaesang Pangarep, Gibran juga pernah menggeluti bisnis selain kulier. Beberapa waktu lalu, kedua putra Presiden itu mempromosikan permainan bernama Hompimpa Games. Kaesang mengatakan game tersebut cocok untuk menunjang belajar anak-anak.

Menurutnya game itu menonjolkan budaya Indonesia dan isu yang relevan dengan keadaan masa kini, seperti Game Anak Rimba yang mengajarkan tentang anak suku dalam dan kelestarian alam, The Art of Batik adalah game tentang proses pembuatan batik, Acaraki adalah game tentang peramu jamu pada zaman Majapahit, Sengal Senggol Gang Damai adalah game yang mengajarkan toleransi hidup bermasyarakat dan Math Cat mengajak bermain dan belajar matematika dengan kucing-kucing lucu.

Sempat mendapat kritikan warganet, Gibran tak gentar. Gibran justru mengucapkan terima kasih kepada warganet yang mengkritik usaha itu. Gibran menegaskan game tersebut bertujuan mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak.

10. Aplikasi Madhang

Madhang adalah aplikasi jual beli masakan rumahan. Aplikasi ini sudah beroperasi di Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bali. Ibu-ibu menyukai aplikasi ini karena bisa membantu mereka menjual masakan rumahan tanpa harus menyewa tempat.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui deretan bisnis Gibran yang kian bertambah, apakah Anda terinspirasi mengikuti jejak Gibran untuk berwirausaha?

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.